Perbedaan Linux dan Windows yang Perlu Anda Ketahui - Urban - www.indonesiana.id
x

Pernah Alami Windows 10 Tidak Bisa Shutdown? Ini dia Tips untuk Mengatasinya

Andriani S

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Juli 2022

Rabu, 13 Juli 2022 20:15 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Perbedaan Linux dan Windows yang Perlu Anda Ketahui

    Dalam sostem operasi komputer atau laptop ada beberapa OS yang sering digunakan yaitu linux, windows, hingga macos, dimana pada artikel kali ini akan membahas tentang apa sih yang menjadi perbedaan linux dan windows.

    Dibaca : 1.188 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Dalam sostem operasi komputer atau laptop ada beberapa OS yang sering digunakan yaitu linux, windows, hingga macos, dimana pada artikel kali ini akan membahas tentang apa sih yang menjadi perbedaan linux dan windows.

    Sebelum mengetahui perbedaannya anda harus mengenal terlebih dahulu dari kedua sistem operasi ini, dimana windows sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat komputer ataupun laptop.

    Windows sendiri telah diluncurkan microsoft pada tahun 1985 hingga saat ini windows masih tetap digunakan, nah kemudian linux merupakan sistem operasi yang dicipatkana oleh sekelompok orang yang berasal dari devoloper dan programer dimana mereka membuat OS tandingan untuk windows.

    Dimana untuk perbedaan linux dan windows sendiri sangat jelas, dimana linuxs menjadi salah satu operasi sistem yang bersifat open sourec artinya kode didalam nya dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan tentu hal ini sangat berbeda dengan windows.

    Selain itu disisi size juga bisa anda rasakan sendiri, dimana perangkat yang memakai operasi sistem linuxs tidak memakan space yang besar sehingga dapat digunakan oleh perangkat dengan penyimpanan minim, sedangkan windows sendiri memiliki kapasitas size yang lumayan besar.

    Faktor Faktor Yang Menjadi Perbedaan Linux Dan Windows

    Bukan hanya itu masih banyak beberapa faktor yang menjadi perbedaan paling mendasar antara windows dengan linux. Mau tau apa saja perbedaan keduannya ? mari simak penjelasn berikut ini.

    1.  Support Systems

    Perbedaan linux dan windows pertama terletak pada support sytem atau pusat bantuan ketika terjadi kesalah teknis, dimana untuk windows sendiri anda dapat memperooleh bantuan dari call center resmi microsoft dan hal in tentu berbeda sekali dengan operasi sistem linux saat anda membutuhkan bantuan sedikit lebih tibet.

    Dimana pada linux anda dapat meminta bantuan pada komunitaspengguna linux, karena linux sendiri tidak memiliki kantor pusat yang resmi untuk menghandle keluhan penggunanya, jadi anda harus berusaha sendiri dalam mengatasi masal dengan bertannya kepada sesama pengguna linux untuk menyelesaikannya.

    2.  Pembaharuan Sistem

    Selanjutnya perbedaan yang dapat dirasakan ketika menggunakan keduak sistem operasi ini adalah tentang pembaruan sistemnya, dimana untuk operasi windows sendiri memiliki waktu sendiri untuk melakukan pembaruan dengan mengirimkan notifikasi kepada penggunannya untuk melakukan pembaruan sistem, selain itu anda juga dapat menunda atau melakukan pembaruan otomatis jika mendapatkan notifikasi pembaruan.

    Hal in tentu berbeda dengan sistem operasi linux, dimana ketika anda menggunakan operasi sistem linux anda dapat memperbarui sistem operasi kapan pun jika anda ingin pembaharuan, dimana tidak akan memberikan notifikasi pembaruan yang kerap kali mengganggu para penggunannya.

    3.  Peforma

    Perbedaan linux dan windows selanjutnya terletak pada peforma atau kinerja dari kedua sistem operasi ini, dimana memiliki kinerja yang berbeda beda dan dapat anda tentukan bagusan yang mana untuk anda gunakan.

    Dimana berbicara tentang peforma mayoritas pengguna linux menjadi sistem operasi yang lebih cepat dimana ini semua dipengaruhi oleh size atau kapasitas linux yang tidak sebesar windows yang dapat diinstall di perangkat denga penyimpanan yang terbilang minim.

    Dimana saat ini linux dapat berjalan lebih cepat ketimbang menggunakan sistem operasi windows dimana selain itu kemampuan seperti manajemen memori, internet, sistem file, dan perangkat inti lainnya dinilai lebih bagus ketimbang windows.

    4.  Keamanan

    Kemudian utnuk sistem kemanan dari kedua sistem operasi ini memiliki sistem keamanannya masing masing, dimana terdapat beberapa perbedaan yang sangat signifikan antara windows dengan linux yang perlu anda ketahui.

    Dimana sistem keamanan linux snediri dinilai memiliki tingkat kemanan lebih tinggi dibandingkan windows walaupun sifat linux open source, dimana hal ini dikarenakan linux memberikan akses penuh untuk para penggunannya dalam melihat kode dan memantau masalah masalah di dalammnya.

    Hal ini tentu berbeda dengan windows yang tidak memberikan akses untuk melihat kode pemogramannya lebih dalam dikarenakan microsoft menerapkan lisensi tertutup untuk OS buatan mereka

    5.  Biaya

    Kemudian faktor selanjutnya yang menjadikan perbedaan linux dan windows yang perlu diketahui adalah tentang biaya yang harus dikeluarkan jika anda ingin menggunakan sistem operasi ini.

    Dimana windows mengenakan tarif tertentu untuk operasi sistem mereka karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa windows tidak menerapkan open sourece seperti yang diterapkan oleh linux, dimana anda dapat menggunakan sistem operasi linux secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya langganan lagi.

    6.  Lisensi

    Faktor terakhir yang menjadi perbedaan antara linuxs dengan windows adalah terkait dengan lisensi penggunaan, dimana seperti yang sudah kita ketahui windows tidak menerapkan sistem lisensi open source seperti yang diterapkan oleh linux kepada para penggunanya yang menggunakan sistem operasinya.

    Nah itulah beberapa faktor yang menjadi perbedaan linux dan windows yang perlu anda semua ketahui, dimana masing masing operasi sistem ini memiliki keunggulan dan kekurangan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan untuk informasi lainnya ada pada http://abdilah.net/

    Ikuti tulisan menarik Andriani S lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: web seo

    Minggu, 7 Agustus 2022 06:24 WIB

    Tip Merawat Sliding Door Mobil agar Tetap Awet

    Dibaca : 347 kali