x

Iklan

Andi Sukmayani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 September 2022

Selasa, 27 September 2022 06:31 WIB

Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak TK Kelas B Melalui Audio Visual

judul : Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Kelas B Melalui Audio Visual di TK Negeri Pembina Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan Prov. Sulawesi Tengah Best Practice (Prakti Baik) ini disusun dengan menggunakan metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi dan Dampak)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Meningkatkan kemampuan Menyimak Anak melalui media Audio Visual

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lokasi  : Di Salakan kabupaten banggai kepulauan sulawesi tengah

Lingkup Pendidikan : TK Negeri Pembina Salakan 

Tujuan yang ingin dicapai : Untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak.

Penulis  : Andi Sukmayani 

Tanggal : 29 Agustus 2022

Situasi : 

Terdapat beberapa anak yang kemampuan menyimaknya masih rendah hal tersebut dikarenakan

  1. Metode yang digunakan kurang tepat untuk memicu kemampuan menyimak anak
  2. Media yang digunakan kurang menarik minat anak.
  3. Kurangnya Kratifitas dalam menyampaikan informasih.

Hal tersebut (praktik) perlu dan penting dilakukan karena hal tersebut merupakan pondasi untuk anak dalam memahami apa yang disampaikan, menyerap informasih yang penting dan memahami informasi penting yang terdapat dalam cerita atau penjelasan.

Peran :

1.Kepala Sekolah sebagai penanggung jawab

2.Guru / Pendidik sebagai orang yang memberikan pengantar

3.Peserta didik / Anak didik sebagai subjek (yang melakukan kegiatan )

Tantangan : 

  1. Pentaan Ruangan sesuai dengan model pembelajaran yang dilaksanakan, dalam ruangan, saya menggunakan Proyektor dan layar proyektor sehingga untuk menata ruangan tersebut dibutuhkan waktu yang agak lama untuk menentukan posisi terbaik
  2. Setelah mereka menyimak, pada saat tanya jawab dengan pendidik saking semangatnya menjawab mereka menjawabnya bersamaan tanpa memberi kesempatan satu sama lain, sehingga situasi kelas menjadi sedikit berisik.

Yang terlibat dalam Tantangan ini adalah :

  1. Pendidik
  2. Peserta didik
  3. Rekan sejawat.

Aksi : 

  1. Pendidik mengobservasi dan mendata peserta didik yang memiliki kemampuan menyimak rendah
  2. Pendidik melaporkan hasil observasi dan hasil pendataan peserta didik yang memiliki kemampuan menyimak rendah kepada kepala sekolah.
  3. Pendidik melaporkan kepada kepala sekolah penyebab dari kemampuan menyimak anak rendah.
  4. Pendidik membuat sebuah inovasi yang dituangkan dalam praktik untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak.

Strategi :

1. Model Pembelajaran

Model yang digunakan adalah model pembelajaran Cooperatif Tipe Stad yang mana model ini sangat cocok digunakan untuk anak usia dini karena model pembelajaran ini mengelompokkan anak dimana setiap kelompok dibaur antara yang bisa mengerjakan dengan yang kurang bisa mengerjakan, sehingga yang mampu mengerjakan dapat membantu temannya yang kurang mampu dalam menyeleseikan tugas.

2. Pendekatan Saintifik-TPACK

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Santifik-TPACK mengapa saya menggunkan pendekatan ini, itu dikarenakan agar segala kegiatan dan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik dimana peserta didik yang aktif dalam kegiatan (Student centered Learning) , sementara pendidik hanya bertugas sebagai perantara atau pengantar kegiatan selebihnya siswa yang aktif. Pendekatan saintifik yang didalamnya memuat pengalaman belajar dengan kegiatan (mengamati,menanya,mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan), Kegiatan tersebut dapat membuat peserta didik lebih aktif ketika dalam proses pembelajaran / kegiatan. TPACK nya disini dimana pendidik menggunakan laptop dan layar proyektor.

3. Metode Yang Digunakan

Metode yang digunakan adalah metode bercerita dan tanya jawab, setelah mereka mendengarkan / menyimak cerita tentang informasi “binatang sapi” pendidik kemudian menanyakan kembali informasi apa yang mereka dengarkan metode tersebut efektif untuk menguji sampai dimana kemampuan menyimak anak.

4. Yang terlibat dalam Strategi

a.Pendidik

b.Peserta Didik

c.Rekan Sejawat

5. Sumber Daya dalam melaksanakan Strategi

a.Video cerita tentang binatang sapi

b.Gambar Sapi melaluinPPT

c.Laptop dan layar proyektor

d.Pendidik

e.Peserta didik

f.Rekan sejawat 

Refleksi Hasil dan Dampak :

Dampak dari aksi tersebut adalah peserta didik yang tadinya kurang dalam hal menyimak, setelah dilakukan praktik terbaik mereka lebih terampil dalam menyimak sebuah informasi dan isi dari cerita yang disampaikan,

Respon dari orang – orang termasuk pendidik lain, kepala sekolah dan orangtua anak didik yaitu respon mereka positif dan sangat mendukung atas kegiatan ini, bahkan mereka ingin menerapkannya disekolah agar pembelajaran lebih interaktif dan komunikatif

Langkah yang dilakukan ini sangat efektif, ini terbukti dengan setelah 1 bulan minimal dan maksimal 3 bulan, akan terlihat hasilnya.

Faktor yang menjadi keberhasilan yaitu semua langkah-langkah diatas, terlaksana dan subjek serta objek praktik baik ini berperan aktif.

pembelajaran dari proses ini apabila kita mau bekerja keras, disiplin dan pantang menyerah  dalam melakukan suatu motivasi maka akan berhasil.

Ikuti tulisan menarik Andi Sukmayani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler