KKN Kolaboratif 203 Laksanakan FGD Bersama Masyarakat dan Perangkat Desa Rowosari - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kegiatan FGD KKN Kolaboratif 203

Rowosari Desa Wisata

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Juli 2022

Kamis, 4 Agustus 2022 07:05 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • KKN Kolaboratif 203 Laksanakan FGD Bersama Masyarakat dan Perangkat Desa Rowosari

    FGD (Focus Group DIscussion) dilaksanakan bertujuan untuk berdiskusi dan menyukseskan program kerja mahasiswa KKN

    Dibaca : 387 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kolabratif 203 mengadakan FGD untuk meningkatkan peran masyarakat dan perangkat desa untuk berdiskusi dan menyukseskan program kerja mahasiswa KKN. FGD (Focus Group Discussion) sendiri merupakan suatu kegiatan diskusi atau musyawarah yang dilakukan untuk mengumpulkan beberapa pendapat yang mendalam tentang sebuah topik. Kegiatan ini dipimpin oleh moderator yang berasal dari anggota KKN Kelompok 203 yakni Fifi Permata Sari.

    Terdapat beberapa perangkat desa yang hadir dalam kegiatan ini yaitu Bapak Maksum selaku sekretaris desa dan Bapak Busri. Selain perangkat desa, terlihat juga beberapa masyarakat yang turut hadir dalam menjalankan kegiatan FGD ini. Kegiatan ini diadakan selama satu hari di Kantor Desa Rowosari, Kecamatan Sumber Jambe, Kabupaten Jember pada 1 Agustus 2022. Dalam kegiatan ini, membahas mengenai program kerja mahasiswa KKN Kelompok 203. Kelompok KKN ini, akan mengusung desa menjadi Desa Wisata Inovatif dengan harapan nantinya masyarakat dengan aktif dapat mengelola potensi desa secara informatif, inovatif, dan kreatif.

    Terdapat empat program kerja yang telah disusun oleh mahasiswa KKN Kelompok 203. Pertama yaitu mengoptimalkan website desa dengan cara penginputan data kependudukan dan artikel. Kedua, pembentukan dan pendampingan relawan DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang nantinya akan membantu mahasiswa dalam pendataan DTKS. Ketiga, pengoptimalan kopi sebagai salah satu potensi desa. Keempat, yaitu membentuk sebuah kelompok UMKM keripik kopi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Dalam kegiatan FGD ini, salah satu perangkat desa yaitu Bapak Maksum memberikan saran terkait pengolahan salah satu potensi Desa Rowosari yang lainnya yaitu durian. Namun, buah durian yang termasuk buah yang musiman akan menjadikan hambatan untuk pengolahannya. Pada akhirnya, seluruh perangkat desa dan masyarakat menerima dan menyetujui program kerja KKN Kelompok 203 serta berharap program kerja ini dapat berjalan dengan lancar hingga akhir.

     

    Ikuti tulisan menarik Rowosari Desa Wisata lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.