Manfaat Akar Bajakah untuk Sistem Kekebalan Tubuh - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Ilustrasi minuman herbal

Natalie Putri

Mahasiswi di Universitas Pamulang Prodisasi Sastra Indonesia
Bergabung Sejak: 1 Juli 2022

Selasa, 5 Juli 2022 09:06 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Manfaat Akar Bajakah untuk Sistem Kekebalan Tubuh

    manfaat akar bajakah untuk sistem kekebalan tubuh dan juga menurunkan resiko penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit hati.

    Dibaca : 761 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Manfaat akar bajakah bisa untuk sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga menurunkan resiko penyakit seperti kanker, diabetes, dan juga penyakit hati. Simak manfaatnya sebagai berikut : 

    1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

    Salah satu manfaat akar bajakah untuk kesehatan adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Akar bajakah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam penyakit. Selaian itu kandungan antioksidan pada akar bajakah juga berfungsi efektif untuk menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh. Berikut cara mengkonsumi akar bajakah: anda hanya perlu menyeduh ekstra akar bajakah secara rutin dan tratur. 

    2. Mempercepat penyembuhan luka 

    Manfaat akar bajakah lainnya adalah mempercepat proses penyembuhan luka, akar bajakah memiliki kandungan metabolit sekunder berupa flavonoid, saponin, tannin, dan fenol yang berperan penting untuk menyembuhkan luka bakar atau gigitan serangga. Berikut cara mengkonsumsi akar bajakah: akar bajakah diolah menjadi salep dan dioleskan pada luka. 

    3. Mencegah diabetes melitus

    Diabetes melitus adalah penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tinnginya kadar gula darah. Biasanya, kondisi ini menyebabkan penderita mengalami beberapa gangguan organ tubuh apabila tidak segera diatasi penyakit ini bisa membahayan nyawa penderita. anda bisa menggunakan manfaat akar bajakah, kandungan senyawa fenolik pada akar bajakah berfungsi untuk mencegah radikal bebas penyebab diabetes. meski begitu ada baikknya tetap mengkonsumsi obat secara benar dan teratur

    4. Menurunkan resiko kanker

    Kanker merupakan salah satu jenis penyakit paling mematikan diseluruh dunia. Ppenyakit ini disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali didalam tubuh, sehingga hal ini dapat memicu terjadinya kerusakan sel normal di bagian tubuh lainnya. Namun manfaat akar bajakah dalam mengobati kanker masih memerlukan waktu untuk penelitian lebih lanjut. 

    5. Menurunkan resiko penyakit hati

    Penyakit hati atau juga yang lebih dikenal sebagai penyakit lever merupakan kondisi gangguan hati yang menyebabkan organ ini tidak bisa berfungsi dengan baik. Apabila sel-sel yang rusak banyak, maka dapat mengganggu fungsi dan kinerja hati. salah satu cara mencegah gangguan dan kerusakan hati adalah mengkonsumsi ekstra akar bajakah, sebab akar bajakah memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan hati. 

    Demikian beberapa manfaat akar bajakah untu kekebalah tubuh. semoga bermanfaat :)

    Ikuti tulisan menarik Natalie Putri lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.