x

Iklan

ROBI GUMILAR

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Agustus 2022

Senin, 8 Agustus 2022 21:47 WIB

Mahasiswa KKN UPI Melaksanakan Program Sosialisasi Sehat dengan Fokus Pertumbuhan Anak

SDGs, yaitu merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup serta mengembangkan Pembangungan berkelanjutan bagi sekolah, dan masyarakat. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melaksanakan suatu program Pemberdayaan SDGs melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh para mahasiswa.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia senantiasa memenuhi seluruh kewajiban yang terkandung pada Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut setiap tahunnya. Kegiatan yang sedang semarak dilaksanakan dan diikuti ribuan mahasiswa UPI dewasa ini ialah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus 2022. Kegiatan ini dilaksanakan oleh mahasiswa secara berkelompok dan didampingi oleh dosen pembimbing secara daring. Salah satu Kegiatan KKN ini dilaksanakan di Kelurahan Margasari, Kecamatan Buahbatu, Bandung Jawa barat.

Dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan, KKN Tematik dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dengan peserta sosisialisasi.  KKN tematik ini terbagi menjadi 2 cara yaitu secara daring dan luring. Segala kegiatan yang dilakukan diusahakan dilaksanakan secara daring dikarenakan masih perlunya pencegahan penyebaran virus COVID-19. Namun agenda yang mengharuskan untuk dilakukan secara luring tetap menjaga protocol Kesehatan ketat sesuai dengan anjuran pemerintah tentang pencegahan penularan virus COVID-19.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan wujud nyata dari tugas dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni aspek pengabdian. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat Kelurahan Margasari, maka terjadi sinergi antara perguruan tinggi dengan masyarakat sebagai wujud knowledge demokrasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang “Menerapkan Pentingnya Gizi serta Perilaku dan Pola Makan Baik Bagi Anak Guna Mencegah Kondisi Stunting, Gizi Buruk, serta Anemia” guna membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah yang mendasari Kelaparan serta pertumbuhan selain itu juga membantu pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melalui Izin dari Kelurahan Margasari yang telah ditandatangani dalam SPK atau Surat Perjanjian Kerjasama, Program KKN ini dapat Dilaksanakan Mulai dari Sosialisasi serta Survey dan Pendataan bersamaan dengan Kegiatan Posyandu Bersama Para Ibu Kader dari Berbagai RW setempat. Dalam hal itu Mahasiswa KKN UPI memberikan Sosialisasi berdasarkan tema yang diambil guna mencegah kondisi ktunting, gizi buruk, serta anemia, Mahasiswa KKN UPI juga bertindak untuk meningkatkan partisipan Kegiatan Posyandu Mahasiswa UPI turut membagikan Poster untuk mengundang berbagai Keluarga agar mengetahui Pentingnya Pengukuran Berat serta tinggi bagi anak sehubungan dengan pertumbuhan anak.

Selain itu Mahasiswa UPI juga melakukan Sosialisasi Di Berbagai Sekolah Dasar Di kelurahan Margasari Agar dapat Menerangkan Kebiasaan Pola Hidup Sehat kepada para Murid setelah kegiatan sekolah dinyatakan dapat dilakukan secara Luring, melalui berbagai Game dan Kuis diharapkan para murid SD dapat memahami Pentingnya menerapkan Kebiasaan Pola HIdup Sehat terutama setelah melalui Pandemi Covid-19 ini.

Dengan terlaksananya serangkaian kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman pada para masyarakat serta siswa sekolah dasar mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan senantiasa menjaga pola makan dengan baik. Sehingga apabila para masyarakat serta siswa telah memahami pola hidup sehat diharapkan dapat mencegah terjadinya kasus stunting, kurus, kurang gizi, dan anemia pada anak usia sekolah dasar.

Ikuti tulisan menarik ROBI GUMILAR lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu