Peran dan Manfaat Sastra Demi Membentuk Karakter Bangsa - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Sastra berperan penting dalam pendidikan karakter karena pada dasarnya karya sastra membicarakan berbagai nilai hidup dan kehidupan yang berkaitan langsung dengan pembentukkan karakter manusia.

arief ramli

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Mei 2022

Senin, 9 Mei 2022 14:32 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Peran dan Manfaat Sastra Demi Membentuk Karakter Bangsa


    Dibaca : 3.577 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Sastra bukan hanya karya yang ditorehkan pada secarik kertas, tetapi juga turut berperan penting pada pembentukan karakter, terkhusus karakter bangsa. Dengan membaca sastra ditambah dengan memaknainya, karakter bangsa akan terbentuk sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra tersebut. Oleh karena itu, apresiasi sastra dalam suatu pembelajaran merupakan salah satu upaya pembentukan karakter bangsa. Hal tersebut dibuktikan bahwa sastra sebagai media pembelajaran dalam lingkup Pendidikan dapat mengasah emosi, mental, serta perasaan peserta didik.

    Selain itu, sastra dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar bagi para pengajar dengan mengembangkan minat, bakat, kemampuan, kemauan, keterampilan, kepribadian, serta cara berbudi bahasa dan berprilaku santun. Peran sastra dalam Pendidikan karakter dapat direfleksikan melalui narasi cerita dan tokoh yang dihadirkan oleh pengarang melalui karyanya. Melalui karya sastra, karakter pembaca akan terasah secara perlahan. Di sinilah letak energi positif akan disalurkan sastra kepada para pembaca dan secara tidak langsung akan terjadi proses transformasi added value secara sosiologis maupun psikologis (dilansir dari wordpress.com)

    Fungsi dan manfaat juga tentunya terkandung dalam sastra. Dalam kehidupan masyarakat, sastra berguna untuk menajamkan nurani, berempati pada orang lain, dan masih banyak lagi. Dilansir dari pelayananpublik.id, berikut beberapa fungsi dan manfaat yang ada dalam sastra.

    1.    Fungsi Reaktif
    Fungsi reaktif yang berarti sastra dapat memberi hiburan bagi para pecintanya, sebagai contoh cerita-cerita lucu yang humoris atau bahkan kisah inspiratif yang edukatif.

    2.    Fungsi Didaktif
    Fungsi didaktif berarti bersifat edukatif. Di dalamnya biasa terdapat beberapa unsur dan nilai moral yang bisa dipetik dalam kehidupan nyata.

     


    3.    Fungsi Estetis

    Estetis bermakna indah atau keindahan. Sastra adalah tulisan yang indah, sehingga bisa dikatakan sastra mempunyai nilai estetika yang sehingga dapat dirasakan. Hal itu memberikan efek positif bagi para pecintanya.


    Selain fungsi, sastra juga memiliki beberapa manfaat, lho. Berikut beberapa manfaat sastra, yaitu:

    A.    Menghibur diri dan mengurangi tekanan;
    B.    Memperkaya jiwa dan emosi;
    C.    Memperkaya pengetahuan;
    D.    dan mengenali nilai suatu tradisi dari generasi ke generasi.

    Ikuti tulisan menarik arief ramli lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.