x

Iklan

TYAS RIKA AMALIA TYAS RIKA AMALIA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 Februari 2022

Senin, 14 Februari 2022 15:23 WIB

Libas Cacingan, KKN Unej Peduli Semeru Dampingi Nakes Galakkan POPM


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Candipuro - Mahasiswa KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember 2022 kelompok 11 pada minggu ke 6 mengadakan sosialisasi Pemberian Obat Pencegah Masal  (POPM) tentang obat cacing pada balita dan anak bersama bidan dan Kader Posyandu. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 12 Februari 2022, di Desa Penanggal, Dusun Rekesan Timur, yang diikuti 4 mahasiswa Universitas Jember dengan Dosen Pembimbing Lapang dr. Yudha Nurdian.

POPM merupakan salah satu program pemerintah yang wajib dilaksanakan. Program POPM yang dilaksanakan adalah pemberian obat cacing. Idealnya pemeberian obat cacing dilakukan satu tahun 2 kali, atau 6 bulan sekali. Tujuannya untuk menurunkan atau membebaskan angka penyakit kecacingan pada anak usia pra sekolah maupun sekolah.

Sasaran dari kegiatan ini yaitu :

  1. Pemberian obat cacing pada anak usia pra sekolah (12-59 bulan) yang dilaksanakan di Posyandu Mawar, Dusun Rekesan Timur Desa Penanggal, Candipuro
  2. Pemberian obat cacing pada anak usia 6 – 12 tahun dilaksanakan di PAUD KB Mawar Dusun Rekesan Timur, Desa Penganggal, Candipuro
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara mencegah cacingan yaitu :

  1. Mencuci tangan dengan sabun
  2. Rebus air sampai matang sebelum di minum
  3. Buang air besar di jamban sehat
  4. Menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan menutupnya memakai tudung saji
  5. Memakai alas kaki
  6. Hindari anak dari sumber penularan cacingan dengan menerapkan PHBS

“Kegiatan Pemberian Vitamin A dan Obat Cacing adalah kegiatan yang Nasional. Kegiatan tersebut biasa dilakukan pada awal tahun terutama dibulan Februari bersamaan dengan dijalankannya program Posyandu,” tutur Fita salah satu bidan yang ditugaskan di Dusun Rekesan Timur.

post

Berdasarkan program yang sudah berjalan mengenai POPM pemberian Obat cacing dan Vitamin A, kami dari anak KKN Kolaboratif Peduli Semeru Universitas Jember 2022 kelompok 11 mengadakan sosialisasi tentang bagaimana cara pencegahan Penyakit Cacingan. Kegiatan sosialisasi tersebut berjalan lancar dengan dihadiri Bidan, Kader Posyandu, dan Ibu Kepala Desa Penanggal.

Fita selaku bidan yang bertugas juga berharap semoga orang tua bayi dan balita mempunyai kesadaran untuk mencek kondisi anak anak mereka di Posyadu pada setiap bulanya, khususnya pada bulan pemberian Vitamin.

Penulis : Tim Kesehatan KKN Kolaboratif Peduli Semeru UNEJ / Kelompok 11

Ikuti tulisan menarik TYAS RIKA AMALIA TYAS RIKA AMALIA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Bingkai Kehidupan

Oleh: Indrian Safka Fauzi (Aa Rian)

Sabtu, 27 April 2024 06:23 WIB