Derma PT IMIP di Masa Pandemi: 7 Bantuan Oksigen Telah Disalurkan - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Bantuan Oksigen dari PT IMIP.

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Rabu, 22 Desember 2021 04:54 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Derma PT IMIP di Masa Pandemi: 7 Bantuan Oksigen Telah Disalurkan

    Selama masa pandemi Covid-19, PT IMIP sebagai pelaku industri di Morowali turut ambil peran dalam memenuhi kebutuhan oksigen baik itu dari daerah hingga nasional. Pasalnya, kala itu kebutuhan oksigen negara pernah diketahui mencapai angka 800 ton per hari, di mana dibutuhkan bantuan dari semua pihak untuk mengatasi kelangkaan oksigen.

    Dibaca : 639 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Indonesia pernah mengalami kelangkaan oksigen untuk perawatan pasien Covid-19. Diketahui berdasarkan data yang pernah diungkap oleh Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan oksigen medis negara per hari pernah mencapai angka 800 ton.

    Kementerian Perindustrian pun akhirnya menghimbau para pelaku industri untuk lebih memfokuskan memproduksi oksigen medis terlebih dahulu. Dan PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali, Sulawesi Tengah, sebagai pelaku industri yang mampu memproduksi oksigen medis kemudian berkontribusi salurkan pasokan oksigen negara lewat berapa bantuan.

    Tak hanya untuk nasional, PT IMIP juga tak melupakan daerah sekitarnya yaitu Sulawesi Tengah dan Morowali. 

    21 Unit ISO Tank Oksigen untuk Negara

    Bantuan oksigen PT IMIP di Pandemi Covid-19

    Bantuan oksigen dari PT IMIP yang pertama kali diberikan langsung dalam jumlah fantastis yaitu 21 ISO tank oksigen yang bermuatan 500 ton oksigen. Diterima langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin pada Selasa  (6/7/2021) di Dermaga 03 Nusantara, Pelabuhan Tanjung Priok, bantuan oksigen tersebut disebut Menkes dapat membantu setengah dari kebutuhan oksigen negara. ISO tank oksigen yang diberikan PT IMIP langsung dimodifikasi menjadi ‘truk oksigen’ dan berangkat ke rumah-rumah sakit yang membutuhkan untuk menyalurkan oksigen.

    Tambahan 5 ISO Tank Oksigen

    Bantuan oksigen dari IMIP

    Bantuan ISO tank oksigen untuk negara dari PT IMIP tidak berhenti disitu saja. Melihat kasus Covid-19 yang masih tinggi, IMIP kemudian menambah bantuan 5 ISO tank yang mempunyai total 129 ton di 24 Juli 2021 silam.

    40 Ton Oksigen untuk Provinsi Sulawesi Tengah

    Bantuan oksigen dari PT IMIP 

    Tak hanya memenuhi kebutuhan nasional, IMIP juga tidak lupa pada daerah sekitarnya yang Provinsi Sulawesi Tengah yang juga membutuhkan oksigen untuk pasien Covid-19. Pada jumat (6/8), bertempat di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, IMIP memberikan bantuan 1 ISO tank oksigen berkapasitas 30 ton dan 200 unit tabung oksigen berukuran 50 kg. Bantuan oksigen 40 ton ini diterima langsung Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura dan Ma’mun Amir 

    2 ISO Tank Oksigen untuk Sulteng 

    Bantuan oksigen dari PT IMIP

    Setelah PT IMIP salurkan bantuan oksigen pertama ke Sulteng, ternyata Gubernur Rusdy Mastura masih mendapati bahwa rumah-rumah sakit milik pemerintah maupun swasta masih kekurangan oksigen untuk pasien Covid-19. Gubernur pun kembali meminta PT IMIP untuk bantu sokong pasokan oksigen dan perusahaan smelter di Morowali tersebut menyanggupi memberikan 2 ISO tank oksigen. Bantuan juga diterima langsung oleh Gubernur Rusdy beserta jajaran pada Minggu (22/8).

    Sokong Pasokan Oksigen ke Kodam Jaya

    Saat PT IMIP memberikan bantuan oksigen ke Kodam Jaya 

    IMIP terus menyalurkan pasokan oksigen kepada yang membutuhkan. Pada (3/8) IMIP diketahui menyalurkan bantuan oksigen kepada Kodam Jaya di Jakarta sebagai stok jika kasus covid-19 melonjak lagi di Tanah Air. Bantuan ini pun juga diterima secara langsung oleh Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A.

    Bantuan Oksigen untuk Kab. Morowali

    Kabupaten tempat IMIP berada yaitu Morowali juga tentunya mendapat bantuan. Pada Senin (9/8), IMIP memberikan langsung bantuan tabung oksigen yang diterima oleh Bupati Morowali Drs Taslim beserta jajaran di pelataran Kantor Bupati Morowali. Bantuan ini juga sebagai stok bila supply dari Palu terlambat datang.

    Bantuan Tabung Oksigen Melalui Gernas MUI

    Tidak hanya oksigen, tabung oksigen pun juga menjadi langka kala kasus Covid-19 sedang tingginya-tingginya. IMIP pun kemudian memberikan bantuan 80 tabung oksigen yang berukuran 1 meter kubik melalui Gernas MUI (Majelis Ulama Indonesia). Tabung oksigen ini diketahui bisa dipinjamkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

    Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.