x

image: EMLV

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 29 Mei 2022 08:10 WIB

6 Prinsip Panduan untuk Pekerjaan dan Kehidupan

Dengan lebih sedikit batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan, jauh lebih sulit daripada sebelumnya untuk mendukung dua identitas yang terpisah: "diri kerja" dan "diri hidup" Anda. Banyak orang berjuang untuk menemukan keseimbangan, menjadi pecandu kerja atau pecandu kehidupan, setidaknya selama mereka bisa menahannya. Tidak ada alternatif yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menjalankan nilai dan prioritas kita secara proaktif dapat membantu kita menemukan keseimbangan kehidupan kerja.

Poin-Poin Penting

  • Membuat pilihan berdasarkan nilai dan prioritas dapat membantu kita menavigasi pekerjaan dan kehidupan dengan sedikit usaha.
  • Kualitas, integritas, pemenuhan, kesejahteraan, koneksi, dan pertumbuhan adalah enam prinsip umum untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.
  • Mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik membutuhkan beberapa eksperimen dan coba-coba.


Dengan lebih sedikit batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan, jauh lebih sulit daripada sebelumnya untuk mendukung dua identitas yang terpisah: "diri kerja" dan "diri hidup" Anda. Banyak orang berjuang untuk menemukan keseimbangan, menjadi pecandu kerja atau pecandu kehidupan, setidaknya selama mereka bisa menahannya. Tidak ada alternatif yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ingat, pekerjaan dan kehidupan Anda memiliki satu kesamaan: Anda. Begitu Anda berlabuh ke pusat keseimbangan Anda, menavigasi pekerjaan dan kehidupan tampaknya bukan pilihan dan lebih seperti memberi dan menerima secara alami.

Tiba di pusat yang seimbang itu adalah masalah bergerak dengan mantap ke arah itu selangkah demi selangkah, dipandu oleh nilai-nilai dan prioritas yang jelas.

Saya telah melihat para pemimpin yang solid dan nyata merangkul enam nilai ini dalam pekerjaan dan kehidupan mereka.

Kualitas dan Standar

Anda adalah apa yang Anda tulis, katakan, ciptakan, dan lakukan. Tidak peduli seberapa besar niat Anda atau seberapa murah hati dan baik Anda sebagai pribadi, orang lain akan mengenal Anda melalui tindakan Anda. Jadi, pegang diri Anda pada standar yang tinggi. Pikirkan sebelum Anda berbicara. Rencanakan sebelum Anda bertindak. Tetapi jangan biarkan diri Anda dilumpuhkan oleh mitos kesempurnaan juga. Pegang diri Anda pada standar yang tinggi, dan lakukan saja.

Integritas dan Perilaku Proaktif

Apa pun yang terjadi, jangan terlibat dalam transaksi yang tidak etis. Itu tidak sepadan dengan harga apa pun. Jadilah orang yang jujur dan jujur akan tertarik pada Anda. Tetapi, mari kita hadapi itu, itu bagian yang mudah. Integritas sejati membutuhkan perilaku yang lebih proaktif daripada duduk di atas kuda tinggi dalam penilaian orang lain: Memberikan ketika orang mengandalkan Anda, membantu orang lain ketika tidak ada yang memberi Anda pujian, dan campur tangan ketika orang lain diperlakukan tidak adil.

Memenuhi Aspirasi

Anda memiliki hak untuk berharap bahwa menjalani hidup Anda akan memenuhi aspirasi terdalam dan harapan terindah Anda. Triknya adalah, pada akhirnya, Andalah yang harus berusaha mewujudkan impian itu. Meraih bintang tidak berarti menghasilkan jutaan, memenangkan Hadiah Nobel, menjadi bintang film, atau menjadi Presiden. Artinya adalah mengejar impian Anda, apa pun itu, dengan segenap hati dan jiwa Anda, dan terus mengejar sampai Anda menangkapnya.

Kesejahteraan

Manfaatnya akan bertambah seiring waktu. Ketika ada bagian dari diri kita yang diabaikan—tubuh, pikiran, atau jiwa—kita menjadi kurang efektif, kurang bahagia, dan kita kurang memiliki kendali atas hidup kita. Luangkan waktu untuk memprioritaskan perawatan diri itu setiap hari, meskipun hanya lima menit dari hari Anda.

Koneksi dengan Orang Lain

Manusia memiliki kebutuhan yang mendesak satu sama lain—untuk dibutuhkan, dipelihara, dipahami, dan dicintai. Itulah mengapa sangat penting untuk menghabiskan waktu terhubung dengan orang-orang yang berarti. Ini tidak berarti Anda harus menjadi teman pribadi dengan rekan kerja Anda di tempat kerja. (Bahkan, mungkin lebih baik jika Anda tidak melakukannya.) Maksudnya adalah menjaga komitmen Anda. Jangan memberikan jaminan pribadi Anda dengan enteng. Orang-orang akan mengingat saat-saat Anda mengecewakan mereka.

Pertumbuhan

Kita hanya tumbuh ketika kita mendorong keluar dari zona nyaman kita dan mengalami sesuatu yang baru. Tetapi penting untuk diingat, kita juga membutuhkan waktu di sisi lain untuk berintegrasi dan pulih. Kemudian, kita akan siap untuk mendorong diri kita sendiri lagi. Setiap kali kami mencoba untuk melampaui tingkat kemampuan atau pengalaman kami saat ini, yaitu pindah ke tempat yang tidak diketahui di bidang apa pun

Kita meningkatkan risiko membuat kesalahan, dan memang, membuat kesalahan sering kali tidak terhindarkan. Rangkullah ketidaksempurnaan sebagai bagian alami dan perlu dari proses. Atrofi adalah satu-satunya alternatif untuk pertumbuhan.

Tentu saja, enam nilai ini hanyalah sebagian dari kemungkinan. Menemukan keseimbangan yang sulit dipahami itu adalah masalah menentukan sendiri apa yang harus dihargai dan diprioritaskan dari hari ke hari. Eksperimen dan sesuaikan. Anda akan tahu ketika Anda menemukan campuran yang tepat dari prinsip-prinsip panduan yang berbicara kepada Anda.

***
Solo, Sabtu, 28 Mei 2022. 10:56 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler