Analisis Semiotika Ikon Pada Iklan Top Coffee

Jumat, 8 Juli 2022 17:03 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content
Ilustrasi Minum Kopi
Iklan

Analisis ini untuk memenusi syarat tugas ujian tengah semester mata kuliah Semiotika, Universitas Pamulang Semester 6.

Ikon merupakan suatu gambaran dalam bentuk linguistik ataupun bentuk citra atau image. Pada iklan di atas, terdapat ikon seorang musisi legendaris yang sangat tangguh dan berani, yaitu sosok Iwan Fals. Beliau adalah seorang legendaris yang karyanya diakui oleh masyarakat Indonesia sebagai penyanyi yang sangat terkenal dengan lagu-lagunya yang berisi kritik kehidupan sosial di Indonesia.

Dalam kaitannya dengan iklan TOP coffee, Iwan Fals dijadikan sebagai ikon dalam iklan tersebut karena semangatnya yang tinggi dalam menunjukkan perubahan. Dalam iklan tersebut, yang ingin ditonjolkan adalah semangat dari iwan Fals agar masyarakat Indonesia mengubah kebiasaannya dalam minum kopi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biasanya mereka minum kopi dengan mencampurkan terlebih dahulu, tetapi dalam iklan tersebut, Iwan Fals menggugah masyarakat untuk membongkar kebiasaan lamanya, dan mulai untuk minum kopi kemasan dengan citra rasa yang tinggi yang ditawarkan oleh TOP coffee.

Selain ikon Iwan Fals sebagai seorang legendaris, juga terdapat ikon 3 biji kopi utuh yang diletakkan di atas cangkir yang didalamnya berisi kopi panas yang diletakkan di atas cawan. Biji kopi yang dijadikan ikon merupakan biji kopi pilihan yang sangat luar biasa. Ini adalah ikon yang merepresentasikan produk TOP coffee yang membedakannya dengan produk yang lain.

Dari ikon ini, terdapat gambaran betapa nikmatnya kopi ini bila diminum hangat-hangat. Ikon berupa kopi ini juga menjelaskan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa berupa kopi yang sangat nikmat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Zulfikar

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler