x

Iklan

Rahyu zulaiha ayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Agustus 2022

Senin, 29 Agustus 2022 06:03 WIB

Mahasiswa KKN-T IPB Melakukan Pemanfaatan Rumen Sapi dan Limbah Kerabang Telur serta Melakukan Pendataan Profil UMKM di Desa Kalimalang

Mahasiswa IPB melakukakan Kuliah Kerja Nyata Tematik di Desa Kalimalang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Sebagai bentuk kegiatan KKN-T yang dilakukan oleh mahasiswa IPB di Desa Kalimalang, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo dibentuk program kerja diantaranya ialah “Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Pupuk POC, Pelatihan serta Pendampingan Pemanfaatan Kerabang Telur Sebagai Tepung Kalsium untuk Campuran Pupuk Tanaman dan Pakan Ternak, dan Pembuatan Denah dan Pendataan Profil UMKM. Program kerja yang dibentuk oleh tim KKN-T Desa Kalimalang berfokus kepada stakeholder petani, peternak, dan pelaku UMKM.

POC digunakan sebagai komponen penting pada pertumbuhan tanaman padi dan jagung. Penggunaan POC dapat memecahkan beberapa masalah pertanian diantaranya penyakit kerdil padi dan rusaknya struktur tanah pertanian. Bahan-bahan utama yang digunakan pada pembuatan POC yang dikenalkan oleh mahasiswa KKN-T IPB Desa Kalimalang ialah isi rumen sapi atau kambing dan air leri (air cucian beras).

Program kerja tersebut dilaksanakan dengan beberapa kegiatan yaitu pelatihan dan pendampingan pembuatan POC, perawatan POC, dan pengaplikasian pada lahan pertanian. Kegiatan berlangsung selama 11 Juli 2022 hingga 26 Juli 2022.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pelatihan dan pendampingan pembuatan POC dihadiri oleh perwakilan kelompok tani Dukuh Krajan dan Dukuh Sragi Lor dengan masing-masing dukuh berjumlah 5 peserta dan perangkat Desa Kalimalang. Peserta melihat langsung dan mempraktekan proses pembuatan POC dengan antusias. Kelompok tani Desa Kalimalang merasa terbantu dengan kegiatan ini, sebab pada periode tahun 2022 Desa Kalimalang tidak mendapatkan subsidi POC yang biasanya mereka dapatkan di tiap periode yang ditentukan.

Output yang dihasilkan pada program kerja ini ialah petani dapat mengambil POC yang telah mereka buat selama kegiatan pelatihan dan pendampingan, sehingga dapat langsung diaplikasikan pada lahan pertanian. Kemudian output berupa buku panduan pembuatan POC Isi Rumen dan Jakaba yang diberikan kepada perwakilan kelompok tani Desa Kalimalang. 

Kerabang telur merupakan salah satu limbah yang dihasilkan dari proses pembuatan roti. Dalam sehari UMKM roti dapat menggunakan cukup banyak telur, sehingga kerabang telur yang dihasilkan cukup banyak. Salah satu pelaku UMKM roti mengaku apabila kerabang telur dibuang begitu saja akan mendatangkan ulat dan hewan lainnya yang dapat mengganggu lingkungan.

Tepung kerabang telur merupakan inovasi dari permasalahan limbah kerabang telur. Mahasiswa KKN-T IPB yang bertugas di Desa Kalimalang menciptakan produk tepung kerabang telur yang dapat dimanfaatkan menjadi penambah kalsium dalam makanan, pakan ternak, hingga pupuk untuk tanaman.

Mahasiswa KKN-T IPB Desa Kalimalang melakukan pelatihan pembuatan tepung kerabang telur yang diikuti oleh beberapa pelaku UMKM roti. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2022. Bersama pelaku UMKM roti, mahasiswa KKN-T membuat tepung kerabang telur dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan.

Tepung kerabang telur yang telah dihasilkan digunakan sebagai bahan campuran pada produk cookies. Produk cookies fortifikasi tepung kerabang telur akan diuji organoleptik oleh mahasiswa dan karyawan UMKM roti Desa Kalimalang, pemilik UMKM roti, dan mahasiswa KKN-T. Uji organoleptik ditujukan untuk mengetahui daya terima konsumen terhadap produk tersebut. Uji Organoleptik dilakukan pada tanggal 26 Juli 2022. Dengan dilakukannya pemanfaatan limbah kerabang telur menjadi tepung kalsium diharapkan UMKM roti dapat membuat produk tambahan yang dapat berguna untuk pengusaha roti, petani, dan peternak.

Profil perusahaan adalah deskripsi perusahaan secara ringkas, yang dapat menggambarkan kualitas dan fokus kerja sebuah perusahaan. Profil perusahaan juga biasanya dibuat untuk customer, seperti mengajukan penawaran, baik kepada calon konsumen, mitra bisnis, atau calon investor. Selain demi image perusahaan, sebuah profil perusahaan yang terlihat profesional dapat membantu kelancaran bisnis. 

Pendataan profil UMKM di desa kalimalang dilaksanakan secara bertahap dimulai dari tanggal 16 Juli sampai 25 Juli 2022. Profil UMKM ini telah di unggah di website desa https://pariwara.kim.id/potensi sehingga akan menciptakan hubungan dengan pelanggan, upaya memperkuat branding, promosi, dan sebagai alat pemasaran.

Adapun daftar UMKM yang ada di Desa Kalimalang adalah Berkah Ban Pak Riadi, Rengginang Bu Setya, roti pak Mujio/Bu Yuli, Roti Annda, Kharisma Roti, Susu Kedelai Madu, Bengkel Las Pak Mul, Tempe Bu Sini, Ganongan Pak Nur, Telur Asin Shakila,  Tempe Bu Sari, Pengrajin Kulit, Peyek Bu Marsuji, Roti Widiandra, Roti Mekarsari, Roti Tri Murni, Roti Gilang Arum, Roti Wahyu Bakery and Cake, Roti Sri Mentari, Roti Dwi Asih dan Kaji Stempel.

Dengan adanya pendataan profil UMKM yang telah dilaksanakan mahasiswa KKN-T IPB di desa Kalimalang, diharapkan masyarakat dari dalam dan luar daerah dapat berkunjung ke sentra UMKM dengan mudah sehingga dapat meningkatkan brand awareness masyarakat pada setiap industri yang akan berdampak pada keberlanjutan pada setiap usaha. 

Masyarakat Desa Kalimalang berharap dengan diadakannya program kerja yang berfokus pada sektor pertanian, peternakan, dan UMKM mampu memecahkan masalah yang sedang terjadi di masyarakat.

 

Ikuti tulisan menarik Rahyu zulaiha ayu lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu

Terkini

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

20 jam lalu