x

Iklan

Sabitah Disti Erliana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Juli 2022

Kamis, 14 Juli 2022 07:19 WIB

Apakah Hubungan Kepemimpinan dan Manajemen?


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tahukah kamu, jika setiap organisasi atau perusahaan membutuhkan sosok yang memahami pentingnya manajemen kepemimpinan? Dalam menjalankan sebuah perusahaan, fungsi manajemen tidak akan dapat berjalan dengan baik apabila tidak adanya seorang pemimpin yang memiliki sifast kepemimpinan atau leadership. Apabila seorang pemimpin perusahaan tidak memiliki kepemimpinan, maka tujuan bersama dari terciptanya sebuah perusahaan tidak dapat dicapai. Tidak hanya berlaku pada pemimpin, tapi sifat kepemimpinan wajib dimiliki oleh setiap orang dimana mereka akan bisa saja dijadikan seorang pemimpin baik itu skala kecil maupun besar. Jiwa kepemimpinan dari seorang pemimpin harus diselaraskan dengan visi dan misi perusahaan agar dapat terwujud secara seksama. Kepemimpinan memegang peranan yang dominan, krusial, dan kritikal dalam keseluruhan upaya untuk meningkatkan prestasi kerja, baik pada tingkat individual, kelompok, dan organisasi Lantas, apa yang dimaksud dengan manajemen kepemimpinan? Yuk, kita bahas lebih jauh lewat artikel berikut ini!


PENGERTIAN KEPEMIMPINAN
Kepemimpinan merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain atau mengarahkan pihak tertentu untuk mencapai tujuan suatu kelompok, organisasi, maupun perusahaan. Untuk bisa memiliki kemampuan kepemimpinan atau leadership
Salah satu pengertian Kepemimpinan menurut para ahli, kita bisa mengambil contoh dari:

MENURUT FIEDLER
Kepemimpinan merupakan pola hubungan antara individu-individu yang menggunakan wewenang dan pengaruhnya terhadap kelompok orang agar bekerja bersama demi tercapainya tujuan organisasi
Seorang individu dalam posisi manajemen kepemimpinan harus setidaknya memiliki beberapa s karakter serta skill leadership di bawah ini:

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

•    Komunikasi
•    Motivasi
•    Manajemen waktu
•    Etika berbisnis
•    Penyelesaian masalah


Lalu, Sering kita mendengar kata manajemen, namun banyak di antara kita tidak tahu pengertian manajemen atau definisi manajemen tersebut, kali ini coba kita lihat apa sih pengertian manajemen itu sebenarnya ?


PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen adalah sistem yang untuk mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Proses pencapaian tujuan ini dilakukan dengan merencanakan strategi organisasi, penyusunan struktur organisasi, menggerakkan semua sumber daya yang tersedia. Kata manajemen di ambil dari kata bahasa inggris yaitu “manage” yang berarti mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin.
Salah satu pengertian Manajemen menurut para ahli, kita bisa mengambil contoh dari:


MENURUT R.TERRY
Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.


TUGAS DAN FUNGSI MANAJEMEN
Dalam memimpin suatu organisasi atau negara, seorang pemimpin harus bisa mengaplikasikan tugas dan fungsi-fungsi manajemen ke dalam aktivitas kepemimpinannya. Murdick, ross, Clagget (1997) dalam Tambunan (2015:151), mengemukakan ada tiga tugas penting dari manajemen, yaitu:

•    Mencocokkan kemampuan dari lembaganya (perusahaan, universitas, instansi pemerintah, dan sebagainya) dengan berbagai kebutuhan dari lingkngannya, dan memilih misi-misi khusus tertentu dari peluang-peluang ini.

•    Membentuk suatu lingkungan kerja dan alokasi dari sumberdaya agar terdapat produktifitas maksimum dari seluruh sistem (organisasinya).

•    Mengatur tanggung jawab kepada, dan dampaknya yang “berkepentingan atas lembaga tersebut

Ikuti tulisan menarik Sabitah Disti Erliana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler