Mahasiswa KKN MBKM Unej Peduli Pengembangan Website Desa Sukojember - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Pendampingan dalam pengajuan domain desa.id

KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Senin, 18 April 2022 22:28 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa KKN MBKM Unej Peduli Pengembangan Website Desa Sukojember

    Artikel menjelaskan tentang proses pendampingan mahasiswa KKN MBKM UNEJ oleh Arfian Alwi Firmansyah dengan DPL dr. Yudha Nurdian, M. Kes. Pengembangan yang bertujuan menciptakan ekosistem digitalisasi desa.

    Dibaca : 790 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sukojember,Jelbuk- Mahasiswa KKN Tematik MBKM Unej Membangun Desa (UMD) dengan tema Pengambangan Masyarakat Berbasis TIK oleh coordinator Arfian Alwi Firmansyah dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dr. Yudha Nurdian, M. Kes. di desa Sukojember membantu dalam pembuatan website desa yang berguna menunjang kinerja desa serta membantu masyarakat dalam mengurus surat meyurat dengan mudah.

    Pada saat ini, pengembangan desa melalui website belum banyak dilakukan oleh desa-desa. Website desa merupakan salah satu tujuan dari SGDS Desa yang ingin dicapai yaitu Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai kebutuhan. Kendala yang dialami seperti SDM yang belum mumpuni dan belum banyak meiliki pengalaman dalam pengembangan website desa. Kendala yang lain yaitu tentang domain yang didaftarkan. Kementerian kominfo untuk saat ini sudah menyediakan domain desa.id yang dapat diakses oleh pemerintahan desa khususnya yang disalah satu pemerintahan desanya belum terdapat PNS. Domain go.id harus memiliki persyaratan yaitu salah satu pegawai pengurus harus mempunyai SK PNS.

    Domain desa.id merupakan domain yang diperuntukan untuk pemerintahan desa karena memang khusus digunakan untuk membuat website desa sehingga hal tersebut tidak lagi sulit dikarenakan adanya undang-undang untuk membangun desa melalui website. Website desa dapat dijadikan sumber infirmasi resmi atau tentang suatu desa. Informasi tersebut bisa berupa nama desa, alamat lengkap, aparat pemerintahan, dan yang lainnya.

    Website desa ini berguna supaya  setiap warga desa bisa mengaksesnya secara online dengan mudah, tanpa adanya website, masyarakat akan mencari data terkait desa dari pihak lain, dan ditakutkan ke orang yang tidak tepat sehingga muncul suatu permasalahan. Penyebaran informasi aktual tentang desa juga akan lebih mudah melalui website secara online. Website yang terintegrasi dengan kominfo dipastikan menjadi portal berita yang kredibel. Hal ini tentu penting untuk proses tersebarnya informasi, pencegahan adanya hoax dan penyebaran informasi yang darurat. Website desa juga dapat mempromosikan ke pihak luar tentang apa saja potensi yang dapat digali di desa tersebut sehingga diharapkan dapat mendatangkan investor yang datang ke desa.

    Pembuatan website dimulai dengan pembuatan surat permohonan domain oleh pemerintah desa dan surat kuasa yang nantinya pegawai pemerintah yang bertanggung jawab untuk mengelola website desa. Surat permohonan nantinya di tanda tangani oleh kepala desa dari Sukojember. Pegawai pemerintahan desa yang bertanggung jawab akan mengelola web yaitu Bapak Fariz selaku Bendahara Desa. Kegiatan minggu kedua dari KKN TEMATIK MBKM UNEJ MEMBANGUN DESA dengan tema pengembangan masyrakat berbasis TIK yaitu persiapan awal untuk pendaftaran domain yang terintregasi oleh kominfo. Kegiatan merupakan kegiatan pendampingan pegawai pemerintahan desa oleh mahasiswa dalam pendaftaran domain. Kegiatan akan dilanjutkan dengan pemilihan hosting dan pembuatan website.

    Sebagai penutup website desa ini diharapkan nantinya dapat membantu pemerintahan desa dan warga desa khususnya desa Sukojember. Hal lain yang diharapkan yaitu kemudahan dalam mensinkronkan data desa pada website sehingga akan otomatis saat ingin mengurus surat dengan keperluan dan dengan siapa surat nantinya disuguhkan.

    Ikuti tulisan menarik KKN MBKM UMD 2022 KELOMPOK 7 lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.