x

image: ACR

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 20 Februari 2022 18:47 WIB

13 Tanda Dia Tahu Dia Menyakiti Anda dan Merasa Bersalah Karena Itu

Pada titik tertentu dalam hubungan Anda, pacar Anda akan melakukan kesalahan dan menyakiti Anda. Anda adalah dua orang yang berbeda yang belajar untuk hidup bersama, dan membuat kesalahan dan belajar darinya hanyalah bagian dari proses.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Hubungan tidak selalu sempurna. Akan ada saat-saat ketika Anda berdua mengacaukan dan membuat kesal satu sama lain, bahkan ketika Anda sedang jatuh cinta.

Pada titik tertentu dalam hubungan Anda, pacar Anda akan melakukan kesalahan dan menyakiti Anda. Anda adalah dua orang yang berbeda yang belajar untuk hidup bersama, dan membuat kesalahan dan belajar darinya hanyalah bagian dari proses.

Agar Anda dan pacar Anda dapat mengatasi hambatan apa pun dalam hubungan Anda, Anda berdua harus bisa mengenali rasa sakit yang terkadang Anda sebabkan satu sama lain. Anda juga harus bersedia bertindak untuk mencegah hal itu terjadi lagi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sulit untuk mengakui bahwa Anda salah, tetapi itu tidak berarti Anda tidak merasa bersalah. Jika pacar Anda yang menyakiti Anda, bahkan jika dia belum meminta maaf, dia bisa menunjukkan kepada Anda tanda-tanda bahwa dia merasa tidak enak dengan apa yang telah dia lakukan.

Bahkan ketika suatu hubungan telah berakhir dan Anda pikir mantan Anda telah pindah, ada beberapa tanda bahwa mantan Anda merasa lebih buruk daripada yang Anda pikirkan. Dia mungkin tidak mengatakannya pada awalnya, tetapi rasa bersalah, seiring waktu, dapat memotivasi orang untuk melakukan hal-hal yang tidak terduga.

Jika Anda tidak yakin apakah pacar Anda merasa bersalah karena telah menyakiti Anda, mungkin Anda tidak memperhatikan tanda-tandanya. Teruslah membaca untuk melihat apakah ada perilaku di bawah ini yang terdengar familier.

1. Dia bersikap defensif.

Adalah umum untuk menjadi defensif ketika seseorang tahu bahwa dia salah.

Dia tidak mau atau tidak tahu bagaimana meminta maaf. Mungkin dia sedikit malu dan merasa bersalah, jadi dia kembali ke perilaku kekanak-kanakan dan memperburuk situasi.

Jika pacar Anda bertindak seperti ini, itu bisa menjadi cerminan dari perasaannya. Dia merasa bersalah dan tidak pantas mendapatkan perhatian Anda, jadi dia menghukum dirinya sendiri dengan menjadi lebih terisolasi dan mendorong Anda lebih jauh.

Ini bukan cara yang produktif untuk menangani situasi, dan jika pacar Anda melakukan ini, Anda perlu memanggilnya keluar. Membuat Anda berdua lebih tidak bahagia daripada yang sudah Anda alami tidak akan membawa Anda ke mana pun.

Jika masih ada kesempatan untuk menyelesaikan situasi dan Anda ingin melanjutkan hubungan Anda, Anda perlu membuatnya menerima apa yang dia katakan atau lakukan.

Jangan ambil hati apa pun yang dia katakan dan jangan merendahkan diri Anda pada perilakunya. Biarkan dia tahu bahwa Anda siap untuk berbicara ketika dia siap dan bahwa mengakui kesalahannya dan meminta maaf untuk itu adalah langkah pertama untuk menghilangkannya.

2. Dia menganggap enteng situasi.

Ketika seseorang merasa bersalah, salah satu reaksinya adalah mencoba mengabaikan situasi dan tidak menganggapnya serius, sehingga dia tidak harus menghadapi apa yang telah dia lakukan.

Jika pacar Anda meremehkan perasaan Anda, dia berusaha membuat masalahnya tidak terlalu serius, jadi dia tidak bisa bertanggung jawab. Dia tidak mau mengakui gawatnya situasi dan mengakui bahwa dia menyebabkan Anda sakit.

Anda berhak merasakan apa pun yang Anda rasakan, dan dia tidak berhak memutuskan seberapa serius masalahnya. Setiap kali salah satu dari Anda merasa terluka oleh yang lain adalah situasi yang harus ditanggapi dengan serius.

Mudah-mudahan pacar Anda akan menyadari bahwa ini bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng dan segera mengubah sikapnya dan meminta maaf atas apa yang telah dilakukannya. Jika tidak, dia tidak menunjukkan rasa hormat yang pantas Anda dapatkan dan mungkin bukan orang yang tepat untuk Anda.

3. Dia lebih pendiam dari biasanya.

Jika respons langsung pacar Anda setelah konfrontasi ketika dia salah adalah diam dan menjauh, itu mungkin karena dia merasa bersalah karenanya.

Dia mungkin tidak nyaman mengekspresikan emosinya atau mungkin tidak tahu bagaimana menangani kesalahan. Dia mungkin tidak yakin bagaimana mendekati Anda karena dia takut mengatakan hal yang salah dan semakin menyakiti Anda.

Mematikan bukanlah cara untuk memperbaiki masalah dalam suatu hubungan. Meskipun dia mungkin perlu waktu untuk memproses apa yang terjadi dan mungkin merasa bersalah, dia tetap bertanggung jawab untuk mengakui apa yang telah dia lakukan dan meminta maaf untuk itu.

Anda mungkin harus menjadi penghasut, mengundang pacar Anda untuk berbicara tentang apa yang terjadi dan meminta dia untuk meminta maaf. Cobalah meyakinkannya bahwa Anda dapat melewati cegukan ini dan bahwa Anda terbuka untuk membicarakan semuanya, tetapi dia bertanggung jawab untuk mengakui tindakannya dan menghadapi konsekuensinya.

4. Dia mencoba untuk membeli kembali cinta Anda.

Jika pacar Anda merasa bersalah karena telah membuat Anda kesal, salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dia memamerkan uangnya.

Alih-alih meminta maaf, dia mencoba untuk membeli kembali kasih sayang dan pengampunan Anda dengan mengalihkan perhatian Anda dengan bunga, hadiah, atau mengajak Anda kencan romantis yang mengejutkan.

Dia mungkin tidak terbiasa untuk meminta maaf atau menghadapi konfrontasi, jadi solusi termudah di matanya adalah untuk membeli kembali cinta Anda dengan menghujani Anda dengan perhatian dan hadiah, berpikir itu akan memperbaiki keretakan.

Meskipun itu bagus, itu tidak menunjukkan bahwa dia menganggap serius luka yang dia sebabkan pada Anda. Siapa pun dapat membelikan seseorang cokelat dan bunga, dan membuang uang pada masalah tidak akan memperbaikinya.

Tidak apa-apa untuk menikmati perhatian ekstra, tetapi pastikan dia mengakui kesalahannya. Jika tidak, begitu pemberian hadiah berhenti, bagaimana Anda tahu dia tidak akan menyakiti Anda dengan cara yang sama lagi?

5. Dia menjadi lebih perhatian dari biasanya.

Apakah pacar Anda lebih sering memeriksa Anda? Melakukan lebih banyak pekerjaan rumah tanpa diminta? Menjadi ekstra baik tiba-tiba?

Jika dia menyakiti perasaan Anda, perilaku ini menunjukkan bahwa dia merasa bersalah atas apa yang telah dia lakukan.

Bagi kebanyakan orang, tindakan berbicara lebih keras daripada kata-kata. Jika dia penuh perhatian, dia mencoba menunjukkan kepada Anda betapa dia peduli pada Anda terlepas dari rasa sakit yang dia sebabkan kepada Anda.

Dia mungkin kesulitan mengungkapkan perasaannya dengan kata-kata, tetapi dia dapat membuat hidup Anda lebih mudah dengan menghilangkan beberapa tekanan dan stres untuk menunjukkan kepada Anda dia bisa menjadi pacar yang hebat.

Dia akan berharap bahwa, dengan menjadi perhatian ekstra, Anda mungkin lebih mudah memaafkannya atas rasa sakit yang dia buat kepada Anda.

Menjadi ekstra perhatian tidak akan menyelesaikan masalah yang dia sebabkan, tetapi setidaknya itu menunjukkan bahwa dia peduli dan dia merasa kasihan karenanya. Untuk saat ini, nikmatilah, anggap itu sebagai tanda bahwa dia merasa menyesal atas apa yang telah dia lakukan, dan berharap dia serius untuk tidak melakukan kesalahan yang sama lagi.

6. Dia menjadi lebih romantis.

Jika dia tiba-tiba mengajak Anda berkencan, mengatur perjalanan khusus, membelikan Anda bunga, dan menarik semua perhentian, mungkin dia mencoba membuktikan bahwa dia masih bisa menjadi pacar yang selalu Anda inginkan.

Dia tidak hanya membelikanmu hadiah, dia memenuhi semua lamunanmu yang paling romantis dan membuatmu merasa seperti putri dari kisah cinta ini.

Dia merasa bersalah jadi, untuk mencoba menebusnya, dia menjadi pacar yang selalu Anda inginkan dan memperlakukan Anda dengan cara yang pantas Anda dapatkan. Dia mencoba untuk mendapatkan kembali percikan yang Anda miliki sebelumnya dan membuat Anda jatuh cinta lagi padanya.

Jika dia berusaha, Anda tahu bahwa terlepas dari apa yang telah dia lakukan, dia peduli dan tahu bagaimana Anda pantas diperlakukan.

Itu tidak membuat apa yang dia lakukan untuk menyakiti Anda pergi atau memperbaikinya. Dia masih perlu menghadapi kenyataan dan mengakui bahwa apa yang dia lakukan itu salah, tetapi setidaknya perilaku ini adalah langkah ke arah yang benar.

7. Dia bertengkar dengan Anda.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa, jika dia merasa bersalah atas sesuatu yang telah dia lakukan, apakah pacar Anda akan memperburuk situasi dengan mencoba memulai pertengkaran lagi?

Niatnya bukan untuk memperburuk situasi. Kemungkinan besar dia bertengkar dengan Anda karena dia sudah merasa bersalah dan berusaha mengalihkan fokus dari fakta bahwa dia menyakiti Anda.

Jika dia berhasil memancing Anda untuk berdebat kembali, Anda menjadi orang yang salah. Dia tidak harus mengakui masalah awal dan rasa sakit yang dia sebabkan pada Anda. Sebaliknya, dia mengalihkan fokus ke argumen baru ini dan peran Anda di dalamnya.

Hal cerdas yang harus dilakukan, jika dia mencoba memulai pertengkaran, adalah mengambil jalan yang tinggi dan tidak terlibat. Jangan beri dia alasan untuk mengabaikan bahwa dia adalah penyebab masalah sejak awal.

Ketika dia kurang defensif, dekati dia untuk melihat apakah dia siap menghadapi apa yang telah dia lakukan dan minta maaf karena telah menyakiti Anda, sehingga Anda berdua bisa melanjutkan. Sampai saat itu, waspadalah dan jangan biarkan dia menyalahkan Anda.

8. Dia berusaha untuk berubah.

Cara paling efektif bagi seseorang untuk menunjukkan bahwa dia benar-benar menyesal atas apa yang telah dia lakukan adalah dengan membuat perubahan yang dia janjikan kepada Anda.

Ini mungkin bukan sesuatu yang jelas pada awalnya; itu bisa berkomunikasi dengan Anda dengan cara yang lebih baik atau lebih menghormati batasan Anda.

Tetapi fakta bahwa pacar Anda bertindak berdasarkan kata-katanya dan berusaha berubah menjadi lebih baik menunjukkan bahwa dia menyesal atas apa yang dia lakukan dan berkomitmen untuk membuat perubahan positif demi hubungan Anda.

9. Dia menghilang.

Ini berlaku untuk pacar dan mantan setelah putus.

Jika pacar Anda pernah menyakiti Anda dan kemudian menghilang untuk sementara waktu, bukan berarti dia tidak peduli dengan Anda. Bisa jadi dia merasa sangat bersalah sehingga dia tidak bisa menghadapi apa yang telah dia lakukan.

Jika dia menyakiti Anda, berada di dekat Anda dan menghadapi rasa sakit yang dia sebabkan bisa jadi terlalu berat baginya untuk diproses pada saat itu. Dia mungkin perlu waktu untuk mengumpulkan pikirannya dan mengendalikan emosinya sebelum dia siap untuk meminta maaf dan berusaha mengembalikan hubungan Anda ke tempat yang sehat.

Jika Anda sudah putus dengan mantan dan dia tampaknya benar-benar menghilang, ini juga bisa menjadi tanda bahwa dia sedang melarikan diri dari situasi yang dia tahu penyebabnya. Dia tidak ingin bertanggung jawab atas perannya dalam perpisahan dan tidak dapat menghadapi Anda karena dia tahu dia salah.

Jika ini kasus Anda, Anda telah menghindari peluru. Dia tidak sepadan dengan waktu Anda jika dia tidak bisa menghadapi kesalahannya dan bertindak untuk memperbaiki kesalahannya.

Jika Anda masih bersama tetapi pacar Anda tampaknya telah menghilang, Anda tidak perlu menyebutnya putus dulu. Ini bukan cara terbaik untuk menangani situasi, tetapi jika dia mengambil waktu ini untuk kembali dengan sikap yang lebih baik dan siap untuk menebus Anda, masih ada harapan.

10. Dia meminta maaf.

Terkadang hal yang paling sulit dan paling berani dilakukan seseorang adalah meminta maaf.

Ini hanya dua kata, tetapi banyak orang menganggapnya hampir mustahil untuk diucapkan. Lebih sulit bagi sebagian orang daripada yang lain untuk mengakui kesalahan mereka, tetapi agar hubungan Anda berhasil, Anda berdua harus siap untuk melakukan hal itu.

Anda dapat mengetahui permintaan maaf yang sebenarnya dari ketulusannya. Dia perlu mengakui apa yang telah dia lakukan untuk menyakiti Anda dan menunjukkan kepada Anda bagaimana dia bertekad untuk belajar darinya dan tidak membiarkan hal yang sama terjadi lagi.

Permintaan maaf tidak diberikan dengan sembrono atau berteriak di seberang ruangan untuk menghentikan pertengkaran. Itu diberikan dengan perasaan dan perhatian yang tulus.

Jika dia telah meminta maaf, giliran Anda untuk memutuskan apakah Anda dapat menerima permintaan maaf itu atau tidak dan melanjutkan. Dia tidak bisa mengubah apa yang telah dia lakukan untuk menyakiti Anda, yang bisa dia lakukan hanyalah meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulangi perbuatannya.

Jika Anda menerima permintaan maafnya tetapi tidak bisa melepaskan apa yang telah dia lakukan, tidak ada lagi yang bisa dia lakukan sampai Anda memutuskan bahwa Anda siap untuk melanjutkan hubungan lagi.

Setelah Anda menerima permintaan maafnya, Anda harus melupakan masa lalu dan melihat ke depan. Mungkin terasa sulit untuk melepaskan apa yang dia lakukan dan mempercayainya lagi, tetapi jika Anda tidak bisa, hubungan Anda tidak akan berhasil.

11. Mantan Anda terus mencari cara untuk berbicara dengan Anda.

Mungkin sudah beberapa waktu sejak Anda mendengar kabar dari mantan Anda setelah putus, tetapi sekarang tiba-tiba dia menjangkau Anda secara tak terduga. Mengapa?

Bahkan ketika percakapan tidak memiliki tujuan atau Anda telah menjelaskan bahwa Anda tidak tertarik untuk menyambung kembali, apakah dia masih menemukan cara untuk melanjutkan percakapan? Jika jawabannya ya, itu mungkin karena dia merasa bersalah atas luka yang dia sebabkan kepada Anda.

Dia mungkin akhirnya mencapai tahap dalam hidupnya di mana dia siap untuk bertanggung jawab atas tindakannya ketika Anda bersama. Tiba-tiba menjangkau Anda adalah caranya untuk mencoba membangun kembali beberapa kontak untuk mendapatkan pengampunan Anda atau menunjukkan bahwa dia merindukan Anda.

Bukan terserah Anda untuk membantunya dalam refleksi dirinya. Jika dia akhirnya ingin meminta maaf, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menerimanya atau tidak. Itu tidak akan mengubah cara hubungan berakhir, tetapi itu mungkin membawa kedamaian bagi Anda dan membantu menutup bab itu dalam hidup Anda.

12. Mantan Anda terus mengungkit masa-masa indah.

Jika Anda masih memiliki semacam hubungan dengan mantan Anda, apakah Anda berada di pekerjaan atau kelompok sosial yang sama, atau bahkan mungkin masih berteman, pernahkah Anda memperhatikan dia terus membawa kenangan indah saat Anda bersama?

Anda berdua tahu bahwa ada masalah dalam hubungan Anda yang menyebabkan perpisahan. Namun, dia bertindak seolah-olah tidak ada rasa sakit dan kesulitan dalam hubungan Anda yang pernah ada.

Bisa jadi kesalahannya sendiri yang membuatnya bertindak seperti ini. Dalam pikirannya, dia menutupi semua hal negatif yang dia timbulkan dalam hubungan Anda dengan hanya berfokus pada kenangan indah, seolah-olah dia mencoba menghapus kesalahannya sama sekali.

Hanya karena dia melakukan ini tidak berarti Anda harus mendorong atau terlibat dengannya. Jika dia ingin mengabaikan perannya dalam perpisahan daripada menghadapinya dan belajar darinya, dia tidak cukup dewasa untuk menjalin hubungan dengan Anda.

13. Mantan Anda tidak akan meninggalkan Anda sendirian.

Satu cara lain untuk mengetahui apakah mantan Anda merasa bersalah atas luka yang dia sebabkan kepada Anda adalah jika dia sepertinya tidak bisa meninggalkan Anda sendirian.

Anda mungkin telah putus, tetapi dia masih menelepon atau mengirim pesan kepada Anda, masih mengikuti Anda di media sosial, atau berbicara dengan teman Anda untuk mendengar tentang apa yang Anda lakukan.

Ada sejumlah alasan untuk perilaku ini, tetapi salah satunya mungkin karena dia tahu bahwa hubungan Anda tidak berjalan baik dan ada masalah yang belum terselesaikan; yaitu fakta bahwa dia perlu meminta maaf karena telah menyakiti Anda.

Dia tahu bahwa dia harus mengambil tanggung jawab, tetapi dia mungkin tidak cukup dewasa atau terlalu bangga untuk melakukannya. Sebaliknya, dia sepertinya tidak bisa melanjutkan.

Hanya karena dia sepertinya tidak bisa melepaskan Anda, bukan berarti Anda harus kembali bersama. Anda membutuhkan waktu dan ruang untuk berduka dan melupakan akhir dari hubungan Anda, mengembalikan waktu dan cinta itu ke dalam diri Anda; apalagi jika Anda pernah disakiti.

Anda dapat memblokirnya di media sosial, menghapus nomornya, atau dengan hormat memintanya untuk menjaga jarak. Jadikan diri Anda prioritas dan jangan dimanipulasi olehnya jika dia tidak bisa mengakui kesalahannya.

*

Meskipun Anda mungkin tidak menyadari beberapa tanda pada awalnya, yang terpenting adalah pacar atau mantan Anda menyadari bahwa dia telah menyakiti Anda dan merasa kasihan, namun dia memutuskan untuk mencoba menebusnya.

Mungkin sulit bagi sebagian orang untuk mengakui bahwa mereka salah atau telah menyakiti orang yang dicintai. Ini bukan tentang menjadi sempurna. Ini tentang mengetahui bahwa kita semua membuat kesalahan dan bagaimana kita mengatasinya yang pada akhirnya penting.

Jika pacar Anda menyakiti Anda, Anda tidak melihat perubahan apa pun dalam perilakunya, dan dia menolak untuk mengakui bahwa dia salah, inilah saat Anda tahu bahwa dia bukan orang yang tepat untuk Anda. Dia mungkin membutuhkan sedikit lebih banyak waktu untuk tumbuh dan dewasa sebelum dia dapat berkomitmen penuh pada orang lain. Itu mungkin juga merupakan tanda bahwa dia tidak memiliki rasa hormat atau cinta yang pantas Anda dapatkan.

Sebagai pasangan Anda harus saling mengangkat, bukan dengan sengaja menjatuhkan satu sama lain. Jika satu pasangan tidak bisa mengakui kesalahannya dan bertanggung jawab atas tindakannya ketika dia menyakiti yang lain, Anda tidak akan tumbuh sebagai pasangan. Anda hanya akan tumbuh dalam kebencian.

Berapa lama pun pacar atau mantan pacar Anda mengakui bahwa dia memang merasa bersalah karena telah menyakiti Anda, terserah Anda apakah Anda ingin menerima permintaan maafnya atau tidak. Mungkin perlu upaya sebelum Anda dapat melanjutkan dari apa yang dia lakukan, tetapi mengetahui bahwa dia merasa bersalah karenanya dan mudah-mudahan ingin membuat perubahan adalah awal yang baik.

***
Solo, Minggu, 20 Februari 2022. 2:12 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB