Tips Memperpanjang Masa Pakai Baterai Listrik - Analisis - www.indonesiana.id
x

web seo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2022

Kamis, 4 Agustus 2022 16:54 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Tips Memperpanjang Masa Pakai Baterai Listrik


    Dibaca : 311 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    GPSKU - Motor listrik harus dirawat dengan cara yang sama seperti motor konvensional. Hanya  karena motor listrik memiliki komponen yang berbeda dari motor tradisional, perawatannya juga sangat berbeda. 

     Salah satunya adalah "jantung" terpenting dari motor listrik, komponen baterai. Meski bisa diisi ulang berkali-kali,  penggunaan motor listrik ini  secara sembarangan bisa memperpendek umur baterai  dan  cepat merusaknya. Untuk memperpanjang usia baterai  Anda, berikut adalah 7 cara untuk memperpanjang usia baterai motor trolling Anda. Ayo, cek! 

     1. Mengetahui Kapasitas Baterai Motor Listrik Anda 

     Kapasitas baterai ini biasanya terdapat dalam buku panduan pemilik Anda atau dalam petunjuk  yang disertakan dengan motor listrik Anda. Mengetahui kapasitas baterai memungkinkan kita untuk memperkirakan seberapa jauh motor listrik dapat berjalan dengan daya  baterai. Ini memungkinkan Anda memperkirakan  kapan Anda perlu mengisi ulang sehingga baterai tidak sering terkuras dan justru  memperpendek masa pakai baterai.  Ini adalah komponen yang diperlukan untuk 

     2. Menggunakan pengisi daya asli atau standar pabrikan  

     Menggunakan pengisi daya asli atau standar pabrikan sebenarnya  cukup sederhana, tetapi tidak seharusnya memiliki konsekuensi "serius", sering diabaikan. Charger aftermarket ini tentunya lebih murah dari charger original pabrikan sepeda, dan pengguna merasa hemat biaya dengan  fungsi yang sama, tentunya sudah disesuaikan dengan standar. Jika Anda menggunakan pengisi daya yang tersedia secara komersial, "pengaturan" mungkin tidak cocok, yang dapat berdampak buruk pada mesin. 

     3. Pastikan  baterai motor trolling Anda selalu terisi 

    Kunci untuk memperpanjang masa pakai baterai motor trolling, yang biasanya menggunakan lithium-ion, adalah  memastikan baterai selalu terisi. Performa baterai lithium-ion selalu bertahan lebih lama ketika energi dalam baterai tidak habis dan terus diisi ulang. Jadi pastikan  baterai diisi terus menerus. Isi daya baterai motor listrik segera setelah baterai mencapai 40% atau 50%. 

     4. Jangan mengangkut barang atau penumpang melebihi kapasitas motor listrik. 

     Motor listrik mungkin memiliki kelonggaran berat yang berbeda, tetapi umumnya berat maksimum yang dapat dibawa oleh motor listrik adalah sekitar 150 kg. 

     Membawa lebih banyak barang bawaan atau penumpang melebihi berat maksimum yang dapat dibawa oleh motor listrik ini membutuhkan traksi yang lebih besar daripada mengemudi dengan berat normal, sehingga baterai memberikan lebih banyak tenaga. Hal ini tentu akan mempengaruhi daya tahan baterai, menyebabkannya aus sebelum waktunya dan akhirnya berujung pada kerusakan. 

     5. Jangan Memarkir Motor Listrik Saat Cuaca Panas 

     Mungkin terdengar sepele, namun memarkir motor listrik di saat cuaca panas atau terkena sinar matahari langsung dapat memperpendek umur baterai motor listrik anda. Baterai yang terkena suhu tinggi secara permanen rentan terhadap pembengkakan, yang dalam kasus terburuk dapat menyebabkan korsleting atau bahkan ledakan. 

     Silakan parkir motor listrik di tempat  teduh agar tidak mempengaruhi masa pakai baterai.

    sumber: gpsku.co.id

    Ikuti tulisan menarik web seo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.