Dosen Universitas Pamulang Gelar PKM di SMK Wisata Harapan Massa Depok Bertemakan Internet Sehat dan Gadget Care - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Foto Bersama Dengan Peserta PKM

Leni Susanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 November 2021

Kamis, 28 April 2022 06:13 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Dosen Universitas Pamulang Gelar PKM di SMK Wisata Harapan Massa Depok Bertemakan Internet Sehat dan Gadget Care


    Dibaca : 625 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sabtu, 24 April 2022. Kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh para dosen tidak terkecuali dosen Universitas Pamulang prodi Teknik Informatika. Kali ini kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan di salah satu sekolah menengah kejuruan daerah depok yaitu SMK Wisata Harapan Massa.

    Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertemakan "Penyuluhan Internet Sehat Dan Gadget Care Bagi Para Siswa-Siswi SMK Wisata Harapan Massa Depok." Tema ini diambil dikarenakan saat ini para generasi Z seperti para siswa-siswi harus mendapatkan penyuluhan terkait bahaya internet jika tidak disikapi dengan baik dan benar. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari adanya penggunaan internet yaitu adanya pencurian data, Cyber Bullying, plagiasi bahkan sampai menjadi kecanduan akan internet.

    Kegiatan ini dilakukan oleh sejumlah dosen Universitas Pamulang prodi Teknik Informatika yang diketuai oleh Bapak Khairudin S.Kom, M.Kom dan beranggotakan Ibu Leni Susanti S.Kom, M.Kom, Bapak Zainudin S.Kom, M.Kom serta dibantu oleh para mahasiswa diantara yaitu Roiqhatul Inayah, Fathan Qorib, Oxifianes Andreas, Muhammad Azis Bintoro dan Abdi Kurniawan dengan dihadiri Kepala Sekolah dan para siswa-siswi SMK Wisata Harapan Massa Depok.

    Sambutan Ketua PKM a.n Bapak Khairudin

    Dalam sambutannya Bapak Khairudin S.Kom, M.Kom menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna untuk memberikan pengarahan dan edukasi kepada para peserta agar dalam menggunakan internet selalu mengikuti aturan dan norma yang baik supaya dapat meminimalisir adanya dampak negatif yang akan ditimbulkan. "Kami berharap dengan adanya penyuluhan internet sehat ini, dapat membuka pengetahuan para siswa-siswi disini agar lebih peduli untuk selalu menggunakan internet secara baik dan benar, sehingga tidak menimbulkan dampak negatif kedepannya," kata Bapak Khairudin dalam sambutannya.

    Penyampaian Materi PKM oleh Bapak Zainudin S.Kom, M.Kom

    Penyampaian Materi PKM oleh Bapak Zainudin S.Kom, M.Kom

    Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu Bapak Zainudin S.Kom, M.Kom. Dalam memaparkan materinya Bapak Zainudin menjelaskan beberapa topik yaitu diantaranya :

    1. Penjelasan dan sejarah mengenai internet
    2. Dampak positif dan dampak negatif dalam berinternet

    3. Cara mengatasi dan melaporkan jika terjadi cyberbullying

     

    Setiap selesai pemaparan materi, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya atau menjawab pertanyaan dari narasumber dan kemudian memberikan hadiah bagi yang bertanya maupun yang menjawab pertanyaan, hal ini dilakukan agar para peserta dan anggota terjalin komunikasi yang efektif dan saling memberikan feedback.

    Pemberian souvenir kepada perwakilan SMK Wisata Harapan Massa Depok

    Setelah serangkaian acara sudah dilakukan, kegiatan berikutnya adalah memberikan souvenir atau kenang-kenangan kepada pihak SMK Wisata Harapan Massa, penerima kenang-kenangan diwakili oleh salah satu guru dari SMK Wisata Harapan Massa yaitu Bapak Pandu. "Saya sangat berterima kasih kepada para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang, telah memberikan edukasi kepada kami tentang bahaya-bahaya yang dapat ditimbulkan dalam berinternet, meskipun saat ini dengan adanya internet manusia dapat beraktifitas dan mendapatkan informasi dengan mudah, namun hal tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan yang baik, agar dampak negatif tersebut dapat kami hindari. Harapan kami kedepannya kegiatan pengabdian seperti ini akan terus dilakukan, dan kami sangat welcome jika dari para dosen ingin melakukan kegiatan lagi disini dengan tema yang berbeda," ucap Bapak Pandu dalam sambutannya.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.