x

Iklan

ahmad kholidin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2022

Selasa, 1 Maret 2022 12:04 WIB

Jenis Lantai Mezzanine Terbaik yang Harus Kamu Pertimbangkan

Memiliki lahan yang sempit bisa diantisipasi dengan memilih desain yang tepat. Salah satunya mengaplikasikan esain mezzanine floor ini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernah mendengar mezzanine? Mezzanine ini adalah salah satu istilah tambahan dalam bangunan. Lantai mezzanine ini menjadi salah satu pilihan model yang bisa digunakan dalam membuat rumah impian.

Dalam hunian, mezzanine ini dibutuhkan untuk menambah ruang ekstra tanpa harus menambah lantai rumah. Biasanya mezzanine ini digunakan agar ruangan terlihat lebih menarik dan fleksibel.  Dengan menggunakan mezzanine tidak perlu adanya lantai 2.

Bagaimana Konsep Lantai Mezzanine

Mezzanine ini adalah lantai yang ada di tengah antara  lantai bawah dengan lantai atap yang luasnya kira-kira sepertiga luas ruangan. Mezzanine  ini artinya ruangan dibuat dengan partisi, tetapi tidak akan sampai ke langit-langit ruangan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dahulu Mezzanine ini digunakan sebagai bangunan Gudang dan pabrik, karena biasanya bangunan tersebut memiliki plafon atau atap.  Mezzanine sekarang sudah dimodifikasi dan bisa digunakan di rumah, apartemen, gereja, toko, dan masih banyak lagi bangunan lainnya.

Jenis Lantai Mezzanine dengan Kualitas Bagus

Untuk Memaksimalkan fungsi ruangan, Mezzanine menjadi salah satu solusi dalam penggunaan ruangan, dengan harga tidak semahal renovasi penambahan lantai. Apa saja jenis dari jenis lantai satu ini?

1. Lantai Mezzanine Untuk Perpustakaan 

Lantai jenis satu ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembentukan perpustakaan. Jika ruangan rumahmu terdapat cukup space yang bisa dimanfaatkan untuk koleksi buku-buku bacaan, maka tambahkan lantai Mezzanine untuk memanfaatkan space yang ada.

Perpustakaan ini bisa ditambahkan area sofa atau kursi sebagai tempat membaca. Agar aman, kamu bisa menambahkan pembatas yang nantinya akan dilengkapi dengan sandaran tangan dengan desain.  Jadi space yang ada di rumahmu terpakai sesuai dengan fungsionalnya. 

Kamu bisa mendapatkan perpustakaan menarik yang bisa memuat berbagai buku bacaan yang kamu miliki.

2.  Mezzanine Kamar Tidur

Model Mezzanine yang satu ini bisa digunakan untuk kamu yang  menginginkan ruang tambahan kamar tidur  dengan tangga sebagai aksesnya. Ruang  kamar Mezzanine ini menjadi salah satu desain primadona saat ini. selain fungsional, kamar ini bisa memanfaatkan banyak space yang ada.

Untuk membangun kamar  tidur Mezzanine ini sangat mudah dilakukan, kamu bisa menambahkan tempat tidur dan lemari dengan merencanakan desain yang minimalis dengan kesan kamar tidur yang lapang.

3. Mezzanine Floor Ruang Kerja Kantoran

Apabila luas kantor ini terbatas, kamu bisa menambahkan ruangan Mezzanine sebagai ruang kerja kantoran.  Area kerja bisa dibangun diatasnya, dan ruang lainnya di bawahnya. Kamu bisa menambahkan berbagai dekorasi menarik seperti tangga yang elegan atau bentuk lantai yang menyesuaikan ruang kerja.

Nantinya ruang kerja akan lebih fungsional dibandingkan dengan menambah lantai pada bangunan. Tidak hanya itu, Mezzanine jauh lebih praktis jika dibandingkan dengan ruang kerja lain yang ada di ruangan.

4. Lantai Mezzanine Jembatan Penghubung

Jika kamu ingin menambah estetika rumah impian, kamu bisa membangun Mezzanine untuk menghubungkan antara kamar satu dengan kamar lainnya. Dalam suatu bangunan mezzanine ini bisa dibuat memanjang layaknya jembatan.

Nantinya kamar satu dengan kamar lainnya akan terhubung satu sama lain dengan jembatan yang alasnya terbuat dari mezzanine. Jembatan ini juga bisa menjadikan rumah terkesan lebih estetik,dan elegan. 

5. Mezzanine Floor untuk Pantry

Ingin merasakan suasana restoran atau cafe? Kamu bisa membuat Mezzanine dengan model pantry. Ruangan bawah bisa menjadi dapur, yang kemudian diatasnya menjadi pantry. Kamu bisa merasakan suasana restoran ala rumah yang terasa sangat elegan.

Tidak hanya itu, pantry bisa digunakan jika kamu mengundang  teman-temanmu hadir untuk makan malam. Selain makan malam, kamu juga bisa menggunakan pantry untuk acara makan bersama dengan keluarga.

6. Mezzanine Sudut Ruangan

Jika kamu tidak memiliki ruangan yang besar, tetapi memiliki langit-langit yang tinggi. Kamu bisa membuat Mezzanine di sudut ruangan. Mezzanine jenis ini akan digunakan sebagai ruang baca atau tempat tidur.

Di sudut ruangan yang nyaman kamu akan merasakan kesunyian yang damai. Dengan penggunaan sudut ruangan, rumahmu akan terlihat fungsional dan praktis.

7. Model Private Mezzanine

Ingin membuat ruangan meditasi? Kamu bisa menggunakan lantai Mezzanine untuk membangun ruang mediasi. Ruangan private ini hanya bisa kamu pakai sendirian dengan kesunyian tanpa adanya orang lain. cara untuk membangun ruangan private ini cukup mudah.

Kamu hanya perlu menggunakan kaca transparan sebagai dindingnya, yang nantinya bisa ditambahkan tirai untuk menutupi kaca tersebut.

Kamu juga bisa menggunakan lantai kaca untuk melihat keadaan di bawah ruangan. Dengan begitu ruang private bisa kamu buat dengan mudah.

Itulah 7 jenis lantai Mezzanine  yang bisa kamu gunakan untuk menambah fungsionalitas rumah. Rumah yang menggunakan Mezzanine ini terkesan jauh lebih praktis tanpa harus merenovasi ulang untuk menambah lantai rumah.

Semoga dengan ini kamu bisa menggunakan Mezzanine sebagai solusi  dari pemakaian  ruangan.

Ikuti tulisan menarik ahmad kholidin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB