Mengenal Sejarah Labuan Bajo; Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia - Hiburan - www.indonesiana.id
x

Ruqyah Cirebon

Jurnalistik
Bergabung Sejak: 12 Juli 2021

Senin, 26 September 2022 11:15 WIB

  • Hiburan
  • Topik Utama
  • Mengenal Sejarah Labuan Bajo; Destinasi Wisata Eksotis di Indonesia

    Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak kepulauan. Terdapat sekitar 17.504 pulau yang tercatat sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

    Dibaca : 2.559 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak kepulauan. Terdapat sekitar 17.504 pulau yang tercatat sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Keseluruhan pulau ini yang menyimpan banyak keindahan dan memberikan daya tarik wisata baik itu lokal maupun mancanegara. Salah satu pulau yang terkenal dengan wisata pantainya di Indonesia adalah Labuan Bajo.

    Mengapa sih Labuan Bajo? Sebenarnya Indonesia sejak dulu sudah terkenal dengan pantai-pantainya yang terdapat di pulau Bali dan Lombok. Namun pada akhir-akhir ini dengan kedatangan seorang pemain sepak bola yang terkenal ke tempat Labuan Bajo, maka hal ini bisa dikatakan Labuan Bajo yang merupakan salah satu daerah destinasi wisata yang terkenal hingga ke luar negri. 

    Sejarah Labuan Bajo

    Dari sebelah timur Negara Indonesia, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat sebuah desa yang bernama Labuan Bajo. Labuan Bajo ini merupakan salah satu desa yang terdapat 9 desa yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

    Menurut para ahli sejarah, Labuan ini berasal dari kata labuhan yaitu sebuah desa yang dijadikan tempat berlabuh bagi orang-orang yang berasal dari Bajo dan suku Bugis Sulawesi Selatan. Pada akhirnya desa ini kemudian disebut dengan nama Labuan Bajo.

    Dengan eksotismenya, Labuan Bajo ini menjadi destinasi wisata yang sangat terkenal hingga ke luar negri. Menjadi destinasi wisata unik, Labuan Bajo ini kemudian menjadi ibukota Kabupaten Manggarai Timur dengan fasilitas transportasi berupa dermaga, pelabuhan bahkan terdapat bandar udara.

    Obyek Wisata

    Labuan Bajo memiliki banyak sekali tempat obyek wisata. Bisa dikatakan sebenarnya hampir setiap meter wilayahnya ini memiliki keindahan dan juga keunikan. Mengapa tidak, Labuan Bajo memang pulau yang kecil pulau ini menghubungkan seluruh keindahan mulai dari pantai, laut dan bukit serta padang rumput yang hijau. Bahkan terdapat juga sebuah desa yang unik dengan kelestarian adat istiadatnya jaman dahulu yang masih terjaga hingga saat ini.

    Obyek-obyek wisata yang terkenal di labuan bajo yaitu Pulau Komodo, Pantai Pink, Manta Point, Pulau-pulau kecil seperti kanawa, loh liang, air terjun bahkan goa pun terdapat di Labuan Bajo. Pulau yang paling terkenal diantara semuanya adalah Pulau Komodo. Pulau Komodo disebut demikian oleh karena terdapat hewan-hewan komodo.

    Hewan komodo ini yang merupakan hewan satu-satunya yang selamat setelah dahulu kala terjadi letusan gunung Krakatau yang menyebabkan terjadinya tsunami besar. Dengan keberadaannya yang lengendaris, hewan komodo ini merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Begitu juga Pulau Komodo menjadi Taman Nasional yang diakui sebagai kategori situs warisan dunia oleh badan perserikatan bangsa-bangsa yaitu UNESCO.

    Selain Pulau Komodo, yang juga terkenal adalah Pantai bewarna Pink dan Manta Point. Pantai pink adalah pantai dengan pasir yang berwarna pink yang sangat menarik dan unik pemandangannya sedangkan Manta Point adalah patung yang terdapat didasar salah satu pantai yang ada di Labuan Bajo, Patung ini yang menjadi salah satu spot diving yang juga memiliki keunikan.

    Demikian ulasan aetikel mengenai sejarah Labuan Bajo. Keberadaannya yang eksotis memang tempat ini sangat menggiurkan untuk dikunjungi. Semoga artikel ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda semua.

     

    Referensi : Paket Wisata Labuan Bajo 

    Ikuti tulisan menarik Ruqyah Cirebon lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.






    Oleh: Bayu Lukmana

    Selasa, 8 November 2022 17:43 WIB

    Lagu Satu Jiwa Lambang Toleransi Keragaman

    Dibaca : 753 kali