x

pengembngan website Desa Taman

Iklan

KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juli 2022

Sabtu, 13 Agustus 2022 06:15 WIB

Mahasiswa KKN Unej Peduli Pengembangan Website Desa Taman sebagai Media Informasi dan Penjenamaan Desa

Mahasiswa KKN Tematik Unej Membangun Desa Periode II Tahun 2022 di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso melakukan pengembangan website desa sebagai media informasi resmi desa dan penjenamaan desa, dengan harapan dengan adanya website desa dapat meningkatkan pelayanan dari perangkat Desa Taman terhadap masyarakat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bondowoso, 5 Agustus 2022 –  Pertumbuhan teknologi informasi tidak dapat dihindari terutama dalam mempengaruhi kehidupan sosial manusia saat ini. Teknologi sendiri sudah menjadi bagian dalam kehidupan bermasyarakat dan menjadi bagian dari kehidupan manusia itu sendiri. Teknologi informasi (TI) saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan pesat dalam dunia TI telah membawa manfaat yang sangat besar bagi kemajuan peradaban umat manusia.

Di era serba digital seperti sekarang ini, berbagai sektor dalam masyarakat kini mulai beralih dan tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi. Bahkan saat ini hampir semua sektor telah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan mereka, tak terkecuali pada sektor pemerintahan. Salah satu teknologi yang umum digunakan dalam sektor pemerintahan adalah website. Website merupakan kumpulan halaman web yang saling berkaitan untuk menyajikan informasi tertentu, yang bisa diakses melalui nama domain di internet menggunakan aplikasi web browser.

Mahasiswa KKN Unej di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso tahun 2022, peduli terhadap pengembangan website desa yang berfungsi sebagai media informasi dan penjenamaan Desa Taman. Hal ini juga berkaitan dengan keinginan Kepala Desa Taman Bapak Adi Sonhaji yakni mengenai adanya informasi desa yang terpadu dalam sebuah website. Website desa ini nantinya juga dapat menunjang kinerja perangkat desa dalam pelayanan masyarakat, serta membantu masyarakat dalam megurus surat menyurat dengan lebih mudah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Website desa, atau website dengan domain berakhiran desa.id merupakan sebuah website yang dibuat untuk menampilkan informasi tentang suatu desa secara daring. Sebelum adanya Permen Kominfo No. 05 Tahun 2015, pengembangan desa melalui website masih belum banyak digunakan. Selain kendala sumber daya manusia, salah satu kendala lain adalah belum diaturnya penggunaan domain yang sesuai. Domain go.id milik pemerintah hanya dapat digunakan hingga tingkat kabupaten/kota. Sehingga website desa tidak dapat menggunakan domain go.id tersebut. Saat ini pemerintah sudah memberikan domain tersendiri untuk website desa dengan domain desa.id, hal ini tentunya juga mempermudah bagi desa untuk membuat sebuah website desa.

Langkah pertama yang dilakukan dalam pengembangan website desa adalah mengajukan domain desa.id untuk Desa Taman kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Kabupaten Bondowoso. Dimana pengajuan ini memerlukan persyaratan seperti Surat Keterangan (SK) Pengangkatan Kepala Desa dan Surat Kuasa yang menerangkan bahwa perangkat desa memberi wewenang pihak KOMINFO Kabupaten Bondowoso untuk mengelola website desa. Setelah domain desa.id dibuat, mahasiswa KKN Unej Kelompok 268 bertugas mengisi website Desa Taman dengan konten sesuai dengan data yang dimiliki oleh Desa Taman seperti profil desa, visi misi desa, peraturan desa, dan lain-lain.

            Mahasiswa KKN Unej Kelompok 268 Desa Taman, Kecamatan Grujugan, Kabupaten Bondowoso dibawah bimbingan dr. Yudha Nurdian M.Kes. yang beranggotakan Adhyasta Yuda Adrianto, Aditya Faradina Salsabilla, Anis Fila Klaudia, Dewi Sulistiawati, Efga Chanda Alifiandhi, Fatimatus Zahroh, Irfan Maulana, Lien Govi Yezavado, Tiara Puspita Arisanti, dan Yusrian Darus Syifa berharap dengan adanya website Desa Taman ini dapat membantu meningkatkan pelayanan perangkat Desa Taman terhadap masyarakat sekaligus supaya setiap warga desa bisa mengakses website secara daring dengan mudah dan dari sumber terpercaya. Karena tanpa adanya website desa, masyarakat akan mencari informasi atau data terkait Desa Taman dari pihak lain. Hal ini sangat beresiko ketika sumber informasi yang dituju dari sumber yang tidak terpercaya sehingga dapat menyebabkan suatu masalah. Website desa yang terintegrasi dengan KOMINFO dipastikan akan menjadi portal berita yang lebih kredibel.

 

Ikuti tulisan menarik KKN UNEJ Desa Taman - Grujugan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu