x

Iklan

Andrie Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juni 2022

Senin, 27 Juni 2022 05:14 WIB

Budaya Dulu, Baru Peradaban

Peradaban merupakan aparatus pelaksana kehidupan manusia, sedangkan kebudayaan adalah ekspresi dari hidup itu sendiri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Seringkali kita dibuat bingung mengenai perbedaan antara dua istilah ini: kebudayaan dan peradaban. Kebudayaan itu apa sih? Mengapa kebudayaan itu ada? Apakah kebudayaan itu sama dengan peradaban? Bagaimana wujud dari budaya dan peradaban?

Budaya berasal dari bahasa sansekerta buddhayah, bentuk jamak dari kata buddhi yang berkaitan dengan akal atau budi manusia. Dalam KBBI, budaya adalah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sukar diubah. Sedangkan kebudayaan menurut Tylor, merupakan kompleksitas dari seluruh aktivitas manusia, mulai dari seni, agama, politik, nilai, norma dalam suatu kelompok sosial.

Kebudayaan itu lahir dari interaksi antara kelompok manusia yang menetap dalam suatu daerah, sehingga dari kebiasaan dan perilaku yang ditimbulkan, terwujudlah nilai-nilai dan norma-norma akibat aktivitas budaya yang terus berjalan, hingga lintas generasi. Dalam hal ini, budaya melahirkan nilai kehidupan yang menjadi landasan atau aturan manusia itu bergerak.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Banyak sekali nilai yang dilahirkan dari kegiatan budaya, seperti nilai teologi, nilai moral, nilai intelektual, nilai kemanusiaan, nilai sosial, dan lain sebagainya. Dengan nilai-nilai ini, kehidupan manusia dapat teratur dan terarahkan sehingga manusia yang menerapkan nilai-nilai tersebut, dikenal dengan sebutan manusia yang berbudaya.

Kebudayaan bersifat dinamis. Artinya budaya selalu bergerak dan berubah mengikuti alur perkembangan zaman. Dengan kata lain, dari masa ke masa, kebudayaan mengalami evolusi. Tujuannya supaya kebudayaan dari suatu masyarakat tidak punah dan tetap terlestarikan, serta nilai-nilai dari budaya itu sendiri tidak hilang. Mulai dari sini, peradaban pun mulai menunjukkan eksistensinya.

Peradaban merupakan wujud kemajuan dari segala bentuk aspek kehidupan, mulai dari agama, seni, ilmu pengetahuan, sastra, dan sosial. Dalam bahasa Inggris, peradaban disebut civilization, berasal dari bahasa latin civitas, yang berarti city atau kota. Dari arti secara harfiah tersebut, dapat diartikan bahwa peradaban adalah bentuk halus atau khazanah dari kebudayaan yang sudah ada dalam suatu masyarakat.

Perbedaan yang siginifikan antara kebudayaan dan peradaban menurut Sutrisno, yakni peradaban merupakan aparatus pelaksana kehidupan manusia, sedangkan kebudayaan adalah ekspresi dari hidup itu sendiri. Maka, kebudayaan disini sebagai bentuk atau wujud dari kegiatan manusia secara keseluruhan dengan peradaban berlaku sebagai bentuk kedinamisan kebudayaan. Budaya dulu, baru peradaban.

Ikuti tulisan menarik Andrie Hidayat lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler