x

Iklan

Romi hanafi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Agustus 2020

Senin, 17 Oktober 2022 11:57 WIB

5+ Cara Menambah Berat Badan Si Kecil Agar Selalu Sehat

Bagaimana cara menambah berat badan? Berat badan merupakan salah satu hal yang menjadi tolok ukur kesehatan anak. Seringkali ditemui, orangtua khawatir apabila si kecil nampak lebih kurus dibandingkan anak-anak seusianya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berat badan merupakan salah satu hal yang menjadi tolok ukur kesehatan anak. Seringkali ditemui, orangtua khawatir apabila si kecil nampak lebih kurus dibandingkan anak-anak seusianya.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak mengalami underweight atau berat badan kurang. Salah satu faktor yang menjadi penyebab utamanya adalah kurangnya asupan makanan yang mengandung kalori.

Cara Meningkatkan Berat Badan si Kecil

Selama tidak ada kondisi medis tertentu, kamu bisa menambah berat badan si kecil dengan mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Namun, perlu kamu ingat untuk mencapai berat badan ideal anak, kamu harus menggunakan cara yang sehat untuk mengurangi risiko munculnya masalah kesehatan lain. kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut untuk menambah berat badan si kecil dengan lebih sehat.

Penuhi Asupan Makanan Beprotein Tinggi

Makanan berprotein tinggi berperan penting dalam menambah berat badan si kecil. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan protein anak-anak usia 1-3 tahun yaitu sekitar 20 gram per hari.

Sumber protein yang baik untuk menambah berat badan yaitu telur, selai kacang, sup kacang, hummus, serta susu, yoghurt, dan keju.

Menambah Kalori dari Minuman

Menambah berat badan si kecil dapat melalui asupan kalori dari minuman, lho. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan anak minum susu sebelum tidur.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan jus buah atau smoothies secara rutin pada anak. Cara ini merupakan cara yang baik ya, karena selain mengandung gula, jus atau smoothies memiliki vitamin mau pun mineral yang dibutuhkan si kecil.

Berikan Anak Porsi Makan Lebih Besar

Memberikan porsi makan lebih besar pada anak memang salah satu cara menambah berat badan anak yang bisa kamu lakukan. Tetapi, bukan berarti kamu harus memaksa si kecil untuk menghabiskan makanan sekaligus, ya.

Sebaiknya, kamu menambah porsi si kecil secara bertahap untuk membiasakan diri terlebih dahulu, atau menambah waktu makan si kecil dengan makanan selingan atau camilan.

Menambah Asupan Lemak

kamu bisa memilih makanan kaya lemak yang sehat untuk menambah berat badan si kecil dengan cepat dan mudah.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun, minyak kanola, dan mentega sebagai bahan masakan untuk si kecil. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan saus krim atau keju leleh pada makanan anak

Berikan si Kecil Gula Alami

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti fruktosa dan laktosa dapat menambah berat badan si kecil dengan lebih sehat.

Fruktosa seperti merupakan gula yang dapat ditemui pada buah-buahan, seperti mangga, apel, jeruk, dan lainnya. Berbeda dengan fruktosa, laktosa dapat kamu temukan dalam produk olahan susu.

Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Berdasarkan AKG Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan kalori anak usia 1-3 tahun yaitu sekitar 1350 kkal/hari. Kamu dapat menambah berat badan si kecil dengan menambah asupan kalori sebesar 300-500 kkal pada total kebutuhan kalori si kecil setiap harinya.

Cara Hitung Berat Badan Ideal

Untuk mengetahui berat badan ideal, kamu bisa menggunakan tools kalkulator BMI dan BMR dari madu vitummy, sehingga bisa mengetahui apakah si kecil mengalami underweight ataukah sudah seimbang.

Cara-cara diatas adalah tips dalam meningkatkan berat badan si kecil secara tepat dan sehat, untuk mempermudah dalam memberikan asupan kalori dan memenuhi nutrisi si kecil, maka para bunda bisa nih menggunakan produk vitummy yang mana dapat meningkatkan nafsu makan anak dan juga menambah berat badan.

madu vitummy

Dibuat dengan bahan berkualitas dan alami menggunakan madu, ekstrak temulawak, ekstrak temu hitam, ekstrak bawang putih, dan flavor jeruk, yang dipercaya mampu mencegah dan mengatasi cacingan pada si kecil.

Demikian tips dalam menambah berat badan si kecil agar selalu sehat dan ceria, semoga bermanfaat ya, terima kasih.

Ikuti tulisan menarik Romi hanafi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu