Pentingnya Komunikasi dalam Pendidikan

Kamis, 27 Januari 2022 21:41 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Komunikasi dalam pendidikan sangat berperan penting. Bahkan, sangat berpengaruh dalam perannya. Dalam dunia pendidikan saat ini, komunikasi mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat karena dengan komunikasi yang baik, tujuan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat tercapai. Bahkan saat ini, orang sering berkata bahwa tinggi rendahnya suatu mutu pendidikan dipengaruhi oleh komunikasi.

Komunikasi dalam Pendidikan adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan. Pesan yang disampaikan berpa materi atau ajaran  baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi pada umumnya adalah suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk mentransfer informasi dari suatu tempat, orang, atau kelompok ke tempat lainnya. 

Komunikasi dalam pendidikan sangat berperan penting.  Bahkan, sangat berpengaruh dalam perannya. Dalam dunia pendidikan saat ini, komunikasi mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat karena dengan komunikasi yang baik, tujuan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dapat tercapai. Bahkan saat ini, orang sering berkata bahwa tinggi rendahnya suatu mutu pendidikan  dipengaruhi oleh komunikasi.

Komunikasi pendidikan meliputi pembicaraan hubungan masyarakat luas yang berupa proses penyampaian gagasan dari seseorang kepada orang lain agar dapat mencapai keberhasilan dalam mengirim pesan kepada yang dituju secara efektif dan efisien. Komunikasi pendidikan bukan hanya terjadi di kampus saja, tetapi dapat menyangkut semua bentuk komunikasi tentang masalah pendidikan

Tujuan komunikasi adalah satu atau beberapa target dalam mengkomunikasikan data, pengetahuan (wawasan), dan emosi. Dan komunikasi juga memiliki banyak manfaat dalam pendidikan sebagai berikut:

  • Memberikan Informasi

Adanya pandemic seperti ini membuat perkuliahan di laksanakan secara daring(online) dengan adanya virus  tersebut tidak menghalang kami untuk terus tetap menuntut  ilmu dan berkomunikasi ,oleh karna itu kami melakukan perkuliahan secara online melalui zoom yang dimana dosen memberikan kami materi-materi yang diajarkan atau informasi lainnya ,kampus kami juga memiliki website yaitu siakad trilogi. Web tersebut memudahkan atau memberikan kami untuk mengetahui informasi-informasi yang ada dari web tersebut contohnya seperti jadwal kuliah,absen kuliah,nilai mahasiswa dsb.

 

  • Pelaksanakan Latihan Dan Ulangan Penyajian latihan

adalah proses mekanis murni dan dapat dilakukan dengan sabar dan tak kenal lelah oleh media komunikasi, khususnya oleh media yang dikelola komputer. Laboratorium bahasa juga salah satu contoh media yang digunakan untuk pengulangan dan latihan. Dalam belajar keterampilan, apakah itu bersifat kognitif atau psikomotor. Pengulangan respons-respons dianggap sangat penting untuk kemajuan kecepatan dan tingkat kemahiran. Istilah “drill” digunakan untuk jenis respons yang lebih sederhana seperti menerjemahkan kata-kata asing. “Practice” biasanya berhubungan dengan kegiatan yang lebih kompleks yang membutuhkan koordinasi dari beberapa keterampilan dan biasanya merupakan penerapan pengetahuan, misalnya latihan olahraga tim atau individual, memecahkan berbagai bentuk masalah

Jadi, dapat disimpulkan bahwa komunikasi dalam pendidikan banyak manfaatnya, seperti Mempermudah,memperjelas penyampaian pesan dan informasi dalam proses belajar mengajar serta mengatasi keterbatasan waktu karena dapat diakses dimana dan kapan saja dengan menggunaka internet.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Sabita Amanda

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Pentingnya Komunikasi dalam Pendidikan

Kamis, 27 Januari 2022 21:41 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua