Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan - Humaniora - www.indonesiana.id
x

image: Tasting Table

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 19 September 2022 18:44 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

    Lain kali Anda harus memuaskan dahaga Anda, pertimbangkan untuk meraih air kelapa. Minuman trendi ini penuh dengan vitamin dan mineral alami yang membantu hidrasi.

    Dibaca : 394 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Inilah mengapa minuman ini adalah pilihan yang bergizi

    Lain kali Anda harus memuaskan dahaga Anda, pertimbangkan untuk meraih air kelapa. Minuman trendi ini penuh dengan vitamin dan mineral alami yang membantu hidrasi dan sering ditemukan dalam smoothie dan resep lain seperti saus salad.

    Tetapi sementara beberapa orang bersumpah dengan manfaat minum air kelapa, apakah itu benar-benar pilihan terbaik saat Anda haus?

    Ahli diet Maxine Smith, RDN, LD, menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui tentang air kelapa dan bagaimana mengetahui apakah itu pilihan yang baik untuk Anda.

    Apa itu air kelapa?

    Air kelapa, yang merupakan cairan bening yang terdapat di dalam kelapa, berbeda dengan santan, yang menggabungkan air kelapa dengan parutan kelapa. Air kelapa memiliki rasa yang sedikit manis, rasa pedas, serta rendah gula dan kalori.

    Namun, itu juga menawarkan elektrolit seperti kalium, natrium dan magnesium, yang semuanya membantu mengisi kembali nutrisi yang hilang. Artinya adalah sesuatu yang baik untuk diminum setelah berolahraga atau selama penyakit ringan — meskipun, mungkin tidak lebih baik daripada air.

    Ada juga bukti dalam penelitian terbaru, meskipun tidak konklusif, bahwa ketika dioleskan langsung ke kulit Anda, air kelapa dapat membantu melawan jerawat.

    Apa saja manfaat minum air kelapa?

    Minum air kelapa dapat menjadi bagian dari diet sehat karena membantu Anda tetap terhidrasi sambil rendah kalori dan bebas dari lemak dan kolesterol. Sebelum Anda membuka sebotol air kelapa, pastikan Anda mengetahui bagaimana hal itu dapat mempengaruhi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi dan kondisi lainnya.

    Membantu dalam hidrasi

    Meskipun sebanding dengan minuman olahraga, yang dapat diisi dengan tambahan gula dan perasa, air kelapa rendah kalori dan karbohidrat. Elektrolit kalium, natrium, dan magnesium itu memainkan peran utama dalam daya tarik air kelapa. "Karena elektrolit, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu hidrasi yang secara khusus terkait dengan olahraga," kata Smith.

    Tetapi Smith memperingatkan bahwa penelitian tersebut menggunakan air kelapa yang diperkaya dengan natrium, yang mungkin bukan pilihan yang bagus untuk kebanyakan orang dan harus disediakan untuk mereka yang berolahraga selama satu jam atau lebih. "Ini dapat membantu melakukan sesi latihan yang panjang," kata Smith. “Namun, elektrolit dalam air kelapa bervariasi. Minuman olahraga adalah taruhan yang lebih andal untuk situasi ini. ”

    Aturan praktisnya adalah untuk setiap kilogram berat badan yang hilang selama berolahraga, Anda perlu mengisi kembali tubuh Anda dengan sekitar 20 ons cairan, baik itu air kelapa, minuman olahraga, atau air. "Air masih merupakan cara terbaik untuk menghidrasi," kata Smith.

    Tinggi kalium

    Kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup kalium dalam makanan mereka. Mineral membantu menghilangkan natrium ekstra dari tubuh Anda melalui urin Anda. Air kelapa bahkan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

    Penelitian awal menunjukkan bahwa air kelapa dapat menurunkan tekanan darah pada mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Namun, jika Anda sedang menjalani pengobatan tekanan darah, sebaiknya hindari air kelapa karena bisa menurunkannya terlalu banyak. Sebaiknya diskusikan hal ini dengan dokter Anda.

    Juga disarankan agar Anda tidak minum air kelapa dua minggu sebelum operasi apa pun karena dapat memengaruhi tekanan darah Anda karena kadar potasiumnya yang tinggi.

    Rendah kalori

    Jus buah lainnya bisa tinggi gula tambahan, kalori dan karbohidrat. Air kelapa, di sisi lain, lebih rendah kalori, menjadikannya pilihan yang baik bagi mereka yang menyukai minuman manis.

    "Ini memiliki sekitar 40 hingga 60 kalori dalam 8 ons - sekitar 1/2 dari jus jeruk," kata Smith. “Jika Anda menikmati rasanya, itu bisa menjadi bagian dari diet sehat.”

    Bebas lemak dan kolesterol

    Air kelapa adalah 94% air dan bebas lemak dan bebas kolesterol. "Untuk minuman rekreasi, Anda ingin mendapatkan yang tanpa pemanis dan yang tidak menambahkan natrium," kata Smith.

    Dia juga menyarankan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa karena semakin tua air kelapa, semakin kehilangan nutrisi dan mungkin terasa aneh.

    Pencegahan batu ginjal

    Di A.S. 11% pria dan 6% wanita memiliki batu ginjal setidaknya sekali seumur hidup, menurut  the National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Tetap terhidrasi adalah kunci untuk mencegahnya. Smith mengatakan minum air kelapa, sebagai bagian dari diet seimbang, dapat memberikan sedikit kelegaan dan membantu menyiram sistem Anda. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa air kelapa meningkatkan pembuangan kalium, klorida, dan sitrat dalam urin.

    “Ada banyak jenis batu yang berbeda,” kata Smith. "Tetapi jika dokter Anda menyarankan Anda memasukkan lebih banyak potasium ke dalam makanan Anda, air kelapa bisa bermanfaat."

    Kulit lebih sehat

    Air kelapa juga dapat membantu memerangi jerawat karena sifat antimikrobanya, menurut sebuah studi awal tahun 2017. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi air kelapa dapat membantu sistem antioksidan Anda dengan menetralkan efek radikal bebas.

    Tip minum air kelapa

    Meskipun ada banyak pilihan saat Anda mencari air kelapa di pasar atau toko bahan makanan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mencobanya.

    • Baca labelnya. Pilih pilihan yang 100% air kelapa dan tidak mengandung tambahan gula atau pengawet.
    • Minumlah setelah berolahraga untuk meningkatkan hidrasi.
    • Nikmati setiap saat sepanjang hari. Air kelapa dapat dinikmati dengan perut kosong atau dengan makan.
    • Campurkan dengan minuman lain. Jika Anda tidak menyukai rasa air kelapa, coba tambahkan ke air soda atau gunakan dalam smoothie.
    • Berhati-hatilah jika Anda memiliki penyakit ginjal kronis atau menggunakan ACE inhibitor karena orang tersebut perlu membatasi potasiumnya.
    • Hindari jika Anda sedang hamil. Smith mengatakan tidak ada cukup penelitian tentang bagaimana air kelapa memengaruhi individu hamil. Untuk berada di sisi yang aman, yang terbaik adalah menghindari.

     

    ***
    Solo, Senin, 19 September 2022. 7:25 am
    'salam sehat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko

     

    Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.







    Oleh: Dien Matina

    3 hari lalu

    Antre

    Dibaca : 215 kali