x

Iklan

Bayu Firmansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 7 September 2022 16:47 WIB

6 Tip Menghilangkan Luka Bakar Tanpa Operasi, Kulit Kembali Mulus

Setelah kamu melakukan semua itu, kamu bisa memilih beberapa tips yang ada di atas sebagai pengobatan untuk menghilangkan bekas luka bakar namun kamu juga harus tahu kalau ada beberapa orang yang alergi dengan bahan alamidi atas, jika luka bakar kamu ada di bagian kulit yang sensitif seperti area wajah maka pilihlah cara yang paling aman.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah mengalami cedera luka bakar entah itu terkena knalpot yang masih panas, atau bermain api saat masih kecil, dll. Saat terkena api atau benda panas yang lainnya memang bukan hanya rasa perih saja yang saat itu kamu rasakan, namun setelah itu juga pasti akan lebih merepotkan lagi karena bekas luka bakar tidak akan mudah hilang. Luka itu akan membekas.  Kalau kamu tidak melakukan penanganan khusus, bekas luka bakar akan susah hilang bahkan sampai bertahun-tahun. 

Orang yang memiliki luka bakar akan menjadi tidak pede. Banyak orang enggan memperlihatkannya karena malu. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kami akan memberi tau kamu tipmenghilangkan luka bakar agar kulit menjadi mulus seperti sebelumnya.

1. Madu

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Madu

Mungkin banyak dari kalian semua yang sudah tau kalau madu memiliki banyak manfaat nya sebagai obat alami yang ampuh mengatasi berbagai penyakit, namun kamu juga harus tau kalau madu bukan hanya dapat mengobati penyakit dalam saja akan tetapi madu juga bisa kamu gunakan sebagai menhilangkan bekas jerawat, flek hitam, dan juga luka bakar, hal ini di sebabkan karena madu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mempercepat regenerasi kulit, dan kamu juga harus tau semakin gelap warna madu nya maka semakin tinggi kandungan antioksidan nya.

Selain itu madu juga memiliki sifat asam serta mengandung hidrogen peroksida yang mampu memberikan efek anti radang, anti bakteri, dan anti septik, ini membuktikan bahwa madu dapat meningkatkan kadar kolagen pada jaringan kulit yang dapat mempercepat regenerasi kulit pada bagian yang terluka akibat luka bakar.

Setelah membaca nya pasti kamu sangat tidak menyangka nya bukan kalau madu sangat banyak memiliki manfaat untuk bagian kulit, lalu bagaimana cara menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka bakar ? caranya sangatlah mudah kamu hanya perlu oleskan madu setiap harinya pada bagian luka bakar kamu dan tunggu hingga sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat, lakukanlah ini secara rutin agar kamu mendapatkan manfaatnya agar luka bakar kamu benar benar hilang sepenuhnya dan kulit kamu kembali mulus.

2.Teh Hijau

Teh Hijau

Tips yang berikut nya adalah teh hijau yang juga sangat ampuh untuk menhilangkan bekas luka bakar, teh hijau dapat menghilangkan bekas luka bakar karena mengandung vitamin C, vitamin e, antioksidan, dan bersifat antiradang dan anti inflamasi, dengan banyak nya kandungan ini membuat teh hijau menjadi pilihan tepat dan cepat untuk meregenerasi kulit yang berkerut akibat luka bakar.

Lalu bagaimana cara menggunakan teh hijau untuk mempercepat meregenerasi kulit karena terkena benda panas ? cara nya cukup mudah dan tidak susah ko kamu hanya perlu menyiapkan wadah ukuran sedang lalu campurkan 1 sendok bubuk teh hijau, setengah soda kue, dan beberapa tetes air agar tidak terlalu kental, lalu sebelum kamu gunakan sebaik nya basuh dan bersihkan area luka yang ingin kamu oleskan, setelah kamu bersihkan oleskan ramuan yang tadi sudah kamu bikin lalu tunggu hingga 10-15 menit lalu setelah itu bilas dengan air hangat, lakukanlah ini secara rutin setiap hari nya hingga bekas luka bakar kamu menghilang sepenuhnya dan kulit kamu menjadi mulus seperti sebelum nya.

3.Lidah Buaya

Lidah Buaya

Selanjutnya yang ke tiga adalah lidah buaya yang bisa menyembuhkan bekas luka bakar, memang terdengar seperti hal yang sangat mustahil bukan karena mungkin sebagian dari kalian hanya tau lidah buaya bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan membuat rambut halus dan lurus, namun faktanya lidah buaya juga bisa di gunakan sebagai obat paling ampuh yang bisa kamu gunkan untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Tanaman lidah buaya memang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh dan kesehatan kalian, lidah buaya atau dalam bahasa latin nya di sebut aloe vera ini mengandung berbagai komponen penting seperti vitamin B, vitamin B12, vitamin E, vitamin E, asam float, mineral, antioksidan, antimokroba, anti radang, analgesik, dan anti inflamasi, sangat begitu banyak bukan kandungan yang ada di lidah buaya ini dan ini adalah alesan nya kenapa lidah buaya menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan bekas luka bakar pada kulit kamu.

Lalu bagaimana cara mengunakan lidah buaya pada kulit yang terkena luka bakar ? caranya cukup mudah dan tidak sulit sama sekali, kamu hanya perlu mengupas lidah buaya lalu oleskan kepada bagian kulit kamu yang ada bekas luka bakar nya lalu tunggu hingga 15 menit setelah itu bilas menggunakan air hangat dan keringkan, laukan cara ini setiap hari hingga bekas luka bakar kamu hilang sepenuh nya dan kulit kamu menjadi mulus lagi seperti sediakala.

4.Mentimun

Mentimun

Selanjutnya tips yang ke empat adalah dengan mentimun, wahh ko bisa mentimun untuk menghilangkan bekas luka bakar ? mungkin kebanyakan dari kalian taunya mentimun hanya di gunakan untuk lalapan saat makan pecel ayam, pecel lele, dan bebek goreng namun kamu juga haruh tau kalau mentimun sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar pada bagian kulit kamu lohh, kenapa mentimun bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar karena mentimun memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat seperti mineral yang sangat tinggi, vitamin A, vitamin C, asam float, asam kafeik, dan tentunya mentimun juga bersifat antioksidan dan anti radang sehingga mentimun menjadi obat yang sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Lalu bagaimana cara menjadikan mentimun untuk mengobati bekas luka bakar, caranya terbilang sangat mudah kamu hanya perlu  mengiris mentimun menjadi bagian tipis tipis saja lalau letakan kebagian kulit yang terkena luka bakar setelah itu diamkan selama 15 sampai 30 menit setelah itu bilas dengan dengan air hangat, lakukan ini secara rutin setiap harinya hingga kulit beregenerasi dengan cepat.

5.Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Tips yang ke lima adalah minyak zaitun yang memiliki komponen yang baik utuk kulit dan mengandung banyak vitamin dan zat seperti vitamin K, vitamin E, asam linoleat, dan polifenol yang bersifat antioksidan, tidak heran kalau minyak zaitun ini menjadi pilihan yang baik untuk menghilangkan bekas luka bakar, karena sangat cepat untuk meregenerasi kulit.

Selain itu minyak zaitun yang baik untuk kulit, minyak zaitun juga sangat bagus untuk kesehatan kamu jika mengkonsumsi nya secara teratus dapat menurunkan berat badan, mengontrol tekanan darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL), mencegah pertumbuhan sel kanker, dan memeilihara fungsi otak dan masih banyak lagi.

6.Air Kelapa

Air Kelapa

Tips yang terakhir untuk menghilangkan bekas luka bakar adalah dengan air kelapa yang banyak sekali mengandung berbagai nutrisi untuk tubuh kamu seperti vitamin C, kalium, magnesium, serat, dan protein, kandungan vitamin C pada air kelapa termyata sangat ampuh untuk menghilangkan bekas luka bakar selain itu air kelapa juga mengandung antioksidan dan mampu meningkatkan kadar kolagen pada kulit kamu.

Cara menggunakan air kelapa untuk mengobati kulit yang terkena luka bakar caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan saja air kelapa ke kulit yang terkena api kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit setelah itu basuh dengan air hangat, lakukanlah ini secara rutin hingga bekas luka bakar kamu hilang sepenuhnya.

Dan itulah 6 tips cara menghilangkan kulit yang ada bekas luka bakar nya tanpa perlu melakaukan oprasi, sebelum kamu mencoba tips yang sudah kami berikan sebaiknya sebelum mencobanya cobalah lakukan penanganan pertma untuk kulit kamu yang terkena luka bakar berikut adalah cara penanganan pertama yang harus kamu lakukan.

1.Hentikan proses pembakaran dengan cara menjauhi atau mematikan sumber panas.

2.Basuh luka dengan air mengalir (suhu air antara 20 sampai 25 derajat Celsius).

3.Oleskan obat anti-nyeri dan jaga luka agar tetap steril.

4.Jangan memecahkan gelembung luka bakar agar luka tidak semakin berbekas.

Setelah kamu melakukan semua itu, kamu bisa memilih beberapa tips yang ada di atas sebagai pengobatan untuk menghilangkan bekas luka bakar namun kamu juga harus tahu kalau ada beberapa orang yang alergi dengan bahan alamidi atas, jika luka bakar kamu ada di bagian kulit yang sensitif seperti area wajah maka pilihlah cara yang paling aman.

Ikuti tulisan menarik Bayu Firmansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu