Pendidikan Indonesia Menguatkan Bangsa - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Marcellahs 173

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Februari 2022

Selasa, 1 Maret 2022 17:15 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Pendidikan Indonesia Menguatkan Bangsa

    Pendidikan merupakan budaya dan pondasi utama untuk membangun peradaban bangsa. pendidikan mempunyai arti penting untuk kesejahteraan masa depan warganya.Dengan adanya pendidikan yang kokoh akan mencapai tingkat kemajuan kebudayaan dan teknologi. Sehingga dapat memajukan bangsa, dengan adanya pendidikan semua warga akan memiliki moral yang baik dan Budi pekerti, tidak hanya itu dengan adanya pendidikan yang semula bodoh menjadi pintar, dapat mengetahui perkembangan zaman.

    Dibaca : 2.189 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pendidikan merupakan budaya dan pondasi utama untuk membangun peradaban bangsa. pendidikan mempunyai arti penting untuk kesejahteraan masa depan warganya. Dengan adanya pendidikan yang kokoh akan mencapai tingkat kemajuan kebudayaan dan teknologi. Sehingga dapat memajukan bangsa. Dengan adanya pendidikan semua warga akan memiliki moral yang baik dan Budi pekerti. Tidak hanya itu dengan adanya pendidikan yang semula bodoh menjadi pintar, dapat mengetahui perkembangan zaman. 

    Namun pendidikan yang ada di Indonesia saat ini masih menjadi permasalahan karena masih adanya anak bangsa yang belum mendapatkan pendidikan yang sebagaimana mestinya. Selain itu ada juga sebagian tidak mendapatkan pendidikan sama sekali atau bisa dikatakan belum pernah mencicipi bangku sekolah. Hal ini diduga karena masih banyaknya anak yang terlantar akibatnya mereka tidak bisa melaksanakan pendidikan, hal ini sangat memprihatinkan. Sebenarnya mereka mempunyai hak yang sama dengan anak-anak yang sudah mendapatkan pendidikan layak seperti contoh anak orang kaya atau orang mampu. Arah bangsa serta kesuksesannya nantinya berada pada tangan mereka karena merekalah yang nantinya akan menjadi penerus perjuangan bangsa.

    Telah disebutkan bahwasanya hak asasi warga negara ialah hak yang harus mereka dapatkan contoh nya ialah pendidikan, namun ada beberapa dari mereka yang belum mendapatkan kan hak tersebut. Akibatnya mereka kehilangan cita - cita yang selama ini ia genggam. anehnya, hingga saat ini peluang terbesar untuk mendapatkan pendidikan yang layak hanya berada pada anak orang kaya dan pintar.

    Ada juga faktor pendukung lainnya untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik ialah dengan bermodalkan kemampuan ekonomi yang lebih dari cukup, didukung dengan kemampuan berpikir tinggi. Bagi mereka yang mempunyai dukungan tersebut berpeluang besar untuk bisa memasuki sekolah - sekolah elit, berkualitas, berstandar nasional hingga internasional. Bagi sekolah elit akan tersedianya sarana prasarana yang lengkap untuk mewujudkan pendidikan yang mapan sehingga menciptakan lingkungan belajar - mengajar yang kondusif.

     

    Pendidikan ini sangat menguatkan bangsa Indonesia, dengan adanya pendidikan akan melestarikan kebudayaan yang ada. Dengan adanya pendidikan maka warga diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan yang ada dimulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/ Kejuruan (SMA/SMK), Sampai universitas bagi yang ingin dan mampu. Karena pada masa saat ini tanpa ijazah kita tidak mendapatkan pekerjaan yang layak, maka dari itu warga dihimbau untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Misi pendidikan adalah mewariskan ilmu dari generasi ke generasi selanjutnya. Ilmu yang dimaksud ialah : ilmu tradisi, pengetahuan, dan nilai – nilai budaya ( keberadaban).

     

    Hal ini Pemerintah menjadi sorotan pertama untuk masalah pendidikan yang ada di Indonesia agar semua Warga Negara Indonesia mendapatkan pendidikan yang layak dari orang miskin hingga orang kaya, karena saat ini banyak hal yang membuat pendidikan melenceng dari cita – cita bangsa. Pertama, tak terjangkau nya rakyat miskin membuat mereka tidak bisa mencicipi pendidikan yang layak. kedua adanya sistem pendidikan yang tidak memperdayakan. Ketiga, kurangnya orientasi pendidikan moral hal ini bisa dibuktikan dengan melihat anak – anak yang bertindak amoral sehingga bisa dikatakan tidak berbudi pekerti.

     

    Berbicara tentang pendidikan saat ini bahwa UUD pasal 31 ayat 1 dan 2 setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Dengan bantuan dari pemerintah dan negara akan membuat semua orang mendapatkan haknya, tetapi masih ada juga yang masih belum terjangkau nya rakyat miskin, harapannya semoga semuanya akan mendapatkan pendidikan yang layak serta terjangkau nya rakyat miskin sehingga dapat membantu kehidupan nya.

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.