Henbuk Targetkan Meraup 1% Transaksi Buku Digital di Indonesia Pada 2022 - Analisis - www.indonesiana.id
x

enjoydenpasar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 November 2020

Jumat, 31 Desember 2021 17:50 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Henbuk Targetkan Meraup 1% Transaksi Buku Digital di Indonesia Pada 2022

    Henbuk memiliki tujuan utama dalam membangun E-Commerce buku digital yaitu menciptakan penulis-penulis hebat di Indonesia.

    Dibaca : 516 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Perkembangan teknologi saat ini telah menghasilkan berbagai produk digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Salah satu produk digital yang paling diminati yaitu buku digital. Buku digital adalah buku atau bacaan yang disediakan dalam bentuk soft copy atau elektronik, yang kemudian dapat dibaca dengan menggunakan perangkat digital, baik smartphone maupun komputer (PC dan laptop).

    Hendika Permana merupakan salah satu pemuda bali yang telah meneliti dan menemukan masalah baik dari pembaca maupun penulis. Permasalahan dari sisi pembaca yaitu rendahnya minat membaca karena harga buku yang terbilang mahal dan sulitnya mengakses buku. Permasalahan dari sisi penulis yaitu karier penulis buku yang kurang baik disebabkan oleh kurangnya modal untuk menerbitkan buku-buku yang ditulis. Dengan permasalahan tersebut Hendika Permana membuat sebuah E-Commerce buku digital dengan brand Henbuk.

    Henbuk merupakan salah satu marketplace yang berfokus untuk menjual buku digital pada halaman website henbuk.com. “Henbuk telah menargetkan akan meraup 1% transaksi buku digital di Indonesia pada tahun 2022. Dimana jika terhitung dalam dollar maka menjadi USD 103 Million dan jika dirupiahkan menjadi kisaran 15.000.000.000” jelas Hendika Permana.

    Henbuk memiliki tujuan utama dalam membangun E-Commerce buku digital yaitu menciptakan penulis-penulis hebat di Indonesia. Dengan adanya henbuk maka penulis dan penerbit dapat menjual buku dengan harga rendah sehingga mampu menarik minat pembaca untuk membeli buku digital dengan harga yang rendah  dibandingkan membeli buku fisik dengan harga yang cukup tinggi.

    Ikuti tulisan menarik enjoydenpasar lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.




    Oleh: Hadirat Syukurman Gea

    1 hari lalu

    Analisis Sistem Jual-Beli Ijon pada Komoditas Mangga Berdasar Ekonomo Makro

    Dibaca : 168 kali

    Mangga merupakan salah satu komoditas buah yang digemari hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Mangga turut menyumbang perekonomian Indonesia karena menjadi komoditas yang di ekspor. Pada tahun 2015, ekspor mangga sebesar 1.515 jutatonyangsebagianbesarmerupakanjenis Mangga Gedong Gincu dan Mangga Arumanis. Kabupaten Kediri merupakan salahsatudaerahyang menjadikan mangga khususnya Mangga Podang sebagai oleh - oleh khas daerah dikarenakan banyaknya pohon mangga yang tumbuh di sekitar lereng GunungWilis.ManggaPodangkhasKediri banyak ditemukan di daerah sekitar lereng Gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Semakin berkembang perekonomian suatudaerahmakasemakinberagam pula cara produsen dan konsumen melakukan jual beli.Salah satu sistem jual beli yang dilarang dalam Islam adalah jual beli yang mengandung unsur gharar. Sistem jual beli ijon adalah salah satu sistem jual beli yang mengandung unsur gharar sehingga dilarang oleh Allah SWT. Ijon berkaitan dengan perilaku produsen dan konsumen. Hal ini dapat dikaitkan dengan ekonomi mikro berupa keputusan pengusaha dan konsumen, terbentuknya harga barang atau jasa dan faktor produksi tertentu di pasar, dan alokasi sumber daya ekonomi.Penelitian ini menggunaka nmetode penelitian studi literatur. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa pengumpulan sejumlah studi pustaka. Berdasarkan studi literatur terkait sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro, diperoleh hasil analisis bahwa sistem jual beli ijon dan ekonomi mikro saling berhubungan. Hal ini dikarenakan ijon berkaitan langsung dengan perilaku produsen dan konsumen dan ekonomi mikro turut mengatur perilaku produsen dan konsumen. Keywords: Ijon, Komoditas Mangga,Ekonomi Mikro