x

perbedaan madu asli dan palsu

Iklan

Putri Erni R

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Desember 2021

Minggu, 19 Desember 2021 10:31 WIB

3 Manfaat Madu dalam Perspektif Islam dan Ilmu Kedokteran

Madu merupakan produk lebah dengan kandungan gula alami yang telah disebutkan secara khusus dalam Al-Qur’an, tepatnya di QS. An-Nahl.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Siapa sih yang tidak mengenal hewan satu ini? Hewan yang menghasilkan suatu produk yang memiliki segudang manfaat bagi manusia. Selain manfaatnya, madu pun disukai banyak orang karena rasa manisnya.

Madu merupakan produk lebah dengan kandungan gula alami yang telah disebutkan secara khusus dalam Al-Qur’an, tepatnya di QS. An-Nahl. Madu telah digunakan sejak zaman dahulu dengan berbagai kepentingan, seperti menjadikannya sebagai sumber nutrisi ataupun pengobatan.

Madu kerap kali dikenal sebagai minuman yang mujarab. Tak salah jika madu termasuk salah satu minuman yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Dalam QS. An-Nahl ayat 69, Ibnu Katsir -seorang ahli tafsir- menafsirkan bahwa madu mengandung obat bagi manusia dari penyakit yang ia rasakan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tak hanya itu, jika ditinjau dari kesehatan pun para pakar medis mengatakan bahwa madu memiliki kandungan kimiawi berupa 25-40% glukosa, 30-45% fruktosa, dan 15-25% air. Kandungan tersebut sangatlah dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi.

Berbagai penelitian tentang manfaat madu telah banyak dilakukan. Selain memiliki banyak manfaat, madu pun aman dikonsumsi bagi semua kalangan usia. Hmm, tak heran jika banyak orang yang mengonsumsi madu.

Dari sekilas penjelasan diatas, kira-kira apa aja sih manfaat madu? Yuk, kita simak penjelasannya!

1. Madu sebagai Obat Luka

Menurut penelitian yang telah dilakukan, ternyata madu memiliki kandungan enzim berupa oksidase glukosa, dimana enzim ini akan menghasilkan zat yang bersifat sebagai antiseptik.

Antiseptik dalam madu ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri serta menjaga luka agar tetap bersih dan tidak terinfeksi. Makanya tak salah, jika sebagian besar masyarakat sering menggunakan madu untuk mengobati luka.

2. Madu sebagai Terapi Penyakit Jantung

Pada zaman dahulu, Ibnu Sina -seorang ahli dalam bidang kedokteran- selalu menyarankan kepada orang yang menderita penyakit jantung untuk mengonsumsi madu bersama buah delima dalam kadar secukupnya.

Kandungan glukosa pada madu diyakini dapat membuat otot pada jantung semakin kuat dengan menggantikan energi yang telah terpakai secara terus menerus, serta dapat memperbaiki otot jantung yang telah rusak. Sehingga tak bahaya jika penderita penyakit jantung ingin mengonsumsi madu.

3. Madu sebagai Terapi bagi Orang Mengonsumsi Alkohol

Tak hanya penyembuhan luka dan penyakit jantung saja, ternyata madu pun dapat menyembuhkan kondisi tubuh bagi orang yang meminum alkohol yang bisa saja keadaannya sudah sangat memburuk.

Madu ini dapat meningkatkan imunitas pada hati dan keaktifan dari kerja jantung. Selain itu, madu pun memeliki kandungan vitamin B yang dapat menghilangkan sisa zat alkohol yang terdapat pada sel tubuh.

Madu selalu memberikan manfaat kepada orang yang mengonsumsinya. Tetapi, ternyata masih ada juga orang yang tidak suka dengan madu. Hmm, dari beberapa penjelasan diatas tentang manfaat madu yakin tidak ingin mencoba?

Yuk, mulai sekarang teman-teman bisa mencoba untuk mengonsumsi madu agar dapat terhindar dari penyakit diatas. Selamat mencoba!

Ikuti tulisan menarik Putri Erni R lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler