x

Iklan

Reni Pardiyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 07:23 WIB

Menangani Manajemen Konflik

usaha usaha yang perlu dilakukan dengan cara mencegah , menghindari terjadinya konflik serta mengurangi resiko dan menyelesaikan konflik sehingga tidak mengganggu kinerja organisasi .

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

UNIVERSITAS TRILOGI DALAM MENANGANI MANAJEMEN KONFLIK

Disusun oleh :  Reni pangestuti , Diana Fitriani,Rifai Ady Setiawan, Alfiyanti Cindy Fatika, Syahrul Munir,Joshua Lusiano

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada setiap diri manusia selalu ada konflik sering terjadi.Konflik adalah hal yang tidak dapat dihindari seperti suatu kondisi terjadi sesuatu tanpa adanya keharmonisan, pertentangan, kesepakatan, atau kondisi yang dinamis. Konflik bisa terjadi dari antar individu, internal team work, internal organisasi, eksternal antar organisasi semakin luas konfliknya maka semakin sulit untuk mencari solusinya.

Terdapat penyebab utama konflik yaitu

1. Adanya perbedaan kepentingan

2. Adanya perbedaan pemahaman

3. Adanya perbedaan cara pandangan

4. Adanya ketidak jelasan tujuan

5. Adanya perubahan situasi baru

Konflik juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kegagalan komunikasi, masalah hubungan pribadi atau dari pihak berkepentingan, struktur organisasi yang bermasalah,

Untuk dampak konflik terbagi menjadi 2 yaitu:

a. Dampak langsung

b. Dampak tidak langsung

Manajemen adalah kegiatan mengelola sumberdaya secara efesien untuk mencapai tujuan organisasi. Dari penjelasan diatas manajemen konflik adalah usaha usaha yang perlu dilakukan dengan cara mencegah , menghindari terjadinya konflik serta mengurangi resiko dan menyelesaikan konflik sehingga tidak mengganggu kinerja organisasi .

Sebagai mahasiswa atau mahasiswi Universitas Trilogi harus bisa menangani konflik yang ada, contoh konflik yang ada pada para mahasiswa dan mahasiswi yaitu seperti tugas kelompok, pasti ada yang menerima dan tidak menerima gagasan atau pemahaman yang ada maka dari itu cara menangani konflik yang ada yaitu dengan melakukan diskusi, melakukan pengambilan keputusan bersama dan saling mengutarakan pendapat yang ingin disampaikan.

Pada suatu organisasi pasti ada suatu konflik, cara mengatasi konflik yang ada pada pada organisasi yaitu :

1. Hindari menyudutkan satu belah pihak

2. Menjadi mediator yang bijaksana

3. Mengambil keputusan bersama

4. Melakukan evaluasi

Jika suatu organisasi dapat mengatasi konflik yang ada maka suatu organisasi akan mendorong semangat kerja dalam menghadapi persaingan, sebagai alat untuk mendiagnosa kemungkinan terjadinya masalah, memacu kreativitas dalam mencari solusi dan berpikir kreatif, menstimulasi karyawan untuk fokus pada tugas

Ikuti tulisan menarik Reni Pardiyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler