x

Iklan

Insani Miftahul Janah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2022

Selasa, 24 Mei 2022 06:18 WIB

Manfaat Latihan Soal AKM di Kejarcita.id

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan inovasi terbaru di dunia pendidikan Indonesia menggantikan Ujian Nasional (UN). Sebagai upaya untuk mengevaluasi kompetensi siswa sekaligus penjamin mutu kualitas pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan AKM sangat berbeda dibandingkan UN, karena lebih berfokus pada menguji kemampuan literasi dan numerasi siswa. Oleh karena itu, pentingnya membiasakan siswa dengan latihan soal akan membuat mereka lebih siap dalam menghadapi AKM. Berikut manfaat latihan soal AKM bagi siswa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Asesmen kompetensi minimum, yang kemudian disingkat AKM menjadi konsep baru untuk mengevaluasi kemampuan siswa. Sebagai pengganti dari ujian nasional, pelaksanaan AKM ini akan sangat berbeda. Bila dibandingkan dengan ujian nasional, di mana kelulusan siswa atau tidaknya ditentukan berdasarkan total keseluruhan nilai yang diperoleh siswa pada saat ujian. Sedangkan hasil penilaian AKM tidak menentukan kelulusan siswa. Terlebih pelaksanaan AKM bukan seperti halnya ujian nasional yang ditujukan pada tingkat akhir tiap jenjang, melainkan untuk kelas 5, 8 dan 11.

AKM merupakan salah satu kebijakan terbaru dari kurikulum merdeka yang diusung oleh Kemdikbud. Bukan tanpa alasan, AKM ditetapkan sebagai upaya pemerintah untuk melakukan transformasi pembaharuan sistem pendidikan di Indonesia. Selain itu, kebijakan ini juga mendukung perbaikan dari hasil tes yang dilaksanakan OECD pada tahun 2018. Dari hasil tes PISA menunjukkan bahwa kemampuan literasi, numerasi dan sains siswa termasuk cukup rendah. Oleh karenanya, AKM diterapkan menggantikan ujian nasional. Pelaksanaan asesmen ini lebih menitikberatkan pada penilaian kompetensi siswa dalam hal literasi dan numerasi.

Dengan begitu AKM menjadi inovasi terbaru, sebagai penjamin mutu terkait evaluasi pendidikan bagi siswa. AKM juga dirancang dalam suatu sistem yang menghasilkan informasi akurat berkaitan dengan kualitas belajar mengajar di sekolah. Perbedaan latar belakang, tujuan hingga pelaksaanaan AKM dibandingkan ujian nasional, membuat soal-soal AKM berbeda pula dengan ujian nasional. Baik bagi guru maupun siswa, untuk menghadapi AKM ini dibutuhkan kesiapan serta belajar dengan cara yang mungkin akan berbeda juga.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cara untuk mempersiapkan diri dalam pelaksanaan AKM yaitu dengan mengerjakan berbagai contoh soal AKM. Latihan soal merupakan metode belajar yang cukup efektif dan sederhana bagi siswa. Pada saat latihan soal, siswa dapat mengerti topik yang sudah atau kurang dipahaminya, mengasah keterampilan untuk mencari tahu, hingga lebih fokus dalam mempelajari materi tertentu. Semakin sering siswa mengerjakan latihan soal, semakin banyak membantu siswa belajar.

Saat ini dengan semakin mudahnya akses informasi dan teknologi, tentu menguntungkan bagi siswa, sehingga bisa berlatih mengerjakan soal dari berbagai sumber. Salah satu sumber lengkap untuk belajar mandiri dan latihan soal melalui platform khusus pembelajaran. Ada beberapa platform pembelajaran yang dapat diakses siswa dengan mudah, salah satunya kejarcita.id.

Kejarcita.id merupakan solusi teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita. Di dalamnya terdapat fitur lengkap untuk membantu siswa dalam belajar. Ada puluhan ribu bank soal untuk latihan siswa, fitur tanya jawab hingga akses materi pembelajaran yang menarik dalam bentuk video animasi juga rangkuman. Tidak hanya diperuntukkan bagi siswa, platform kejarcita.id juga memudahkan tugas-tugas guru. Seperti adanya fitur RPP Merdeka Belajar, absensi, kirim tugas, kuis atau materi dan lainnya.

Manfaat Latihan Soal AKM di Kejarcita

Kejarcita.id dirancang sesuai dengan visi misinya, yaitu kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia. Dengan memberikan layanan dan akses terbaik sesuai kebutuhan pendidikan Indonesia saat ini. Salah satu kebutuhan utama pendidikan Indonesia ialah menyambut merdeka belajar. Hal tersebut relevan dengan membantu siswa dalam mempersiapkan dirinya dalam mengikuti pelaksanaan AKM. Oleh karena itu, bank soal di kejarcita.id juga semakin dilengkapi dengan soal-soal AKM. Siswa dapat mengerjakan latihan soal AKM di kejarcita.id. Yuk simak, berikut ini manfaat bagi siswa, jika latihan soal AKM di Kejarcita.id:

1. Mengenal Soal-soal AKM

Soal-soal AKM menguji siswa lebih fokus pada kemampuan literasi dan numerasi. Tentunya soal-soal yang dikerjakan sangat berbeda bila dibandingkan ujian nasional. Dengan latihan soal AKM, siswa bisa melakukan simulasi asesmen sekaligus mengenal bentuk-bentuk soalnya. Saat mengerjakan soal AKM, ada beberapa bentuk soal, seperti pilihan ganda, esai dan menjodohkan. Di platform kejarcita.id, soal-soal AKM cukup lengkap disesuaikan dengan pelaksanaannya. Jadi siswa bisa mengenal dan mengerjakan soal AKM disini.  

2. Membiasakan Siswa Menghadapi Soal-soal AKM

Ciri khusus soal-soal AKM berisi seputar masalah dalam kehidupan sehari-hari. Seperti budaya, politik, ekonomi, hukum, sosial dan lainnya. Soal-soal tersebut merujuk pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah berkaitan dengan literasi dan numerasi. Bukan sekedar menghitung, membaca, dan menulis, namun juga menguji keterampilan siswa dalam bernalar kritis. Dengan latihan soal AKM, siswa terbiasa menghadapi soal-soal yang diberikan juga menghadapi masalah kehidupan sehari-hari.  

3. Mengetahui Keterampilan Literasi dan Numerasi

Dengan latihan soal AKM, keterampilan siswa dalam literasi dan numerasi dapat diketahui sudah sejauh mana. Metode ini cukup mudah digunakan dalam mengukur kemampuan siswa. Hasil yang diperoleh dari mengerjakan soal-soal AKM ini, akan membantu dalam menentukan perbaikan proses beajar yang diperlukan

4. Mengasah Kemampuan Siswa

Membiasakan siswa untuk mengerjakan latihan soal AKM akan membantunya mengasah kemampuan literasi dan numerasi. Pada awalnya, mungkin siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal. Namun, jika dibiasakan dapat meningkatkan kemampuan siswa dan membantunya belajar lebih baik daripada sebelumnya. Dengan begitu, harapannya kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi semakin terasah.

5. Referensi untuk Memperbaiki Pemahaman Materi

Mengerjakan contoh soal AKM, akan menambah referensi topik literasi dan numerasi yang perlu dipelajari oleh siswa. Ada topik tertentu yang mungkin sudah dipahami iswa, disamping itu ada pula materi lainnya yang belum dimengerti. Soal-soal AKM yang belum dipahami, mengharuskan siswa belajar lebih dalam dan mencari tahu mengenai materi yang berkaitan. Dengan begitu siswa bisa mencari jawaban, bertanya dan mempelajari materi dari berbagai sumber.

Sudah tahu manfaat latihan soal AKM nih, yuk tunggu apalagi segera manfaatkan platform kejarcita.id untuk belajarmu!

Ikuti tulisan menarik Insani Miftahul Janah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler