x

sejarah bukan sekedar teori

Iklan

arief ramli

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Mei 2022

Rabu, 22 Juni 2022 14:01 WIB

Peran Sastra di Era Modern


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di dunia modern seperti sekarang, sastra juga memiliki dampak positif bagi pemikiran dan perasaan manusia. Manusia dapat berpikir kreatif, kritis, dan inovatif berkat wawasan yang luas saat ia mendapat nilai-nilai positif yang ditorehkan pengarang dalam karya sastranya. Di era globalisasi ini, manusia diharuskan memiliki daya saing yang tinggi, berkualitas, dan kompetensi yang kokoh dan kuat agar mampu bersaing serta menyalurkan opini-opini yang berguna dan bermanfaat. Menurut Djojonegoro, sastra dapat dikatakan merupakan bagian yang sangat penting dari peradaban dan nilai-nilai adat istiadat. Selain itu, sastra juga dapat membentuk masyarakat yang modern. Apa saja sih, peran sastra di era modern seperti sekarang ini? Berikut penjelasannya menurut H. Nani Tuloli:

1. Mendorong dan menumbuhkan nilai positif yang ada pada manusia, seperti halnya membantu sesama, beriman, dan kebaikan-kebaikan lainnya.

2. Memberi pesan kepada manusia-terutama pemimpin-agar berbuat yang sesuai dengan apa yang sudah menjadi hak dan kewajibannya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Mengajak orang untuk bekerja keras demi kepentingan dirinya dan kepentingan bersama.

4. Merangsang munculnya watak-watak pribadi yang tangguh dan kuat, seperti kemauan dan tekad untuk berkorban demi meraih cita-cita.

 

Selain itu, ada 2 kegunaan sastra saat ini, yaitu:

1. Sastra dapat dijadikan sebagai suatu kebiasaan yang dibutuhkan di era kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.

2. Sastra dapat dijadikan sebagai suatu acuan untuk memertahankan budaya yang beretika dan bermoral tinggi dalam kehidupan sebagai makhluk Tuhan.

 

Sekian artikel ini saya buat. Semoga bermanfaat bagi pembacanya siapapun itu.

Ikuti tulisan menarik arief ramli lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler