x

tanggung jawab mahasiswa universitas trilogi

Iklan

uvi nurluthfiah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 18:07 WIB

Atasi Dampak Masyarakat Multikulturalisme di Lingkungan Universitas Trilogi

Multikulturalisme adalah suatu pandangan yang menyediakan banyak aliran atau ideologi budaya. Inti dari multikulturalisme adalah kemauan menerima kelompok lain sebagai kesatuan, budaya, etnis, agama, bahasa ataupun gender tanpa memedulikan perbedaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Atasi Dampak Masyarakat Multikulturalisme dilingkungan Universitas Trilogi


Multi artinya banyak, sedangkan kulturalisme artinya aliran atau ideologi budaya. Jadi multikulturalisme adalah suatu pandangan yang menyediakan banyak aliran atau ideologi  budaya. Inti dari multikulturalisme adalah kemauan menerima kelompok lain sebagai kesatuan, budaya, etnis, agama, bahasa ataupun gender tanpa memedulikan perbedaan. Fokus multikulturalisme terletak pada pemahaman akan hidup penuh dengan perbedaan sosial budaya, baik secara individu maupun kelompok dan masyarakat. Perbedaan perlu ditangani karena perbedaan ini yang menjadi sumber ketegangan dan konflik yang menghambat perkembangan masyarakat.

Pendidikan di kampus dipercaya bisa menjadi contoh terdepan untuk menunjukkan sikap toleransi, saling menghormati, dan hidup damai antar mahasiswa.  Suatu negara tidak dapat menciptakan dasar - dasar abadi untuk perdamaian kecuali jika menemukan cara - cara untuk membangun kepercayaan yang saling menguntungkan antar mahasiswa. Dalam konteks relasi masyarakat yang kompleks, multikulturalisme merupakan kunci penting umtuk memahami realitas kehidupan manusia. Dilingkungan kita masih banyak sekali terutama dilingkungan kampus yang tidak menghargai perbedaan disekitarnya, cenderung menghina dan menjatuhkan mahasiswa lain yang berbeda pendapat dan latar belakang dengan dia, yang sering kali tidak mentolerir keberagaman. Dengan adanya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis Multikulturalisme tersebut nantinya mahasiswa akan diberikan pemahaman mengenai kondisi kehidupan manusia itu sangat beragam, baik dari segi agama, budaya, bahasa, etnis dan ras. Dimana nantinya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang berbasis Multikulturalisme dapat diterapkan oleh Mahasiswa Trilogi di masyarakat luas. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Penerapan multikulturalisme ini juga sangat penting di lingkungan mahasiswa dan juga di lingkungan masyarakat luas, mahasiswa Trilogi yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia juga menjadikan multikulturalisme yang baik bisa diterapkan dan di mulai melalui lingkungan terdekat mahasiswa yaitu lingkungan kampus dan antar mahasiswa. Dengan ini maka multikulturalisme bisa berdampak baik bagi antar mahasiswa dan juga dari mahasiswa kepada masyarakat yang lebih luas. 


Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dapat memberikan dampak positif terhadap sikap toleransi mahasiswa Universitas Trilogi. Sikap positif ini mendorong mahasiswa untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan siapa saja dengan nyaman tanpa ada sikap saling curiga. Sikap toleransi ini juga termasuk salah satu bagian dalam multicultural action, dimana hidup bersama dalam suasana yang harmonis hanya bisa dicapai jika setiap mahasiswa memiliki sikap toleransi.

- 21101082 Uvi Nur Luthfiah

-21101091 Salwa Dwi Anita Sari

-21101057 Tarisa Safitri

-21101119 Sakila

-21101076 Shela Putri Nuraprianti

-21101080 Nadya Rachmawati

 

#UniversitasTrilogi

#Teknososiopreneur

#InsanUnggulInovasi

#Manajemen

#CitraDiridanPribadiProfesional

#ManajemenKonflik

 

 

 

Ikuti tulisan menarik uvi nurluthfiah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini