Pendidikan Islam Sangat Berpengaruh Terhadap Karakter Siswa - Analisis - www.indonesiana.id
x

pentingnya diajarkan pendidikan islam sejak dini

Serly Wahyu Eka Sari

Jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya
Bergabung Sejak: 12 Desember 2021

Rabu, 6 Juli 2022 06:51 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Pendidikan Islam Sangat Berpengaruh Terhadap Karakter Siswa

    Pendidikan agama islam sangatlah berperan dalam pembentukan karakter siswa yang percaya dan takwa kepada Allah SWT dan mampu mengamalkan ajaran-ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pada dasarnya pendidikan agama islam berperan penting karena pada kenyataannya siswa adalah calon generasi yang akan menjadi penerus setiap perjuangan yang telah dilakukan oleh orang tuanya kelak. Karena pendidikan islam itu sendiri merupakan panutan dalam setiap pembentukan karakter siswa agar sesuai dengan petunjuk yang telah diridhoi oleh Allah SWT.

    Dibaca : 298 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang penting dalam pembentukan karakter siswa, baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Pendidikan Agama Islam menekankan kepada pembentukan karakter siswa yang islami, menanamkan pemahaman dan membimbing siswa agar memiliki kepribadian yang jujur, disiplin, serta bermanfaat bagi sesama.

    Jika pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam tinggi, maka kepribadian dan perilakunya dapat disebut baik. Begitu pun jika pemahaman siswa tentang Pendidikan Agama Islam rendah, maka kepribadian dan perilakunya dapat dikatakan rendah.

    Pendidikan agama islam dapat kita artikan sebagai suatu usaha yang dilakukan dalam proses pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan ajaran-ajaran agama islam. Agar siswa mampu menjadi manusia yang dapat menjalani hidupnya sesuai dengan petunjuk yang diridhoi oleh Allah SWT.

    Kepribadian merupakan ciri, karakteristik atau sifat  khas dari seseorang. Karekter bias terbentuk dari lingkungannya, seperti lingkungan keluarga pada masa kecilnya. Ada yang berpendapat baik atau buruknya karakter manusia memanglah bawaan dari lahir. Namun jika pendapat itu benar, maka pendidikan karakter tidak ada gunanya karena tidak akan mungkin bias merubah karakter seseorang.

    Pendidikan agama Islam sangatlah berperan dalam pembentukan karakter siswa yang percaya dan takwa kepada Allah SWT dan mampu mengamalkan ajaran-ajaran agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Jadi pada dasarnya pendidikan agama islam berperan penting karena pada kenyataannya siswa adalah calon generasi yang akan menjadi penerus setiap perjuangan yang telah dilakukan oleh orang tuanya kelak. Karena pendidikan islam itu sendiri merupakan panutan dalam setiap pembentukan karakter siswa agar sesuai dengan petunjuk yang telah diridhoi oleh Allah SWT.

    Ikuti tulisan menarik Serly Wahyu Eka Sari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.