Komunikasi dan Negosiasi

Jumat, 28 Januari 2022 18:16 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

memahami dan mengetahui trik bagaimana cara melakukan komunikasi yang efektif

Komunikasi dan Negosiasi Universitas Trilogi

Ilmu komunikasi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang memiliki sifat multidisiplin. Karena pendekatan - pendekatan yang digunakan berasal dari/dan menyambung pada bermacam bidang keilmuan (disiplin) lainnya, seperti linguistik, sosiologi, psikologi, antropologi, politik, dan ekonomi. Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia, komunikasi bisa dilakukan bila ada dua orang atau lebih yang berinteraksi satu dengan yg lainnya pada suatu cara tetentu, yang dimana masing-masing mempengaruhi dan dipengaruhi oleh pihak yang lainnya, membatasi batasan komunikasi kelompok sebagai korelasi tatap muka dari tiga atau lebih individu yang berguna untuk menghasilkan maksud atau tujuan yang diinginkan seperti berbagi informasi, perlindungan diri atau pemecahan masalah sehingga seluruh anggota bisa memupuk karakteristik pribadi anggota yang lainnya dengan tepat dan benar, komunikasi menjadi alat penting bagi kehidupan manusia dalam bermasyarakat. Sebagai manusia kita harus berkomunikasi dengan efektif agar dapat menyampaikan informasi untuk orang lain. 

Komunikasi yang efektif dilakukan dengan bertatap muka,berkomunikasi dengan telpon atau pesan teks,komunikasi verbal dan non verbal,menghindari gossip, berkomunikasi tidak dengan emosi. Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa atau tulisan sedangkan komunikasi non verbal adalah komunikasi yang dilakukan dengan bahasa tubuh atau gerakan. Komunikasi juga bisa di bilang sebagai suatu proses penyampaian informasi, ide-ide, gagasan dari satu orang ke yang lainnya. Komunikasi juga memiliki etika, dalam berkomunikasi kita tidak boleh berbohong,harus ramah dan sopan,  tidak menyinggung satu sama lain, tidak boleh memakai kata-kata kasar, tidak membeberkan keburukan orang lain, kita harus memahami lawan bicara kira, mendengarkan lawan bicara kita dan memperhatikan saat lawan bicara kita sedang berbicara.
Komunikasi juga diartikan sebagai kegiatan penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan dengan tujuan tertentu.

Pesan dapat disampaikan dalam bentuk: Lisan, tulisan, audio visual, ataupun gabungan ketiga - tiganya. Komunikasi lain adalah komunikasi yang berlangsung dalam bahasa simbol dan katakatanya memiliki makna ganda. Di situ hanya orangorang tertentu saja bisa mengerti atas pilihan katakata atau idiom yang digunakan. Seseorang mengatakan Ibu Trilogi adalah sebuah kampus, ini bukan opini, tetapi jelas jawaban yang salah dan ini adalah fakta. Teknik komunikasi negosiasi seperti yang pernah kita dengar dalam pembahasan mata kuliah Citra Diri dan Pribadi Profesional kemarin, negosiasi didefinisikan sebagai proses yang melibatkan upaya untuk mencegah seseorang mengubah atau tidak mengubah sikap dan perilaku orang lain. Pemahaman yang lebih rinci menunjukkan bahwa negosiasi adalah proses mencapai kesepakatan atas kepentingan bersama para pihak yang memiliki sikap, cara pandang, dan kepentingan yang berbeda.

Negosiasi juga dapat diartikan komunikasi timbal balik yang di rancang untuk mencapai tujuan bersama. Adapun tujuannya yaitu untuk menemukan kesepakatan kedua belah pihak secara adil dan dapat memenuhi harapan atau keinginan kedua belah pihak agar tidak ada pihak yang merasa dikalahkan atau durugikan. Tidak hanya itu, negosiasi juga bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau menghindarkan kerugian atau memecahkan problem yang lain. Hubungan antara komunikasi dan negosiasi yaitu komunikasi yang meliputi komunikator, komunikan, pesan atau informasi, media dan efek menjadi hal paling utama yang harus dipahami sebelum melakukan negosiasi. Negosiasi sebagai hubungan antar negara yang mengambil peran komunikator dan komunikan menjadi sebuah proses penting dalam diplomasi, yang pelaksanaannya tidak terlepas dengan etika dan bahasa yang digunakan. Sedangkan bahasa, meliputi bahasa verbal dan bahasa tubuh, menjadi alasan berhasil tidaknya sebuah negosiasi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan negosiasi merupakan suatu cara yang dilakukan oleh kesepakatan dua belah pihak untuk memenuhi keinginan kedua belah pihak, agar dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak, yang berupa pendapat, tujuan untuk menemukan kesepakatan kedua belah pihak yang dilakukan secara adil agar dapat mempertemukan kesepakatan, dengan cara melakukan penawaran atau permintaan dari kedua belah pihak agar terlaksana kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak dan terhindar dari kerugian sehingga akan terjalin kesepakatan yang memiliki maksud untuk mencapai kesepakatan bersama.

 

#UniversitasTrilogi

#CDPP

#PGSD

#teknososiopreneur

#insanunggulinovasi

#komunikasi

#negosiasi

#komunikasidannegosiasi

Bagikan Artikel Ini
img-content
Vika Salsabilla

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Komunikasi dan Negosiasi

Jumat, 28 Januari 2022 18:16 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua