x

Iklan

Vina Melani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Januari 2022

Jumat, 25 Februari 2022 07:19 WIB

Zuhud

Mengenal makna zuhud dalam masa kini yang berperan di kehidupan sehari-hari serta ciri-ciri didalmya dan zuhud bukan berarti kita harus berpakain compang-camping ataupun hidup dalam kemiskinan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Readers lillah, ada yang pernah dengar apa itu zuhud? Atau udah pernah dengar tapi ga tau makna nya?  Berikut akan saya spill sedikit ilmu yang saya dapat tentang zuhud

° Apa Itu Zuhud ?

Kalian pernah ga si meninggalkan suatu hal demi memilih hal terbaik tanpa harus berpikir dua kali? Atau kalian pernah merasa biasa saja ketika ada suatu hal yang sedang tren orang lain berlomba-lomba untuk bisa andil dalam trend tersebut lalu kalian sama sekali tidak berminat untuk masuk kedalam tren tersebut walaupun sebenarnya kalian mampu saja untuk mendapatkan tren itu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya beri dua contoh, misalnya kalian suka kajian dan kalian suka menonton, tiba-tiba acara film dan kajian terjadwal di hari dan jam yang sama, sedangkan hal tersebut tidak datang dua kali lalu kalian mau pilih yang mana? Jika kalian memilih kajian tanpa harus mempertimbangkannya itulah yang di maksud dengan zuhud.

Atau contoh yang kedua lebih simpel, misalnya yang sering terjadi pada kaum hawa ketika ada tren hijab atau gamis sedang booming, dan semua hawa gencar untuk bisa mendapatkan style tersebut walaupun harganya mahal. Tapi kita sama sekali tidak berminat untuk memilikinya apalagi mengkoleksi, kalian langsung berfikir bahwa baju kalian atau style yang kalian punya masih oke oke aja tu, masih aman dan layak juga untuk di pake walaupun berbeda warna dan model.  sebenarnya kalian mampu saja untuk membelinya, tapi kalian lebih memilih untuk menggunakan uang tersebut pada hal yang lebih bermanfaat seperti ikut berdonasi, berinfaq atau bersodaqoh nah itulah yang di namakan zuhud.

Secara garis besarnya "zuhud berarti menanggalkan kecintaan dunia dari hati atau meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat untuk kehidupan akhirat."

Untuk lebih spesifikasi terhadap definisi zuhud kalian boleh mengakses informasi lainnya dari guru agama yang lebih mantap pengetahuannya atau referensi yang terpercaya.

 

° Zuhud Sebuah Amalan

Kalian tahu ga si ternyata Zuhud adalah sebuah amalan yang bisa mendatangkan cinta dari Allah serta cinta dari manusia Lho, Berikut bukti hadist nya :

 

عَنْ  أَبِـي الْعَبَّاسِ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ السَّاعِدِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ؛ قَالَ : أَتَىَ النَّبِيَّ   صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ  ، فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ ! دُلَّنِـيْ عَلَـىٰ عَمَلٍ إِذَا أَنَا عَمِلْتُهُ أَحَبَّنِيَ اللهُ وَأَحَبَّنِيَ النَّاسُ. فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «اِزْهَدْ فِـي الدُّنْيَا ، يُـحِبُّكَ اللّٰـهُ ، وَازْهَدْ فِيْمَـا فِي أَيْدِى النَّاس ، يُـحِبُّكَ النَّاسُ». حَدِيْثٌ حَسَنٌ ، رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ وَغَيْرُهُ بِأَسَانِيْدَ حَسَنَةٍ

 

Dari Abul ‘Abbâs Sahl bin Sa’d as-Sa’idi Radhiyallahu anhu , ia berkata, “Ada seseorang yang datang kepada Rasulullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata, ‘Wahai Rasulullâh! Tunjukkan kepadaku satu amalan yang jika aku mengamalkannya maka aku akan dicintai oleh Allah dan dicintai manusia.” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Zuhudlah terhadap dunia, niscaya engkau dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang dimiliki manusia, niscaya engkau dicintai manusia.” [Hadits hasan, diriwayatkan oleh Ibnu Mâjah dan selainnya dengan beberapa sanad yang hasan]

Ketika kita mendapatkan cinta dari manusia, artinya kita tidak serakah terhadap harta yang dimiliki orang lain. Dan ketika kita mendapatkan cinta dari Allah insyaallah keselamatan dan kenikmatan dunia akhirat akan kita dapatkan.

 

° Manfaat Zuhud Di Kehidupan Sehari-hari

Ketika kita memutuskan untuk senantiasa menerapkan prinsip zuhud dalam pola hidup kita, maka kita aka merasakan tenang ketika menjalani hari-hari, mengapa demikian? Karana kita tidak akan merasa khawatir atas apapun tuntutan dunia yang menghampiri, sehingga kita tidak begitu antusias untuk mengkonfirmasi apalagi mengambil peran untuk bisa mengikuti.

Kita juga tidak akan merasa kecewa atas segala suatu hasil yang dunia berikan, seperti ketika kita melakukan suatu hal baik namun kita tidak mendapatkan respon timbal balik yang baik dari mereka, kita akan merasa ikhlas karena kita hanya perduli atas proses yang baik dan hanya ingin mendapatkan keridhoan dari penilaian Allah semata.

Lalu yang pasti kita akan mudah bersyukur ketika sesuatu hilang dari hidup kita, karena Yakin apa yang datang dan hilang semua dalam genggaman Allah dan yang terjadi adalah sebuah kebaikan. Yang jelas kita akan merasa lebih baik jika tidak memperdulikan apa yang tidak dapat menyelamatkan di akhirat, daripada melayani hal yang bisa membuat ia menyesal di kemudian hari.

 

° Zuhud Masa Kini

Zuhud masa kini itu seperti mereka yang mampu menciptakan keseimbangan antara kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat. Ia sama sekali tidak gembira karena mendapatkan dunia dan tidak bersedih karena kehilangan dunia.

Dan bukan berarti orang yang Zuhud haruslah orang yang hidupnya tidak punya. Tidak! Karena tidak ada pertentangan dengan orang punya harta dengan sikap Zuhud, Zuhud adalah amalan hati.

Seperti ketika kita merasakan tidak ada perbedaan antara kita menaiki mobil Mercys atau angkot kalau Maslah kenyamanan kita pasti akan merasa beda dengan kenyamanan. Akan tetapi kita tidak akan merasa gengsi jika kita harus menaiki angkot. Jadi meskipun kita orang kaya dengan harta berada dan hal yang mewah kita tidak Masalah jika suatu saat harus berdampingan dengan hal yang sederhana.

 

° Tingkatan Zuhud

Menurut Imam Al-Ghazali, zuhud ada tiga tingkatan yaitu: Pertama, berzuhud pada dunia, tetapi hatinya masih mencintai dunia.

Kedua, zuhud orang yang meninggalkan dunia karena menginginkan akhirat.

Ketiga, zuhud orang yang tahu bahwa dunia tidaklah apa-apa jika dibandingkan dengan akhirat

Jadi ada diposisi manakah kita mengambil peran Zuhud? Apa selama ini kita masih bergelut mempertahankan dunia dan seisinya? Wallahua'lam.

Semoga kita selalu berada di amalan-amalan yang bisa menjadi alasan turunnya kasih sayang Allah amiin

 

° Ciri-ciri Zuhud

Setalah mengetahui Arti, makna, manfaat dan tingkatan Zuhud kita bisa mengetahui ada ga si Zuhud itu dalam diri kita?

Pada umumnya orang-orang yang memiliki sifat Zuhud ialah

_Mengetahui bahwa kehidupan dan kesenangan dunia hanyalah sementara.

_Mengetahui bahwa kehidupan akhirat itu kekal dan lebih baik.

_Memandang bahwa dunia adalah tempat untuk menyiapkan kehidupan akhirat.

_Menganggap kesenangan dunia hanyalah sementara, hemat, hidup sederhana, dan menghindari bermewah-mewahan.

So readers lillah apakah ciri-ciri diatas sesuai dengan apa yang ada dalam diri kita? Jika belum kita satu geng. Hehe

Tapi jangan bersedih karena kita semua mampu kok untuk bisa menjadi manusia yang melakukan amal dengan berzuhud, kuncinya tetap berdo'a, memupuk niat dan terus belajar

° Zuhud For Life

Zuhud bukan berarti kita harus hidup miskin dulu agar kita bisa Zuhud, tidak !

Atau mungkin orang kaya tidak akan pernah bisa merasa Zuhud.

Sekali lagi, Zuhud itu penting kok untuk keduanya, karena zuhud termasuk suatu amalan yang bisa membuat kita selamat dunia akhirat di tambah bonus cinta dari Allah dan manusia, bukankah itu semua yang kita inginkan bersama?

Jadi tetap semangat menggali ilmu dan mencari informasi yang menarik menambah wawasan agama.

Gimna nih readers lillah, apa sudah cukup pemaparan di atas mengenai Zuhud? Apakah ada sesuatu hal yang membekas dari artikel ini.

Saya pribadi meminta maaf apabila ada kesalahan dalam menyampaikan pemaparan diatas!.

Dan segala kebenaran muncul atas pertolongan Allah.

Semoga Kita selalu dalam lindungan Allah yaa

Ikuti tulisan menarik Vina Melani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu