x

Zulkifli Arman di Pelatihan Vokasi Award 2021. Sumber foto: sorotjakarta.com

Iklan

Sri Kunthhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Agustus 2020

Sabtu, 18 Desember 2021 05:54 WIB

Semangat PT IMIP Tingkatkan SDM Morowali Dapat Apresiasi dari Kemnaker RI

PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) baru-baru ini mendapatkan penghargaan di Pelatihan Vokasi Award 2021 yang digelar oleh Kementerian Ketengakerjaan RI di Gedung ICE, Serpong, Kamis, (16/12/2021). Penghargaan ini merupakan acara yang pertama kali diadakan pada tahun 2021, untuk memberikan apresiasi kepada para Lembaga Pelatihan Kerja, Lembaga Penyelenggara Pemagangan, Lembaga Sertifikasi Profesi – P2, Instruktur, Lulusan Pelatihan Terbaik, dan Insan Pionir Vokasi Indonesia.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), kawasan industri berbasis nikel dari Morowali baru-baru ini mendapatkan penghargaan di Pelatihan Vokasi Award 2021, yang diadakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas. Malam penganugerahan ini berlangsung di Gedung ICE, Serpong, Kamis, (16/12/2021).

IMIP mendapatkan penghargaan berkat kontribusinya di Politeknik Industri Logam Morowali yang telah berdiri sejak 2013. Pendirian politeknik diyakini dapat mengembangkan dan memaksimalkan potensi SDM berkompeten di Morowali, serta menyiapkan tenaga siap kerja yang nantinya dapat bekerja memajukan sektor industri Tanah Air.

Aksi IMIP Ciptakan SDM Berkualitas

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mewakili PT IMIP, Zulkifli Arman selaku Direktur HRD PT IMIP mengatakan bahwa dengan diterimanya penghargaan ini, menjadikan PT IMIP lebih bersemangat dalam mencetak SDM unggul, khususnya lulusan D3 yang merupakan angkatan siap kerja dari Politeknik Industri Logam Morowali.

“Politeknik logam Morowali bekerjasama dengan Kemnaker terus melakukan pelatihan-pelatihan dalam mempersiapkan tenaga kerja yang handal untuk menghasilkan SDM yang unggul dan dapat memenuhi kebutuhan industri, Alhamdulillah ini sangat membantu kita dalam pengembangan tenaga kerja khususnya tenaga operator,” ujar Zulkifli Arman.

Zulkifli Arman yang hadir menerima langsung penghargaan Pelatihan Vokasi Award 2021 yang diberikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah menerangkan bahwa kini di PT IMIP yang telah memiliki 3 klaster yaitu stainless steel, carbon steel dan klaster baterai EV kini telah memiliki karyawan berjumlah 40.382 orang.

Jumlah pekerja ini tentunya akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan, dimana setiap bulannya sekitar 600 sampai 700 pekerja direkrut khususnya tenaga operator. Terlebih demi melancarkan program hilirisasi industri yang mengolah bahan mentah menjadi produk produk turunan, tentunya dibutuhkan lebih banyak serapan tenaga kerja.

Dan tak hanya lewat Politeknik Industri Logam Morowali, IMIP juga meningkatkan SDM Morowali lewat pembangunan training center IMIP Training Ground yang telah diresmikan groundbreaking-nya di akhir November 2021 kemarin oleh Menteri Ketenagakerjaan. 

Pelatihan Vokasi Award Diselenggarakan Pertama Kali

Sekadar informasi, acara penghargaan yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan ini merupakan acara yang pertama kali diadakan pada tahun ini, untuk memberikan apresiasi kepada para Lembaga Pelatihan Kerja, Lembaga Penyelenggara Pemagangan, Lembaga Sertifikasi Profesi – P2, Instruktur, Lulusan Pelatihan Terbaik, dan Insan Pionir Vokasi Indonesia.

Ada 38 nominasi di Pelatihan Vokasi Award 2021 yaitu 3 BLK UPTP terbaik pada PVA 2021, 3 BLK UOTD terbaik, 3 BLK Komunitas terbaik, 3 LPK swasta terbaik, serta 2 LPK perusahaan (training center) terbaik. Selain itu penghargaan juga diberikan kepada 3 perusahaan penyelenggara pemagangan dalam negeri terbaik, 3 perusahaan penyelenggara pemagangan luar negeri terbaik (sending organizer) terbaik, 3 lembaga Sertifikasi Profesi P2 terbaik; 3 Instruktur berprestasi, dan 3 alumni berprestasi.

Kemnaker terus menggencarkan upaya pengembangan SDM, terutama di sekitar wilayah industri di luar Pulau Jawa yang kini pembangunannya sedang digerakkan. 

Ikuti tulisan menarik Sri Kunthhi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu