x

Iklan

Meilina Kharisma

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Agustus 2022

Jumat, 12 Agustus 2022 13:03 WIB

Mahasiswa KKN Unej Mendata Pertumbuhan Anak dan Proyeksi Penyelenggaraan Pelatihan Kader Posyandu Desa Sumber Jeruk

Artikel ini berisi tentang program kerja KKN UMD Periode II Tahun ajaran 2021/2022

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BONDOWOSO 29 JULI 2022 – Pada tanggal 25 Juli 2022 Kelompok 282 KKN Unej Sumber Jeruk  berkolaborasi dengan lembaga posyandu teratai 3 Sumber Jeruk melakukan kegiatan pendataan pertumbuhan anak. Kegiatan ini sangat perlu dilakukan secara rutin karena puskesmas belum mendapatkan data valid, ini di karenakan sumber daya manusia kader posyandu yang berkualitas sedikit rendah.

Bergerak dengan permasalahan itu kelompok KKN 282 Unej Desa Sumber Jeruk mengambil langkah untuk membantu puskesmas dalam pendataan. Kegiatan ini di ikuti oleh ibalita yang didampingi para ibu.  

Menurut Bu Dona selaku  bidan Puskesmas Sumber Jeruk mengatakan bahwa harus ada pelatihan yang di selenggarakan untuk meningkatkan kompetensi para kader posyandu Sumber Jeruk. Dengan adanya kegiatan KKN ini merupakan momen yang bagus untuk penyelenggaraan pelatihan peningkatan kompetensi para kader. ”Pemahaman teknis mengenai penyuluhan khususnya di pengukuran berat badan, lingkar lengan,  dan inovasi makanan untuk balita perlu untuk di latih kembali dari para kader kader di posyandu,” ujarnya dalam sesi kordinasi dengan kelompok KKN Unej 282 Desa Sumberjeruk. Dari sesi kordinasi dengan pihak puskesmas juga menghasilkan output proyeksi penyelenggaraan pelatihan kader yang akan di lakukan dalam waktu dekat ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada Tanggal 27 Juli 2022 Kelompok 282 KKN Unej SumberJeruk melakukan kordinasi mengenai teknis penyelenggaraan pelatihan kompetensi kader dengan puskesmas pembantu Desa Sumberjeruk. Hasil kordinasi ini yang akan di sampaikan ke puskesmas pusat. Hasil koordinasi ini kelompok 282 KKN Unej diarahkan untuk ke puskesmas pusat untuk menyampaikan permohonan pengisi materi pelatihan dan juga penentuan tanggal.

Pada Tanggal 28 Juli 2022 Kelompok 282 KKN  Unej Desa Sumber Jeruk melakukan pertemuan dengan pihak puskesmas pusat untuk membahas mengenai topik yang akan di angkat dalam pelatihan. Dari hasil pertemuan itu dua Lembaga antara Kelompok KKN Unej 282 dan juga pihak Puskesmas menyepakati untuk tanggal dan waktu pelaksanaan pelatihan kompetensi kader.

Pada Tanggal 29 Juli 2022 Tim KKN 282 Unej Desa Sumber Jeruk melakukan korodinasi dengan pihak desa mengenai pelaksanaan pelatihan kader .Pihak desa melewati bu kades menyampaikan bahwa mendukung penuh rencana penyelenggaraan pelatihan ini untuk menunjang kopetensi para kader.

Ikuti tulisan menarik Meilina Kharisma lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu