x

Iklan

Insani Miftahul Janah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Februari 2022

Selasa, 28 November 2023 12:11 WIB

Kejarcita.id, Situs Belajar Online Berbasis Web Melalui

Proses belajar kini bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Apalagi dengan perkembangan teknologi, siswa bisa mengakses materi pelajaran melalui situs atau platform pembelajaran digital. Salah satunya dengan kejarcita.id. Yuk simak selengkapnya situs belajar online yang direkomendasikan ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengajar adalah proses dinamis yang melibatkan komunikasi, interaksi, dan adaptasi terhadap perubahan serta kebutuhan anak. Tujuannya adalah membantu anak mencapai pemahaman yang mendalam, keterampilan, dan keterampilan sosial yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan mereka.

Proses mengajar umumnya butuh kesabaran ya, karena setiap anak punya karakteristik dan gaya belajarnya masing-masing. Jelas dong ini tantangan yang nggak gampang. Perlu setidaknya memahami materi, memikirkan cara mengajar yang tepat dan menyenangkan, belum lagi kalau mau menguji kira-kira mereka sudah paham atau belum?

Bisa diakui, mengajar tidaklah semudah kelihatannya. Tidak cukup sekadar menyampaikan materi, lalu anak hafal sudah selesai ngajarnya. Inti dari mengajar bukan hanya agar anak pintar materi pelajaran saja. Mengajar diharapkan mendorong anak punya karakter atau akhlak yang baik. Tak hanya itu, nilai-nilai kebaikan yang telah diajarkan juga dilakukan dalam ucapan, cara berpikir, dan perilakunya sehari-hari.

Gimana nih menurut kamu? Jadi maklum sekali ya kalau tetek bengek mengajar itu banyak. Pun perlu diperhatikan printilannya biar anak tetep semangat belajar dan mudah paham.

Kabar baiknya, biar proses mengajar anak nggak riweuh atau repot amat, kamu bisa memanfaatkan teknologi terkini buat mendukung belajarnya anak-anak.

Nah, di artikel kali ini mau membahas salah satu situs belajar online atau platform pembelajaran digital buat ngebantu proses mengajar edukers makin lancar dan menyenangkan. Platform ini memang ditujukan bagi guru, sekolah, dan siswa (wih lengkap yak). Meski begitu, orang tua juga bisa menggunakannya buat menemani anak-anak belajar makin seru dan bersemangat di rumah. Yuk, simak selengkapnya.

Tentang kejarcita.id

Kenalin dulu ya, situs belajar online atau platform pembelajaran digital ini namanya kejarcita.id.
Kira-kira edukers udah pernah ada yang pakai juga atau pertama kali ini baru dengar?

Sekilas tentang kejarcita.id ialah solusi teknologi pendidikan yang dikembangkan oleh PT Nota Kejar Cita, sebuah badan usaha sosial yang didirikan pada tahun 2017. Visi dari kejarcita.id adalah kesempatan pendidikan yang merata untuk semua anak Indonesia. Untuk mendukung visinya, mereka bermisi untuk memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia.


Berangkat dari visi misinya tersebut, kejarcita.id mengawali langkahnya dengan menyediakan akses pembelajaran secara gratis di beberapa daerah dan anak yang membutuhkan. Hingga kini, layanan dan fitur yang ada di kejarcita.id terus diperbaiki dan ditingkatkan. Hal itu merupakan usaha untuk mendukung pendidikan di Indonesia yang diharapkan dapat berkualitas lebih baik lagi.
 
Momen-momen yang tidak memungkinkan dalam belajar seperti saat pandemi Covid-19 terjadi juga menjadi kesempatan bagi kejarcita.id untuk memberikan solusi terbaik bagi pendidikan. Semisal dengan dukungan pembelajaran secara daring.
Nah, meskipun kini pandemi telah berakhir. Fitur-fitur kejarcita.id untuk mendukung kegiatan pembelajaran tetap masih relevan dan bisa digunakan kapanpun. Simak yuk fitur-fitur apa aja yang bisa digunakan untuk belajar dan mengajar di kejarcita.id

Fitur Belajar Mengajar di kejarcita.id

Proses belajar mengajar yang efektif dan efisien sebenarnya hanya melibatkan tiga siklus. Yaitu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi, Sesuai siklus pembelajaran itulah, fitur-fitur di kejarcita.id dibuat sedemikian rupa agar mendukung kegiatan belajar mengajar.



Pada tampilan awal, edukers bisa pilih 'Masuk' atau 'Daftar' ya. Bisa buat dulu akunnya jika belum memiliki. Kalau sudah ada, bisa langsung masuk dengan mengisikan email dan password yang digunakan untuk mendaftar.


Memasuki website-nya, akan muncul tampilan awal sebagai berikut:

Tampilan awal tersebut merupakan review apa saja yang bisa dilakukan edukers di situs belajar online dari kejarcita.id ini. Selain sesuai dengan siklus pembelajaran, fitur yang disediakan kejarcita.id saat ini juga disesuaikan dengan kebutuhan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Sebuah program nasional yang merupakan kebijakan baru dari pemerintah sebagai upaya mewujudkan visi pendidikan di Indonesia.
 
Oke, karena sudah melihat tampilan umum dari kejarcita.id yuk kita bahas lebih lanjut fitur-fitur di dalamnya untuk kebutuhan belajar ataupun mengajar.

Rencanakan



Pada menu 'Rencanakan', edukers bisa melihat beberapa fitur seperti capaian pembelajaran (CP), alur tujuan pembelajaran (ATP), Modul Ajar, Modul Proyek, RPP dan melakukan Asesmen Diagnostik.

Untuk CP merupakan panduan bagi guru atau orang tua, kita-kira anak-anak di jenjang kelasnya harus bisa memahami atau menguasai materi apa saja ya? Dengan memiliki panduan, edukers bisa mengajar materi yang sesuai dengan kesiapan diri anaknya. Sehingga tidak merasa terlalu berat dalam mempelajari suatu materi, atau juga terlalu ringan. Sedangkan ATP merupakan rincian dari CP yang telah ditentukan.

Sedangkan Modul Ajar, Modul Proyek, dan RPP bisa dikatakan memiliki kesamaan sebagai panduan merencanakan pembelajaran. Modul Ajar untuk materi pelajaran umum, Modul Proyek sebagai panduan melaksanakan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di sekolah. Kemudian untuk RPP ini dalam bentuk satu lembar yang memudahkan edukers dalam proses mengajar dari awal hingga akhir.

Laksanakan




Sesuai namanya, fitur 'Laksanakan' membantu edukers dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuannya untuk memudahkan anak dalam memahami suatu materi. Di sini tersedia video animasi, video materi pembelajaran, rangkuman, beberapa kuis untuk menguji pemahaman anak, lembar kerja, hingga presentasi interaktif.

Pada gambar ditampilkan beberapa kuis yang direkomendasikan oleh sistem saat kita memilih menu 'Kirim Kuis'. Bisa pilih saja mana kuis yang ingin dikerjakan.

Evaluasi




Terakhir pada siklus mengajar ada yang harus dilakukan ialah 'Evaluasi'. Melaksanakan evaluasi penting untuk mengetahui keberhasilan dalam cara mengajar ya edukers. Selain itu, kita juga dapat mengetahui perbaikan apa saja yang diperlukan dalam proses belajar berikutnya.

Umumnya evaluasi dilakukan dengan memberikan beberapa soal pada anak. Apakah anak mampu mengerjakan atau tidak? Apabila masih ada jawaban yang kurang tepat, maka bisa dilakukan pendalaman materi atau pengulangan mengerhjakan soal-soal.

Nah, di kejarcita.id sudah tersedia juga Bank Soal sejumlah lebih dari 90.000 butir soal lho. Jenisnya juga ada berbagai pilihan. Berupa pilihan ganda, isian singkat, uraian atau esai.

Nggak perlu khawatir ada kesalahan jawaban atau nggak paham kenapa jawaban soalnya itu. Karena semua soalnya dilengkapi pembahasan, jadi bisa mempelajari materi lebih paham lho.

Situs belajar online berbasis web melalui kejarcita.id ini terbukti telah membantu dan bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Dengan aksesnya yang dapat dilakukan melalui web tentu lebih ringan dan tidak memberatkan gawai atau device yang dimiliki. Tertarik menggunakan platform kejarcita.id? Yuk segera coba.
 

Ikuti tulisan menarik Insani Miftahul Janah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu