x

Iklan

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 2 September 2022 20:58 WIB

8 Resep Tradisional yang Meningkatkan Sistem Imun

oleh karena itu banyak sekali dianjurkan untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap bugar dan tau kah kamu kalau ada 8 resep tradisional yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh kamu dan ini sangat berguna sekali buat kamu yang sudah mulai beraktifitas di luar rumah lohh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di keadaan sekarang ini virus corona atau Covid-19 mungkin sudah mulai sedikit berkurang tidak seperti awal pandami yang membuat kita semua sangat khawatir, apalagi kalau kita mempunyai seorang anak dan juga orang tua yang sudah berumur, oleh karena itu banyak sekali dianjurkan untuk menjaga sistem imun tubuh agar tetap bugar dan tau kah kamu kalau ada 8 resep tradisional yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh kamu dan ini sangat berguna sekali buat kamu yang sudah mulai beraktifitas di luar rumah lohh.

1.Wedang Uwuh

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wedang Uwuh

Buat minuman tradisional yang bisa menjaga imun kamu adalah wedang uwuh yang berasal dari yogyakarta yang memiliki banyak sekali manfaat nya, selain untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh kamu wedang uwuh juga sangat bagus sekali untuk menurunkan kadar kolestrol, meredakan nyeri, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi manfaat yang nya yang bisa kamu dapatkan ketika meminum wedang uwuh ini.

Untuk cara pembuatan wedang uwuh ini terbilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet kamu hanya perlu menyiapkan kayu manis, jahe, secang, buah cengkeh, daun pala, daun cengkeh, gula dan air putih sehabis itu rebus semua bahan tersebut hingga air berubah warna menjadi merah dan lalu siap untuk di sajikan.

2.Beras Kencur

Beras Kencur

Untuk resep yang kedua masih berasal dari pulau jawa yaitu beras kencur, beras kencur biasanya bisa kamu temukan dengan mudah di tukang jamu keliling karena jenis ramuan ini memang sudah sangat ampuh dan juga manjur untuk meningkatkan sistem imun tubuh karena sangat kaya dengan anti oksidan, lalu apa hungan nya antioksidan dengan dengan sistem imun ? mungkin beberapa dari kamu masih ada yang belum tau kalau antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menurunkan sistem imun oleh karena itu secara tidak langsung antioksidan berperan dalam memperbaiki sistem imun kamu.

3.Kunyit Asam

Kunyit Asam

Selanjutnya adalah salah satu ramuan yang banyak sekali memiliki manfaat yaitu kunyit asam, salah satu manfaat yang dimiliki kunyit asam adalah mengurangi nyeri saat haid, mengurangi bau badan, mencegah jerawat, dan yang paling penting adalah membersihkan racun dan meningkatkan imun dalam tubuh.

4.Wedang Jahe

Wedang Jahe

Mungkin sebagian besar orang yang membaca ini sudah pasti pada tau dengan wedang jahe, wedang jahe sendiri adalah salah satu minuman tradisional yang berasal dari yogyakarta, di yogyakarta sendiri kamu bisa menemukan wedang jahe ini di setiap sudut kota karena memang banyak sekali orang jogja sendiri yang sangat menyukai minuman wedang jahe ini.

Wedang jahe sendiri memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu meminum nya secara rutin, manfaat yang kamu dapatkan ketika minum wedang jahe adalah mengurangi gula darah, mengurangi peradangan, melancarkan aliran darah, dan tentu saja meningkatkan sistem imun pada tubuh kamu karena memiliki antioksidan yang tinggi.

5.Temulawak

Temulawak

Berikutnya adalah temulawak yang menjadi salah satu resep leluhur yang sudah sangat terkenal di seluruh indonesia, untuk mengelolah nya kamu bisa menjadikan nya minuman dan cara menyajikan nya juga terbilang cukup mudah kamu hanya perlu mencapur resep resep yang dibutuhkan saja dan juga jangan lupa dengan temulawak nya juga yaa.

Manfaat temulawak juga sangat banyak buat kamu rajin mengkonsumsi nya seperti anti bakteri, mencegah kanker, meredakan peradangan, membantu proses metabolisme tubuh, dan tentunya juga meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun kamu.

6.Wedang Serai

Wedang Serai

Selanjutnya adalah serai/sereh yang sangat bermanfaat bagi tubuh kamu, mungkin beberapa dari kamu mungkin akan bertanya ko bisa serai menjadi salah satu resep yang sangat bermanfaat bagi sistem imun karena serai/sereh biasanya digunakan untuk memasak masakan seperti soto dan oseng oseng makanan yang lain nya, oleh karena itu kami akan memberitahu kamu cara mengelolah serai/sereh menjadi minuman yang penuh dengan manfaat untuk tubuh.

Kamu hanya perlu merebus serai/sereh hingga mendidih lalu sehabis itu siap kamu sajikan, manfaat serai juga sangat banyak seperti mengatsasi depresi, menjaga kadar kolestrol, dan tentunya mengusir radikal bebas karena mengandung antioksidan yang tinggi.

7.Jamu Sambiloto

Jamu Sambiloto

Berikutnya ada jamu sambiloto, mungkin beberapa dari kamu agak asing dengan jamu yang satu ini dan bertanya tanya apa itu jamu sambiloto ? nahh buat menjawab rasa penasan kamu kami akan menjelaskan secara singkat apa itu jamu sambiloto, sambiloto adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari asia dan india yang sangat terkenal dengan rasa yang sangat pahit atau dalam nama ilmiahnya tanaman ini disebut dengan Andrographis paniculata.

Meskipun rasanya pahit tanaman ini memiliki banyak manfaat dan menjadi salah satu resep tradisional yang sangat ampuh seperti membantu meredakan panas dalam, mengatasi infeksi saluran pernapasan, serta yang paling penting juga meningkatkan sistem imun dalam tubuh kamu, walaun rasanya yang pahit resep tradisional ini wajib kamu konsumsi secara rutin agar mendapatkan khasiat yang maksimal.

8.Wedang Kayu Manis

Wedang Kayu Manis

Dan yang terkahir adalah dalam resep tradisional yang dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh adalah wedang kayu manis, kayu manis bukan hanya bisa kamu gunakan untuk menjadi bahan makanan saja tetapi bisa juga diolah menjadi minuman yang bernama wedang kayu manis.

Wedang kayu manis ini sangat bagus untuk kekebalan dan juga imunitas pada tubuh karena mengandung anti oksidan yang tinggi selain itu wedang kayu manis juga bisa meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan gula darah dan masih banyak lagi manfaat nya.

Dan itulah 8 resep tradisional yang bisa membantu kamu menjaga sistem imun kamu di saat pandemi covid-19 seperti ini.

Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu