Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram - Urban - www.indonesiana.id
x

cara meningkatkan followers instagram

Zaki Nur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Agustus 2020

Senin, 29 Agustus 2022 06:18 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram

    Pembahasan lengkap mengenai centang biru Instagram dan cara mendapatkannya. Bagi yang tertarik dengan pembahasan lencana centang biru Instagram maka silahkan langsung saja simak artikel ini hingga selesai.

    Dibaca : 1.010 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ketika menjelajah Instagram tentu Anda pernah atau mungkin sering melihat akun dengan tanda centang biru di samping nama akun tersebut, lalu apa sih sebenarnya centang biru tersebut?

    Well, centang biru Instagram atau Blue Checkmark merupakan fitur yang diterapkan oleh Instagram untuk membedakan mana akun asli (official atau legit) dengan akun fake (palsu) yang ada di platform mereka dengan tujuan untuk menghindari berbagai potensi kejahatan yang akan muncul dari tindak peniruan.

     

    Lalu untuk siapa saja lencana centang biru ini diperuntukkan?

    Tentu saja untuk orang-orang, lembaga, korporasi, atau institusi yang berpotensi besar menjadi korban peniruan.

     

    Lalu, apabila akun Instagram kita ditiru oleh satu atau dua orang karena mungkin mereka punya masalah atau rasa tidak suka pada kita maka apakah kita juga bisa mendapatkan akun centang biru Instagram?

    Jawabannya bisa iya bisa tidak, jika Anda memenuhi syarat-syarat yang Instagram tentukan dan jadikan patokan maka kemungkinan besar Anda akan mendapatkannya, jika tidak memenuhi maka Anda tidak akan mendapatkannya. Instagram tidak memberikan centang biru ke semua akun yang menjadi korban peniruan karena di Instagram sendiri ada fitur pelaporan akun untuk melaporkan suatu akun yang melakukan peniruan.

     

    Nah, itu dia sedikit pembahasan mengenai fitur lencana centang biru di platform Instagram, tanpa berlama-lama ini dia syarat-syarat yang perlu Anda penuhi dan langkah-langkah yang harus Anda tempuh untuk mendapatkan centang biru Instagram.

     

    Syarat dan Cara Mendapatkan Centang Biru Instagram 

    Syarat :

    • Punya popularitas. Punya popularitas disini maksudnya Anda punya populer di Instagram atau di platform sosial media lain ataupun populer di dunia nyata, sebesar apa popularitas yang diperlukan? jawabannya hanya Instagram yang tahu.
    • Akun autentik dan unik. Akun Anda harus autentik (benar-benar merepresentasikan orang, lembaga, atau institusi) dan unik alias konten yang Anda upload bukanlah tiruan dari akun lain.

     

    Cara Mendapatkan :

    1. Login akun Instagram.
    2. Buka menu Pengaturan.
    3. Masuk ke pengaturan Akun.
    4. Pilih Minta Verifikasi.
    5. Isi semua kolom yang ada, pada step 1 Anda disuruh mengkonfirmasi autentitas akun Anda dengan mengisi nama dan dokumen Identifikasi diri Anda (KTP atau SIM) atau bisnis atau lembaga yang akun Anda representasikan.
    6. Pada step 2 Anda disuruh mengkonfirmasi notabilitas orang atau merek yang akun Anda wakili. Simpelnya disini Anda disuruh membuktikan apakah akun Anda benar-benar penting dan akan bermanfaat untuk kepentingan publik.
    7. Jika semua yang wajib diisi sudah diisi maka silahkan kirim permohonan verifikasi. Meski tidak wajib namun kolom opsional dapat membantu Anda meyakinkan Instagram bahwa Anda patut mendapatkan centang biru, seperti contohnya tautan artikel di media massa yang membahas orang atau bisnis atau lembaga yang akun Anda representasikan, bahkan banyak orang atau bisnis yang sudah cukup populer namun kesusahan mendapatkan centang biru dan akhirnya menggunakan jasa press release untuk meningkatkan popularitas dan kredibilitas di mata Instagram.
    8. Jika sudah terkirim maka tinggal tunggu selama 30 hari, jika setelah 30 hari belum mendapatkan centang biru maka Anda bisa mengajukan lagi sambil memenuhi syarat-syarat yang mungkin belum terpenuhi.

     

    Jika sudah mendapatkan centang biru, manfaatkanlah sebaik-baiknya untuk hal-hal yang positif dan jangan manfaatkan kepercayaan tersebut untuk hal-hal negatif atau malah tindak kriminal. Oh iya, bagi Anda yang ingin mengajukan centang biru, pikirkanlah baik-baik apakah Anda benar-benar butuh lencana tersebut, jika alasan Anda hanya agar bisa pamer atau alasan remeh-temeh lainnya maka sebaiknya tidak usah.

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

     

    Ikuti tulisan menarik Zaki Nur lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.