10 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 8 Agustus 2022 21:38 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 10 Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

    Ketika kamu sedang hamil tubuh kamu pasti akan mengalami banyak perubahan selama 9 bulan kedepan

    Dibaca : 512 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ketika kamu sedang hamil tubuh kamu pasti akan mengalami banyak perubahan selama 9 bulan kedepan, Berbagai tahap kehamilan dapat membawa berbagai perubahan untuk kondisi fisik kamu namun tidak idak semua orang mengalami hal yang sama karena setiap ibu hamil mempunyai keadaan yang berbeda dan berikut adalah perubahan yang paling penting untuk diketahui.

    1.Perubahan hormon

     

    Inilah sebabnya mengapa banyak wanita hamil memiliki "Suasana" itu. Wanita yang sedang hamil mengalami lonjakan dramatis pada progesteron dan estrogen. Ini juga yang menyebabkan kemurungan klasik selama kehamilan. Dalam prosesnya, hormon membantu janin berkembang dengan cara yang sehat.

    2.Penambahan berat badan dan retensi cairan

     

    Sangat umum bagi wanita hamil untuk ketika berat badan nya bertambah dan mempertahankan lebih banyak cairan. Berat ekstra dan gravitasi memperlambat sirkulasi cairan tubuh dan darah. Berat air ini juga dapat membatasi olahraga. Selama trimester kedua, banyak wanita mulai melihat pembengkakan dijari tangan nya dan kaki nya. Untuk meredakannya, mereka bisa menghindari berdiri terlalu lama dan mengonsumsi kafein atau natrium.

    3.Perubahan sensorik seperti rasa, penglihatan dan penciuman

     

    Sedikit yang orang tahu bahwa kehamilan tidak hanya mempengaruhi indra perasa juga memengaruhi indera penciuman dan penglihatan, Meskipun beberapa ibu hamil mengalami penglihatan yang sedikit berkurang atau ketidaknyamanan saat memakai lensa kontak, kebanyakan wanita gejala ini akan kembali ke penglihatan pra-kehamilan setelah melahirkan, tekanan mata juga merupakan efek samping yang sering dilaporkan saat wanita sedang hamil, seperti yang sudah kita ketahui ketika wanita hamil akan ada gejela mengidam makanan asin, manis, dan asam karena dysgeusia, atau penurunan kemampuan pengecapan.

    4.Perubahan payudara

     

    Saat tubuh bersiap untuk memasok susu untuk bayi yang baru lahir, tubuh mengalami beberapa perubahan, Areola atau kehitaman di sekitar puting sering menjadi gelap karena hormon kehamilan dan saat mereka tumbuh kelembutan dan sensitivitas sering terjadi Stretch mark juga bisa terjadi terutama jika ukurannya bertambah dengan cepat, Saluran susu juga berkembang dalam persiapan benjolan kecil juga dapat terjadi dari saluran susu yang tersumbat, tetapi jika tidak hilang setelah beberapa hari coba lakukan pemijatan dan kompres dengan air hangat hangat atau kamu juga bisa konsultasi ke dokter.

    5.Perubahan rambut dan kuku

     

    Banyak wanita yang mengalami pertumbuhan kuku dan rambut saat hamil tetapi hal ini juga dapat menyebabkan rambut rontok atau kebotakan, makan makanan sehat dan mengonsumsi vitamin prenatal penting selama kehamilan tetapi juga dapat menyebabkan kuku rapuh dan keratosis rambut rontok pasca-melahirkan juga umum terjadi karena kadar hormon dan folikel rambut mengatur dirinya sendiri tanpa penambahan hormon kehamilan.

    6.Sirkulasi dan volume darah

     

    Volume darah akan meningkat, yang dapat memperbesar tampilan pembuluh darah. Perubahan pada sistem peredaran darah dan tekanan darah ini dapat menyebabkan pusing dan pingsan selama kehamilan masalah ini juga dapat terjadi karena rahim yang membesar yang memberi tekanan pada pembuluh darah, serta perubahan nafsu makan atau metabolisme coba lakukan Istirahat yang cukup, meminum air dan mengenakan pakaian yang longgar agar dapat membantu meminimalkan hal ini.

    7.Pencernaan

     

    Karena hormon ibu hamil menyebabkan si ibu mengidam makanan, menolak makanan dan mual selama hamil menyebabkan sistem pencernaan juga mengalami beberapa perubahan besar seperti sembelit dapat terjadi karena penambahan berat pada rahim yang sedang tumbuh, dan mulas biasa terjadi pada trimester ketiga saat bayi yang sedang tumbuh mendorong perutnya oleh karena itu makan lebih sedikit dan sering dapat membantu mengurangi ini, serta antasida atau obat maag.

    8.Tingkat energi

     

    Sudah umum bagi calon ibu untuk merasa lelah ketika sedang hamil, karena tubuh kamu bekerja untuk menyesuaikan diri dengan semua perubahan yang terjadi padanya kelelahan ekstrem tidak jarang terjadi, dan dapat dikurangi dengan tidur siang sebentar sepanjang hari bagi wanita yang baru merasakan kehamilan hal ini akan kembali setidaknya sebagian selama trimester kedua dan ketiga.

    9.Ligamen dan sendi

     

    Untuk membuat lebih banyak ruang di sekitar panggul untuk melahirkan bayi, tubuh mengeluarkan hormon kehamilan salah satunya dikenal sebagai relaksasi dan mengendurkan sendi dan ligamen, alias pita jaringan ikat hormon ini meregangkan ligamen dan persendian di seluruh tubuh untuk mempersiapkan ketika persalinan, Bersantai juga menghasilkan "goyangan kehamilan" yang merupakan perubahan jalan karena perubahan kelengkungan tulang belakang dan perut yang lebih besar.

    10.Kaki lebih besar

     

    Cukup mengejutkan bagi  wanita tertentu melaporkan bahwa kaki mereka menjadi besar ketika hamil dan ukuran sepatu mereka juga akan ikut bertambah juga Ini karena berbagai alasan beberapa profesional menghubungkan ini dengan peningkatan hormon pertumbuhan ini juga mungkin karena fakta bahwa lengkungan di kaki rata selama kehamilan, meningkatkan ukuran alasan lain untuk peningkatan ukuran mungkin karena tubuh memproduksi lebih banyak cairan dari biasanya, dan itu akan sangat terasa sekali di kaki.

    Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: Dien Matina

    2 hari lalu

    Antre

    Dibaca : 167 kali