5 Khasiat Semangka Sebagai Sumber Antioksidan Buah Tropis - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Unsplash

KampungDrakor

Satriawan_rzl
Bergabung Sejak: 15 September 2022

Kamis, 22 September 2022 15:18 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • 5 Khasiat Semangka Sebagai Sumber Antioksidan Buah Tropis

    Siapa yang Tidak Tahu Semangka? Di Indonesia sendiri, semangka sebagai buah tropis diperdagangkan di pasar tradisional dan modern karena memiliki rasa komersial. Tidak hanya rasa segar, buah yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di dalamnya.

    Dibaca : 502 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Khasiat Semangka - Siapa yang Tidak Tahu Semangka? Di Indonesia sendiri, semangka sebagai buah tropis diperdagangkan di pasar tradisional dan modern karena memiliki rasa komersial. Tidak hanya rasa segar, buah yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat di dalamnya.

    Anda harus sering menemukan semangka sebagai menu makanan penutup. Rasa yang manis dan menyegarkan membuat semangka biasanya dimakan saat cuaca panas saat musim kemarau tiba.

    Semangka adalah buah yang selalu ada sepanjang tahun dengan rasa yang lezat, lezat, dan sangat bermanfaat bagi semua orang. Tidak heran buah ini populer dengan banyak orang dari berbagai lingkaran.

    Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menikmati buah yang satu ini. Semangka dapat digunakan sebagai hidangan penutup, jus, untuk makanan ringan anak -anak.

    Semangka dengan nama Latin Citrullus lanatus adalah buah yang berasal dari Afrika Selatan, Anda tahu. Semangka memiliki kulit hijau dengan daging merah atau kuning.

    Semangka adalah tanaman ramuan yang merayap yang diperkirakan dipanen 5.000 tahun yang lalu. Kemudian tanaman yang berasal dari Afrika mulai menyebar melalui pedagang ke Cina, Amerika, India dan Indonesia.

    Semangka memiliki segudang nutrisi, vitamin, mineral, dan senyawa lainnya. Kandungan nutrisi dalam semangka adalah protein, lemak, serat, karbohidrat, fosfor, kalsium, natrium, kalium, seng, beta karoten, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

    Selain itu, semangka kaya akan antioksidan, seperti likopen, karotenoid, dan cucurbitacin E.

    Manfaat buah semangka
    Semangka adalah buah pelepas buah yang baik untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Lihat ulasan berikut hingga akhir, ya.

    1. Membantu tetap terhidrasi
    Semangka adalah buah yang sering dinikmati saat musim kemarau tiba. Kebanyakan orang di daerah tropis memilih semangka untuk mencegah dehidrasi.

    Makan semangka akan membantu Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Untuk menjaga tubuh seseorang terhidrasi, minum air ke dalam hal utama.

    Namun, makan semangka sebagai makanan dengan kadar air tinggi juga dapat membantu. Sebuah studi mengatakan bahwa semangka mengandung 92% air di dalamnya.

    Kadar air yang tinggi sering kali menjadi alasan mengapa kebanyakan orang mengonsumsi semangka. Kadar air yang tinggi dalam semangka membantu merangsang pelepasan kelebihan cairan dalam bentuk keringat. Makan semangka dalam cuaca panas akan membantu mengurangi suhu tubuh Anda.

    Semangka juga dapat membantu seseorang merasa kenyang. Kombinasi serat dan air dalam semangka segar membuat orang tampaknya mengonsumsi makanan dalam jumlah besar tanpa banyak kalori.

    2. Mengandung senyawa dan nutrisi yang berguna
    Seperti yang kita ketahui, semangka adalah buah tropis dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa yang berguna. Semangka adalah salah satu pelepasan kehausan dengan kalori rendah bila dibandingkan dengan buah -buahan lainnya.

    Penasaran berapa banyak kalori yang dimiliki semangka? Setelah dilacak, ternyata semangka hanya memiliki 46 kalori per cangkir. Jumlah ini dianggap lebih rendah dari gula rendah sebagai beri.

    Kandungan antioksidan karotenoid, beta karoten, dan likopen dalam buah semangka cukup tinggi. Kemudian semangka juga memiliki asam amino atau garis citrullines yang penting untuk tubuh.

    Jika dijelaskan, kandungan karotenoid dalam semangka dapat dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Selain itu, likopen sebagai antioksidan yang kuat adalah jenis karotenoid dalam makanan nabati. Semangka memiliki senyawa cucurbitacin dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan.

    3. Membantu meluncurkan pencernaan
    Kandungan nutrisi semangka berguna untuk membantu meluncurkan pencernaan. Semangka sebagai buah yang mengandung banyak air dapat membantu Anda meluncurkan sistem pencernaan.

    Kemudian kandungan serat yang dimiliki oleh semangka diyakini meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Pergerakan usus yang sulit atau sembelit dapat terjadi karena tubuh tidak memiliki serat. Semangka sebagai buah tinggi untuk kadar air dapat menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi kondisi sembelit.

    4. Baik untuk wanita hamil
    Selain itu, semangka memiliki manfaat yang baik untuk wanita hamil. Umumnya, kondisi mulas sering terjadi selama kehamilan. Semangka diyakini meringankan mulas yang umum pada wanita hamil.

    Tidak hanya itu, semangka sangat baik untuk konsumsi wanita hamil karena dapat membantu meringankan mual di pagi hari. Kemudian kandungan mineral yang dimiliki oleh semangka juga dapat membantu mencegah kram otot untuk wanita hamil di trimester ketiga.

    5. Membantu mencegah kanker
    Salah satu penyebab kanker adalah radikal bebas. Semangka ternyata memiliki manfaat untuk membantu mencegah kanker. Kandungan likopen dan senyawa tanaman individu dalam semangka berguna untuk efek anti -kanker.

    Kandungan likopen yang dimiliki oleh buah tropis berguna untuk mengurangi risiko kanker dengan mengurangi faktor pertumbuhan yang mirip dengan insulin yang terlibat dalam pembelahan sel. Selain itu, senyawa cucurbitacin dalam semangka diyakini mampu menghambat pertumbuhan tumor.

    Ikuti tulisan menarik KampungDrakor lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.