x

Iklan

Bambang Udoyono

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 3 Maret 2022

Jumat, 7 Oktober 2022 11:40 WIB

Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris

Sebagian besar orang Indonesia tidak mampu berbahasa Inggris dengan mahir. Sebagian hanya sampai tingkat dasar saja. Bagaimana cara mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris? Sila simak.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mengembangkan Kemampuan Bahasa Inggris

Bambang Udoyono, penulis buku

 

Karena hubungan internasional semakin intensif, saat ini hampir semua orang membutuhkan kemampuan berbahasa asing.  Sayangnya kebanyakan orang Indonesia gagal memperoleh kemampuan berbahasa Inggris yang sampai tingkat mahir. Kebanyakan hanya sampai tingkat dasar saja.  Mereka yang memiliki kemampuan tinggi yaitu mampu mengutarakan pikiran baik secara lisan maupun tulisan masih sedikit sekali.      Maka timbul pertanyaan, bagaimana cara menguasai bahasa Inggris sampai tingkat lanjutan?  Banyak sekali orang yang mengajukan pertanyaan ini kepada saya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Jawaban saya sederhana saja dan gampang dilaksanakan.  Perbanyak kontak dengan orang asing yang tidak berbahasa Indonesia.  Biasanya mereka mengejar lagi, bagaimana caranya kontak dengan orang asing sedangkan di kota saya tidak ada orang asing.  Jawaban saya sederhana juga.  Lakukan wisata ke manca negara.  Kalau Anda muslim ikutlah wisata halal.  Inilah cara yang efektif untuk melatih kemampuan Anda berbahasa Inggris, asal Anda aktif.  Ketika Anda berwisata ke manca negara maka Anda akan mendapat banyak sekali kesempatan untuk melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.  Di pesawat Anda akan ketemu pramugari.  Usahakan omong meskipun sedikit. Misalnya meminta minuman tertentu, tanya letak toilet dsb.  Di bandara, di rumah makan, di destinasi wisata, di hotel Anda bisa ngobrol dengan wisatawan lain.  Di bus Anda bisa ngobrol dengan pramuwisata lokal.  Banyak sekali kesempatan untuk praktek berbicara.

 

Di luar negri Anda juga akan banyak menyimak dan membaca singkat.  Misalnya pengumuman di bandara, petunjuk singkat di ruang publik dsb.  Di bus dan di destinasi wisata Anda juga akan mendengar paparan guide.  Kalau dia berbicara bahasa Inggris dan semua anggota group kurang paham bahasa Inggris maka tour leader akan menerjemahkan secara lisan.  Dalam kasus ini Anda punya kesempatan berlatih menyimak. Usahakan bertanya ke guidenya dalam bahasa Inggris.  Meskipun sekarang sudah banyak guide berbahasa Indonesa di luar negri, usahakan ngobrol dengan dia dalam bahasa Inggris ketika makan siang, di hotel dsb.

 

Demikianlah salah satu cara efektif kalau di kota Anda tidak ada orang asing yang bisa diajak berlatih percakapan dalam Bahasa Inggris.

 

Itulah salah satu keuntungannya berwisata ke manca negara.  Semoga Anda rajin berwisata ke manca negara bersama  keluarga Anda agar anak anak Anda fasih berbahasa Inggris.

 

Tapi sebenarnya kemampuan berbahasa tidak hanya berbicara saja. Sebenarnya orang yang membutuhkan kecakapan conversation tidak semua orang. Hanya saja sebagian besar orang terpikat dengan kemampuan ini. Kalau pekerjaan Anda tidak punya hubungan internasional, ketrampilan yang Anda butuhkan adalah membaca atau menulis.

 

Bagaimana cara mengembangkan kemampuan membaca dalam bahasa Inggris? Saya kira kombinasi antara latihan membaca, menyimak, berbicara dan menulis. Anda mesti berlatih membaca secara bertahap. Jangan langsung membaca buku kelas berat. Karena kalau Anda membaca satu halaman saja harus buka kamus puluhan kali biasanya akan putus asa. Jadi cari bacaan ringan dulu. Sekarang sudah banyak buku bacaan dari berbagai tingkat kesulitan.

 

Menyimak musik sembari menyanyi adalah kegiatan santai yang menyenangkan sehingga tidak terasa sebagai beban. Tapi sesungguhnya Anda bisa belajar juga dari kegiatan ini. Jadi rajinlah menyimak lagu lagu Barat. Cari artinya lewat internet.

 

Lengkapi dengan menulis lirik lagu tersebut. Cara menulisnya terserah Anda. Mau pakai telepon genggam, laptop atau tulisan tangan. Mana yang paling nyaman saja. Latihan percakapan dengan topik  yang menarik misalnya tentang buku, tempat wisata, film dsb bisa juga memperkaya kosa kata dan kemampuan Anda membangun struktur wacana.

 

Latihan yang terintegrasi akan bisa meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Anda. Kalau Anda ingin mampu menulis artikel apalagi buku dalam bahasa Inggris ya perlu latihan rutin dan kontinyu. Sebaiknya Anda punya guru atau pembimbing.  

 

Jadi jangan lupa, rajinlah berwisata ke manca negara, rajin membaca, menyimak lagu lagu Barat, latihan conversation dan latihan menulis.

Ikuti tulisan menarik Bambang Udoyono lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB