x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Senin, 31 Januari 2022 06:33 WIB

Kisah Bangunan Terakhir Taman Bacaan di Kaki Gunung Salak, Apa yang Terjadi?

Inilah foto bangunan terakhir Taman Bacaan Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak. Berubah atau punah? Pesan penting gerakan literasi di Indonesia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berjuang di taman bacaan memang tidak mudah. Selain sulitnya menggugah akan pentingnya membaca buku, taman bacaan pun terus berkreasi. Agar taman bacaan tetap mampu jadi tempat yang diminati dan menyenangkan. Tanpa kreasi, taman bacaan akan sulit eksis. Taman bacaan, berubah atau punah?

 

Menyadari pentingnya perubahan, TBM Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor selalu siap berubah. Karena itu hari ini (Minggu, 30 Januari 2022), seluruh anak-anak pembaca aktif TBM Lentera Pustaka pun melaukan sesi foto terakhir di depan bangunan taman bacaan yang identik dengan latar "4 kuncup bubungan" rumah. Kenapa? Karena mulai Senin (31/01/2022), TBM Lentera Pustaka mulai direnovasi untuk dibangun dibangun "rooftop baca" di lantai 2. Praktis tampak muka TBM Lentera Pustaka yang selama ini menjadi “ikon taman bacaan” akan berubah total dalam 45 hari ke depan. Setelah adanya “rooftop taman bacana” yang menghadap persis ke Gunung Salak. Jadi TBM ber-view Gunung Salak secara penuh. Alhamdulillah, semua biaya bangunan “rooftop baca” didanai oleh Bank Sinarmas sebagai sponsor CSR TBM Lentera Pustaka tahun 2022.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Setelah beroperasi empat tahun, sejarah baru dimulai di TBM Lentera Pustaka. Untuk meningkatkan kegemaran membaca dan mengoptimalkan 250 pengguna layanan, TBM Lentera Pustaka pun berubah. Agar taman bacaan lebih diminati masyarakat. Sekaligus tetap berani menegakkan perilaku membaca di tengah gempuran era digital. Karena tanpa perubahan, taman bacaan sama sekali sulit untuk tumbuh dan berkembang. Dan setiap perubahan pun butuh kolaborasi, seperti yang dilakukan TBM Lentera Pustaka dan Bank Sinarmas.

 

Nantinya dengan “rooftop baca”, TBM Lentera Pustaka memiliki fasilitas membaca di luar ruang dengan view Gunung Salak. Agar lebih nyaman dan menyenangkan. Seperti di kafe-kafe, membaca pun pantas menjadi aktivitas "berkelas" dengan view yang indah dan mengesankan. Dengan dukungan Bank Sinarmas, TBM Lentera Pustaka pun akan terus memperkuat perilaku membaca anak-anak usia sekolah. Agar tidak ada lagi anak putus sekolah, dan sebagai sarana Pendidikan karakter atau akhlak anak ke depannya.

 

Sebagai taman bacaan resmi satu-satunya di Kecamatan Tamansari Kab. Bogor, TBM Lentera Pustaka dikenal sebagai taman bacaan kreatif yang mengembangkan model "TBM-Edutainment", sebuah tata kelola taman bacaan berbasis edukasi dan entertainment. Kini dengan koleksi 10.000 buku, taman bacaan di kaki Gunung Salak Bogor ini menjadi tempat membaca 130 anak usia sekolah dari 3 desa (Sukaluyu, Tamansari, Sukajaya) yang mampu membaca 5-10 buku per minggu. Selain taman bacaan, TBM Lentera Pustaka pun menjalankan 11 program literasi lainnya seperti:1) GEBERBURA (GErakan BERantas BUta aksaRA) yang diikuti 9 warga belajar buta huruf agar terbebas dari belenggu buta aksara, 2) KEPRA (Kelas PRAsekolah) dengan 26 anak usia prasekolah, 3) YABI (YAtim BInaan) dengan 14 anak yatim yang disantuni dan 4 diantaranya dibeasiswai, 4) JOMBI (JOMpo BInaan) dengan 8 jompo usia lanjut, 5) TBM Ramah Difabel dengan 3 anak difabel, 6) KOPERASI LENTERA dengan 28 ibu-ibu anggota koperasi simpan pinjam agar terhindar dari jeratan rentenir dan utang berbunga tinggi, 7) DonBuk (Donasi Buku), 8) RABU (RAjin menaBUng), 9) LITDIG (LITerasi DIGital) untuk mengenalkan cara internet sehat, 10) LITFIN (LITerasi FINansial), dan 11) LIDAB (LIterasi ADAb) untuk mengajarkan adab ke anak-anak seperti memberi salam, mencium tangan, berkata-kata santun, dan budaya antre. Tidak kurang dari 250 orang menjadi penerima layanan literasi TBM Lentera Pustaka setiap minggunya.

 

Pada tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka menorehkan berbagai prestasi, seperti:  1) Terpilih "Jagoan 2021" dari RTV (tayang 29 Des 2021), 2) Sosok Inspiratif Spiritual Journey dari PLN (Okt 2021), 3) Terpilih "31 Wonderful People 2021" dari Guardian Indonesia (24 Sept 2021), 4) Terpilih "Ramadhan Heroes" dari Tonight Show NET TV (6 Mei 2021), dan 5) Terpilih program "Kampung Literasi 2021" dari Dit. PMPK Kemdikbud RI (14 Nov 2021).

 

Pembangunan rooftop baca di TBM Lentera Pustaka jadi cerminan pentingnya kolaborasi dalam gerakan literasi di Indonesia. Seperti yang dilakukan Bank Sinarmas terhadap TBM Lentera Pustaka. Tentu, tata kelola taman bacaan harus dikelola dengan professional dan dapat dipertanggungjawabkan. Pengelola taman bacan harus komit, konsisten, dan sepenuh menjalani “jalan terjal” taman bacaan.

 

TBM Lentera Pustaka sadar betul. Tidak ada sesuatu yang menyenangkan fi taman bacaan selain membuat wajah anak-anak pembca tetap tersenyum menatap masa depan. Apalagi di tengah himpitan era digital. Agar Indonesia pun mampu mewujudkan masyarakat yang literat. Salam literasi #BankSinarmas #RooftopTamanBacaan #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler