Gabung Posyandu, Mahasiswa KKN 283 Unej Terjun ke Empat Dusun di Desa Tegal Pasir - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

KKN 283

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Juli 2022

Kamis, 4 Agustus 2022 07:08 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Gabung Posyandu, Mahasiswa KKN 283 Unej Terjun ke Empat Dusun di Desa Tegal Pasir


    Dibaca : 375 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

         Sudah 10 hari terhitung sejak tanggal 20 Juli 2022, kesepuluhan Mahasiswa KKN UMD 283 menjadi bagian yang mengisi hiruk pikuk keramaian di Desa Tegal Pasir, Kecamatan Jambesari Darus Sholah, Bondowoso. Memasuki minggu ke-2 pengabdian, berbagai perencanaan kegiatan mulai dilakukan. Dimulai dengan pemaparan program kerja dihadapan kepala desa dan para perangkat desa pada Senin, 25 Juli 2022 tepatnya di Balai Desa Tegal Pasir. Beberapa program kerja yang telah disetujui yakni terkait dengan pengolahan sampah organik dan anorganik. Tak lupa juga, adanya kritik dan saran dari kepala desa beserta perangkatnya guna menyelaraskan dan mensinergikan program kerja yang sudah di paparkan dengan kebutuhan desa. Selain itu, Mahasiswa KKN UMD 283 juga melakukan koordinasi dengan berbagai organisasi atau kelompok masyarakat salah satunya adalah GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) yang membahas mengenai pupuk organik untuk kebutuhan pertanian di Desa Tegal Pasir.

         Selain program kerja utama yang dicanangkan, Mahasiswa KKN UMD 283 juga aktif mengikuti berbagai kegiatan rutin yang ada di Desa Tegal Pasir. Posyandu menjadi pilihan untuk mengisi kegiatan pengabdian di minggu ke-2 ini. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulannya, selama 2 hari berturut-turut di keempat dusun yang ada di Desa Tegal Pasir, yakni 27 Juli 2022 di Dusun Krajan dan Karang Malang, serta 28 Juli 2022 di Dusun Tegal Manik dan Karang Beddih. Dibina langsung oleh bidan dan perawat desa dari Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa) Tegal Pasir, mahasiswa KKN UMD 283 ikut andil membantu kegiatan tersebut. Mayoritas peserta yang hadir adalah balita dan ibu hamil. Mulai dari menimbang berat badan balita, imunisasi, dan konsultasi kesehatan dengan ahli kesehatan setempat, serta pencatatan status kesehatan masyarakat Desa Tegal Pasir.

         Pada hari yang sama pula, tepatnya ditanggal 27 Juli 2022, Mahasiswa KKN UMD 283  sempat mengikuti kegiatan penyuluhan HIV yang diselenggarakan Ponkesdes dan bertempatan di SMP Islam Al-Fatah Desa Tegal Pasir. Pemberi materi penyuluhan yakni dari Bapak Yoga Agus Permana S.Kep., Ners sebagai penanggung jawab promosi kesehatan terkait HIV sekaligus berperan sebagai perawat di Ponkesdes Tegal Pasir. Sebelumnya, Mahasiswa KKN UMD 283  juga melakukan visitasi di Ponkesdes Tegal Pasir untuk menggali informasi terkait kesehatan dan program kerja Ponkesdes Tegal Pasir.

         Minggu ke-2 ini ditutup dengan kegiatan pertemuan seminggu sekali (Persuli) yang kebetulan bertempatan di Balai Desa Tegal Pasir pada hari Sabtu, 30 Juli 2022. Dihadiri oleh DPL, Bapak Nur Hisamuddin, S.E. M.SA, Ak, CA, CSRS. dan 50 peserta KKN yang mewakili lima desa di Kecamatan Jambesari Darus Sholah termasuk Desa Tegal Pasir sendiri. Kegiatan berlangsung santai namun serius, diwakili oleh masing-masing koordinator desa mempresentasikan kegiatan selama minggu ke-2 ini.

    Ikuti tulisan menarik KKN 283 lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.