Suplemen Apa yang Harus Saya Konsumsi Setiap Hari agar Tetap Sehat? - Urban - www.indonesiana.id
x

image: Harvard Health

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Kamis, 19 Mei 2022 08:14 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Suplemen Apa yang Harus Saya Konsumsi Setiap Hari agar Tetap Sehat?

    Terkadang, memiliki terlalu banyak pilihan suplemen di pasaran bisa membuat Anda kewalahan. Jika Anda masih bertanya pada diri sendiri suplemen apa yang harus dikonsumsi, teruslah membaca.

    Dibaca : 583 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Memiliki nutrisi berkualitas setiap hari adalah kunci untuk tetap sehat dan bugar. Banyak orang bertanya-tanya apakah mengonsumsi suplemen diperlukan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jawaban atas pertanyaan ini terletak pada banyak faktor. Begini masalahnya: tidak ada pendekatan hitam dan putih dalam hal mengonsumsi suplemen, tetapi jika Anda bertanya-tanya apakah Anda memerlukan suplemen atau tidak, saya akan membantu mengklarifikasi beberapa kekhawatiran Anda.

    Terkadang, memiliki terlalu banyak pilihan suplemen di pasaran bisa membuat Anda kewalahan. Jika Anda masih bertanya pada diri sendiri suplemen apa yang harus dikonsumsi, teruslah membaca.

    Suplemen Apa yang Harus Saya Konsumsi?

    Ketika Anda meraih botol vitamin atau minyak ikan itu, misalnya, Anda bertanya-tanya apakah salah satu dari ini akan berhasil dan apakah aman. Nah, hal utama yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah apakah Anda membutuhkannya sejak awal. Dan sebenarnya, ada banyak sekali suplemen untuk kebutuhan yang berbeda.

    Tubuh kita membutuhkan semua nutrisi yang diperlukan, seperti vitamin, mineral, protein, lemak sehat, dan serat setiap hari. Sumber terbaik untuk nutrisi ini adalah makanan asli. Tidak ada yang bisa mengalahkan gaya hidup seimbang yang mencakup makanan utuh berkualitas. Namun kenyataannya kebanyakan orang tidak memenuhi kebutuhan minimal zat gizi tertentu, terutama vitamin dan mineral.

    Bahkan dengan serat, orang berjuang untuk makan cukup buah, sayuran, dan biji-bijian, misalnya. Itu sebabnya Anda dapat melihat banyak gejala seperti masalah pencernaan dan kekurangan energi.

    Suplemen datang ke dalam gambar untuk membantu tubuh Anda memenuhi semua nutrisi yang diperlukan. Itu juga membantu menghindari kekurangan. Suplemen bahkan dapat memperkuat tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme Anda. Ada banyak manfaat dari mengonsumsi suplemen. Jawaban apakah Anda perlu meminumnya tergantung pada banyak hal lain.

    Haruskah Saya Berinvestasi dalam Suplemen?

    Sebelum saya menyarankan daftar jenis suplemen yang harus Anda konsumsi, inilah yang harus Anda ingat. Suplemen hanyalah bantuan untuk gaya hidup makan yang sehat. Dengan kata lain, Anda harus selalu bertujuan untuk makan lebih sehat, memvariasikan piring Anda, dan memiliki cukup makanan utuh dalam diet Anda. Itu sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memenuhi setidaknya kebutuhan nutrisi minimum.

    Anda tidak harus berinvestasi dalam suplemen untuk mendapatkan nutrisi utama Anda. Selalu fokus pada makanan berkualitas sebelum Anda melengkapi diet Anda. Sekarang, suplemen dapat memperkuat apa yang Anda kurang dalam gaya hidup makan Anda. Karena itu, saya suka selalu memiliki semacam multivitamin kompleks.

    Secara umum, jika Anda memiliki gaya hidup makan yang tepat, tidak wajib untuk berinvestasi dalam suplemen. Namun, ada kasus tertentu, misalnya, wanita hamil, di mana kami menyarankan untuk mengonsumsi suplemen. Selalu pastikan bahwa Anda memeriksakan diri ke dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen dalam bentuk apa pun.

    Mengapa Saya Membutuhkan Suplemen? Mana yang Penting?

    Di bawah ini adalah alasan paling umum mengapa Anda mungkin perlu mengonsumsi suplemen dan mana yang harus Anda coba.

    1. Membatasi Gaya Hidup Makan

    Sebagai pemerhati gizi, saya jarang merekomendasikan siapa pun untuk menjalani diet ketat. Bahkan, saya melarangnya sama sekali. Hal terbaik adalah Anda menganut gaya hidup makan seimbang karena ini adalah cara untuk memastikan Anda tetap memiliki berat badan yang sehat dan memiliki metabolisme yang baik. Itulah alasan mengapa saya tidak suka menghapus seluruh kelompok makanan dari diet orang.

    Namun, saya juga memahami gaya hidup makan yang beragam. Misalnya, ada sebagian besar orang yang secara aktif berubah ke gaya hidup vegan. Jika Anda seorang vegan mentah atau nabati, Anda mungkin perlu menambahkan vitamin tertentu. Karena makanan hewani seperti susu, daging tertentu, dan unggas memiliki vitamin dan mineral penting seperti B12, zat besi, dan asam folat, maka Anda mungkin memiliki lebih sedikit asupan ini dalam makanan nabati. Ada banyak perdebatan di bidang ini terkait dengan pola makan nabati, tetapi pada dasarnya, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen.

    Seperti yang saya katakan tentang diet ketat, menghilangkan seluruh kelompok makanan dapat menyebabkan Anda menderita masalah tertentu seperti kekurangan energi, sembelit, berkurangnya otot, dan fungsi otak yang lebih rendah. Sebelum Anda mencoba jenis diet apa pun di luar sana, pastikan Anda memiliki hubungan yang lebih baik dengan makanan dan berkonsultasilah dengan ahli kesehatan. Secara keseluruhan, kompleks multivitamin yang baik harus cukup baik untuk memenuhi semua kebutuhan Anda. Pilih yang menyediakan vitamin B kompleks dan mineral seperti zat besi, asam folat, kalsium, magnesium, dan seng.

    2. Memperkuat Asupan Nutrisi

    Memang benar bahwa makan makanan yang tepat sangat penting untuk tubuh Anda. Selain itu, makanan olahan tertentu, seperti susu, sereal, dan lainnya diperkaya dengan vitamin dan mineral tertentu. Manfaatkan juga jenis makanan sehat ini.

    Jika Anda merasa kekurangan nutrisi tertentu, maka mengonsumsi multivitamin adalah pilihan yang baik. Bukan hanya karena itu akan membantu Anda mencapai tujuan Anda, tetapi juga akan memastikan bahwa tubuh Anda memiliki lebih banyak energi dan kinerja yang lebih baik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mengonsumsi suplemen untuk memperkuat gaya hidup makan sehat Anda. Selain multivitamin, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen serat jika Anda mengalami masalah pencernaan atau Anda merasa tidak cukup makan makanan nabati.

    3. Kondisi Khusus

    Ada kasus atau tahapan tertentu dalam hidup ketika Anda mungkin perlu mengkonsumsi suplemen. Misalnya, wanita hamil membutuhkan vitamin dan mineral tertentu dalam jumlah yang lebih tinggi, seperti zat besi dan asam folat. Orang tua juga harus mengkonsumsi beberapa suplemen karena tubuh mereka menyerap nutrisi lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang lebih muda. Itu sebabnya minuman protein, multivitamin, dan omega-3 tertentu diresepkan untuk kelompok usia ini. Juga, orang yang memiliki masalah kesehatan kronis tertentu atau menjalani operasi mungkin memerlukan suplemen.

    Wanita yang mengalami menopause juga sering diharuskan mengonsumsi suplemen. Jika Anda termasuk dalam kelompok usia ini, Anda mungkin perlu berbicara dengan dokter Anda tentang suplemen untuk menyeimbangkan kadar hormon Anda. Ingatlah bahwa tidak semua suplemen dibuat sama, dan beberapa bahan mungkin memiliki efek samping. Ini terutama benar jika Anda menggunakan resep. Selalu cek dulu.

    4. Tujuan Kebugaran

    Siapa yang tidak ingin meningkatkan hasil kebugaran mereka? Orang yang berlatih di gym sering bertanya apakah mereka perlu mengonsumsi suplemen protein. Semuanya bermuara pada dasar-dasarnya: makanlah dengan sehat dan jadikan itu sebagai prioritas. Namun, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen berdasarkan tujuan Anda.

    Apakah Anda ingin membakar lemak, membentuk otot, atau seorang atlet, suplemen dapat memperkuat dan mempercepat hasil Anda. Tetapi ada satu hal: Anda harus selalu melakukannya dengan cara yang benar dan tidak hanya mengandalkan suplemen untuk hasil kebugaran. Semuanya berjalan beriringan, dan ini masalah keseimbangan dan moderasi.

    Berikut adalah beberapa suplemen yang dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan kinerja otot, pertumbuhan, dan pembakaran lemak:

    •    Protein whey
    •    L-glutamin
    •    Asam amino rantai cabang
    •    Multi-vitamin kompleks dan minyak ikan
    •    Minyak MCT

    Suplemen ini, ditambah dengan diet yang baik, membantu memberikan perkembangan otot yang stabil, meluruhkan lemak, dan menjaga metabolisme yang sehat untuk hasil yang lebih baik. Anda harus aktif untuk melihat manfaatnya. Ini akan memastikan tubuh Anda menggunakan nutrisi secara efektif dan tidak disimpan sebagai lemak.

    Ada beberapa suplemen hebat lainnya yang dibuat untuk meningkatkan tingkat energi dan meningkatkan efisiensi otot. Berikut beberapa contohnya:

    •    Guarana
    •    Ginko biloba
    •    Ginseng
    •    Kreatin
    •    Sitrulin

    Ini adalah penguat energi alami. Kafein juga melakukan pekerjaan yang baik untuk meningkatkan tingkat energi Anda. Suplemen ini harus menjadi pelengkap diet sehat, atau jika Anda berjuang dengan kinerja energi yang rendah saat berolahraga.

    Berbicara tentang energi, terkadang, kebiasaan gaya hidup sederhana seperti tidur lebih nyenyak dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan Anda. Jadi, pastikan Anda juga mengerjakan area lain dalam hidup Anda ini dan tidak hanya mengandalkan suplemen.

    5. Kecantikan dan Perawatan Diri

    Anda juga dapat menemukan suplemen untuk perawatan pribadi. Beberapa membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda, yang lain untuk pertumbuhan rambut dan kuku.

    Misalnya, kolagen dan multivitamin yang biasa digunakan untuk kecantikan dan perawatan kulit. Karena kolagen adalah protein utama kulit kita, kita perlu memastikan tubuh kita memiliki cukup untuk tetap bersinar dan sehat. Kolagen juga memiliki efek yang kuat pada kecantikan kulit dan anti-penuaan. Anda dapat dengan mudah menambahkan protein ini ke minuman dan makanan Anda untuk meningkatkan kolagen kulit Anda sendiri.

    Jika Anda tidak tahu, menambahkan kolagen ke rejimen Anda setelah Anda berusia 25 tahun dapat membantu memperlambat efek penuaan. Pada usia itu, kulit kita menghasilkan lebih sedikit kolagen, dan kita kehilangan elastisitas kulit. Oleh karena itu, ini adalah tambahan yang bagus untuk suplemen dan rutinitas perawatan kulit Anda.

    Pikiran Akhir

    Anda harus selalu bertujuan untuk memiliki pola makan yang sehat sebelum memikirkan suplemen apa yang Anda butuhkan. Kedua, menilai apa gaya hidup dan tujuan kesehatan Anda. Juga, tentukan apakah kondisi kesehatan dan/atau kebugaran Anda mengharuskan Anda menambahkan suplemen.

    Ingatlah bahwa tujuan Anda adalah mendapatkan cukup protein, serat, vitamin, dan mineral. Jika diet Anda kekurangan salah satu dari ini, carilah penilaian tentang cara mendapatkan nutrisi ini.

    ***
    Solo, Rabu, 18 Mei 2022. 3:49 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.










    Oleh: web seo

    Minggu, 26 Juni 2022 12:08 WIB

    Cara Membersihkan Thorttle Body pada Motor

    Dibaca : 490 kali