x

Pertama kali datang ke desa tujuan kelompok kami yaitu desa Sumber Anyar

Iklan

Kkn281 Sumberanyar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juli 2022

Sabtu, 30 Juli 2022 06:20 WIB

Kelompok 281 KKN Universitas Jember Kenalkan Potensi Desa Sumber Anyar

Tugas Berita pertama dari Kelompok 281 KKN Universitas Jember.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Foto tidak menggunakan masker

Bondowoso – Kelompok mahasiswa KKN Tematik dari Universitas Jember melakukan pengabdian di Desa Sumber Anyar, Kecamatan Jambesari Darus Solah, Kabupaten Bondowoso. Kedatangan mahasiswa KKN Universitas Jember dengan jumlah peserta KKN 10 orang yang berasal dari Program Studi yang berbeda-beda disambut dengan hangat oleh perangkat desa dan warga yang dikepalai oleh Bapak Muhyit.

Desa Sumber Anyar merupakan desa yang memiliki 4 dusun yang meliputi dusun Kidul Kali yang dikepalai bapak Orwah, dusun Kebun Dara yang dikepalai bapak Mursid, dusun Karang Anyar Timur yang dikepalai bapak A. Hosaini, dan dusun Karang Anyar Barat yang dikepalai bapak Syamsuri. Desa ini memiliki banyak potensi yang dapat digali dan dimaksimalkan. Hal itu yang menyebabkan desa ini kaya akan sumber daya alam dengan berbagai macam mata pecaharian. Sebagian besar mata pencaharian warga di desa ini diantaranya petani, peternak, dan produksi tape. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

UMKM Kerajinan Lampu Hias dan KostumPeternakan Ayam

Potensi-potensi yang dimiliki oleh desa ini dibidang pertanian meliputi tebu, jagung, pepaya, singkong, dan kopi, sedangkan peternakan meliputi ternak ayam, kambing dan sapi. Terdapat juga potensi kreatif pada UMKM kerajinan lampu hias, dekorasi, dan kostum karnaval. Potensi tersebut dimaksimalkan oleh bapak Marzuki yang hasil produksinya telah dikirim hingga luar negeri. UMKM menjadi ladang membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar yang mayoritas menjadi buruh tani.

Potensi-potensi tersebut masih dilakukan dengan manajemen yang sederhana dan inovasi yang belum optimal. Potensi tersebut membuat mahasiswa kelompok KKN 281 UNEJ berinisiatif untuk memperkenalkan dan mempromosikan potensi yang ada di desa ini dengan cara yang kreatif. 

Mahasiswa KKN memiliki salah satu program kerja yaitu pembuatan video profil desa Sumber Anyar untuk memperkenalkan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh desa tersebut. Isi video pengenalan desa meliputi lokasi, mata pencaharian, dan potensi desa yang diunggah pada Channel YoutubeKKN UMD KELOMPOK 281 DESA SUMBER ANYAR”. 

Program kerja ini dilaksanakan oleh mahasiswa kelompok KKN 281 Universitas Jember yang dikoordinatori oleh Ari April Liyanto. Kelompok 281 beranggotakan Alvina Nur Diana, M. Ikhsan Nurochim, Tria Yossy Daniel, Eric Try Kurniawan, Ananda Putri Utama, Devi Ayu Permatasari, Herdina Nawa Shinta, Ellyna Octaviana, dan Sukma Martawardani. Dosen pembimbing lapang dari kelompok 281 adalah Nur Hisamuddin, S.E. M.SA, Ak, CA, CSRS.

Pengabdian dengan membuat salah satu program kerja ini diharapkan dapat membuka peluang yang lebih besar untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki desa Sumber Anyar, sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas. Harapan lain yaitu dapat menarik perhatian pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan berdampak positif bagi perkembangan desa.

Penulis : Tim KKN Kelompok 281 Desa Sumber Anyar

Instansi : Universitas Jember

DPL : Nur Hisamuddin. S. E. M.SA. Ak. CA. CSRS

Lokasi : Desa Sumber Anyar, Kecamatan Jambesari Darus Sholah, Kabupaten Bondowoso.

 

 

Ikuti tulisan menarik Kkn281 Sumberanyar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu