Strategi Menyiapkan Dana Umrah Sejak Jauh Hari - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Dhea

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Selasa, 5 Juli 2022 15:53 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Strategi Menyiapkan Dana Umrah Sejak Jauh Hari

    Umrah adalah kunjungan (ziarah) ke tempat suci di Makkah dengan cara berihram, tawaf, sai, dan bercukur, tanpa wukuf di padang Arafah.

    Dibaca : 819 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kasus Covid-19 global yang sudah melandai membawa angin segar untuk pelaksanaan ibadah umrah yang memang sudah sangat dinantikan sebagian besar umat Islam di Indonesia. Apalagi, penyelenggaraan ibadah umrah telah dibuka meski dalam pelaksanaannya masih dengan protokol kesehatan.

    Umrah adalah kunjungan (ziarah) ke tempat suci di Makkah dengan cara berihram, tawaf, sai, dan bercukur, tanpa wukuf di padang Arafah, yang pelaksanaannya dapat bersamaan dengan waktu haji atau di luar waktu haji.

    Ibadah umrah jadi pilihan karena kalau mau melaksanakan ibadah haji antreannya sangat panjang hingga bertahun-tahun lamanya. Kenyataaan ini membuat sebagian umat Islam di Indonesia memilih untuk melepas kerinduan ke Tanah Suci dengan melakukan ibadah umrah.

    Pada dasarnya perbedaan umrah dengan haji itu terkait waktu dan tempat. Umrah bisa dilakukan sewaktu-waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan hanya di Mekkah, sedangkan haji hanya dapat dilaksanakan antara 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah dan dilaksanakan sampai ke luar kota Mekkah.

    Kendati ibadah umrah bisa kapan saja dilakukan, tapi perlu juga yang namaya persiapan. Persiapan ini secara khusus dari sisi keuangan. Budget untuk umrah juga tidak murah.

    Paket umrah macem-macem berkisar mulai dari Rp28 jutaan hingga Rp33 jutaan bergantung pada hotel dan fasilitas-fasilitas lainnya. Nah, karena tidak murah maka perlu persiapan. Dengan kata lain, seseorang bisa mengumpulkan duit untuk umrah sejak jauh hari, salah satunya dengan mempersiapkannya melalui produk syariah.

    Produk syariah yang bisa dimanfaatkan untuk menyiapkan dana untuk umrah salah satunya reksa dana syariah. Reksa dana ini sesuai dengan prinsip dan nilai-nilai dalam Islam. Dari potensi returnya juga menarik karena lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan konvensional dan deposito.

    Untuk memulai investasi reksa dana dengan tujuan khusus umrah ini, supermarket reksa dana online IPOTFund besutan PT Indo Premier Sekuritas dengan pilihan reksa dana-reksa dana syariah yang beragam bisa jadi pilihannya.

    Selanjutnya biar tidak tercampur dengan dana yang lainnya maka seorang investor yang bijak perlu mengelompokkan reksa dananya berdasarkan tujuan investasinya. Fitur Fund Sub Account yang ada di IPOTFund memudahkan investor berinvestasi berdasarkan tujuan investasinya.

    Setelah login diaplikasi IPOT, kemudian memilih profil, klik informations dan pilih Fund Sub Account. Untuk membuat sub account berdasarkan tujuan investasi maka investor tinggal memilih tanda + dan tuliskan nama sub account yang diinginkan dalam hal ini untuk umrah dan setelah itu tinggal create account. Sub account pun jadi.

    Selanjutnya cara mentransfer reksa dana ke masing-masing sub account biar sesuai dengan tujuannya cukup mudah yakni dengan memilih manage fund dan memilih reksa dana yang akan ditransfer dan klik transfer now maka sub account khusus untuk umrah ini akan terisi dengan reksa dana yang sesuai dan diperuntukkan dengan tujuannya. Dengan meniatkan diri untuk menyiapkan dana umrah sejak jauh hari maka tujuan itu bisa diwujudkan dan mendatangkan berkah.

    Ikuti tulisan menarik Dhea lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.