x

https://www.google.com/search?q\x3dfoto+laskar+pelangi\x26oq\x3dfoto+laskar+pela\x26aqs\x3dchrome.0.0i512j69i57j0i22i30l3.9647j0j4\x26client\x3dms-android-oppo-rvo2\x26sourceid\x3dchrome-mobile\x26ie\x3dUTF-8#imgdii\x3dZdhkRYp4L_qlHM\x26imgrc\x3duN7gqB3rMuZ2eM

Iklan

Zahwa Nur Fitriah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 April 2022

Selasa, 25 Oktober 2022 08:39 WIB

Resensi Novel Laskar Pelangi, Kisah Anak Belitung yang Inspiratif

Di latar belakangi salah satu daerah terkaya di Indonesia tetapi masih jauh dari jaman serba modern, tumbuhlah anak-anak hebat yang mempunyai semangat tinggi dalam menuntut ilmu, anak-anak itu diberi nama Laskar Pelangi. Novel yang banyak menceritakan kebudayaan daerah Belitung dan mengangkat isu-isu yang tidak hanya dirasakan oleh negeri sendiri, tapi negeri orang juga.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

 

Kategori

Keterangan

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Judul Buku

Laskar Pelangi

Penulis

Andrea Hirata

Negara

Indonesia

Genre

Roman

Penerbit

Bentang Pustaka, Yogyakarta

Tahun Terbit

2005

Halaman

xxxiv, 529 halaman

ISBN

979-3062-79-7

Resensi Novel Laskar Pelangi

Di latar belakangi sebuah daerah terkaya di Indonesia yaitu Belitong. Novel yang menceritakan kehidupan anak-anak di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Anak-anak yang berasal dari keluarga miskin yang menempuh pendidikan di suatu sekolah walaupun penuh dengan keterbatasan.

Sekolah penuh keterbatasan itu bernama sekolah Muhammadiyah, sekolah yang terancam dibubarkan di hari pertama penerimaan murid baru. Surat peringatan yang diberikan oleh pemilik sekolah pusat berisi “10 orang atau tidak sama sekali”. Di detik-detik kepala sekolah berpidato kalau pembelajaran tidak akan diselenggarakan, ibu muslimah dengan tekadnya mencari satu anak untuk memenuhi standar yang sudah diberikan. Lalu munculah Harun seorang “anak istimewa” yang menyelamatkan  mereka semua.

Kisah mereka berawal disini, julukan Laskar Pelangi diberikan Bu Muslimah kepada kesepuluh anak-anak hebat ini.

Di novel ini, kisah perjalanan Laskar Pelangi dalam menempuh pendidikan di SD Muhammadiyah ditemani dengan beragam emosi, baik rasa bahagia, dramatis hingga mengharukan.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu-bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita. Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya. Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia pendidikan.

Penokohan dalam novel laskar pelangi

  1.     Ikal

Seorang anak terpandai di Laskar pelangi. Anak yang mempunyai minat besar dalam bidang sastra, hal itu dapat dilihat dalam kesehariannya yang senang membuat sajak atau puisi. Ikal juga merupakan tokoh “Aku” didalam novel ini.

  1.     Lintang

Seorang anak jenius yang sayangnya harus merelakan cita-citanya sebagai ahli matematika karena harus menggantikan sang ayah untuk menjadi tulang punggung keluarga.

  1.     Sahara

Satu-satunya anggota perempuan di laskar pelangi. Memiliki pendirian yang kuat dan taat agama.

  1.     Mahar

Seorang anak yang memiliki paras rupawan. Memiliki minat lebih dibidang seni, diperlihatkan ketika Bu Muslimah memintanya menjadi ketua kelompok untuk di pentas saat karnaval. Walaupun saat dewasa ia sempat menganggur akibat mengurus ibunya yang sakit-sakitan, tetapi nasib baik tetap menghampirinya, sampai akhirnya Mahar berhasil menerbitkan sebuah novel berceritakan persahabatan.

  1.     A Kiong

Seorang anak keturunan Tionghoa. Ia adalah pengikut setia Mahar, menurutnya temannya itu adalah seorang master atau suhu yang mulia. Anak yang mempunyai jiwa persahabatan yang tinggi, baik terhadap sesama, terkecuali sahara. Namun siapa sangka yang paling sering bertengkar justru lebih saling mencintai.

  1.     Syahdan

Seorang anak ceria yang sayangnya tidak terlalu menonjol di situasi apapun. Syahdan merupakan saksi bisu percintaan Ikal dan A Ling. Namun jangan disangka ia mempunyai cita-cita besar menjadi aktor. Dengan segala usaha kerasnya ia bisa menjadi artis walaupun sekedar peran kecil seperti menjadi tuyul.

  1.     Kucai

Seorang anak yang dipercaya untuk menjadi ketua kelas oleh Bu Muslimah. Anak yang sebenarnya memiliki kendala penglihatan yang disebabkan oleh gizi buruk. Namun sejak kecil Kucai sudah memperlihatkan bakat politikusnya, dan diwujudkan saat dewasa Kucai menjadi ketua fraksi di DPRD.

  1.     Burek

Seorang anak yang terobsesi dengan otot. Selalu mempertahankan citra macho nya. Dan diwujudkan saat dewasa ia memiliki pekerjaan sebagai kuli.

  1.     Trapani

Seorang anak pandai dan baik hati yang amat sangat mencintai ibunya. Anak yang memiliki cita-cita mulia seperti Bu Muslimah yaitu seorang guru, namun sangat disayangkan cita-cita itu harus musnah karena nasib Trapani yang harus berakhir di RSJ karena terlalu bergantung kepada sang ibu.

  1. Harun

Seorang “anak istimewa” penyelamat nasib Bu Muslimah, Pak Harfan dan ke-9 anak lainnya. Anak yang sangat ceria dan gemar menanyakan hari libur pada Bu Muslimah.

  1. Pak harfan

Kepala sekolah SD Muhammadiyah. Seorang yang memiliki tekad tinggi untuk mempertahankan sekolah tersebut. Menurutnya kecerdasan tidak dilihat dari angka-angka nilai, tetapi dari budi pekerti dan pendidikan agamanya.

  1. Bu Muslimah

Seorang perempuan muda dengan potensi besar lebih memilih untuk mengajar di SD yang penuh dengan keterbatasan. Perempuan yang mempunyai hati tulus serta tekad yang kuat untuk mengangkat derajat anak-anak kampung itu. Seorang perempuan yang juga mencari nafkah dari hasil menjahitnya.

Keunggulan Novel Laskar Pelangi

Keunggulan dalam novel ini, yaitu: Novel ini terinspirasi dari kisah nyata penulisnya sendiri yang mana tumbuh dan berkembang di Desa Gantung, Kabupaten Gantung, Belitung Timur. Novel ini berhasil menyajikan unsur sosial dan budaya masyarakat Belitung lewat dialog-dialog yang ada.

Novel ini banyak menyelipkan pesan penting dalam kehidupan seperti: tetaplah menekuni pendidikan dalam kondisi apapun, bagaimanapun kondisinya tetaplah harus memiliki moral agama dan berbudi pekerti yang baik, dan keberanian untuk bermimpi dan memperjuangkannya.

Novel tidak memiliki batasan umur pembaca, jadi semua umur bisa menikmati karya apik ini. Hal tersebut menjadikan novel ini memiliki banyak prestasi seperti: masuk ke daratan International Best Seller, diterjemahkan kedalam 40 bahasa asing, terbit dalam 22 bahasa dan sukses beredar di 130 negara.

Masih banyak lainnya juga, novel ini berhasil di ekranisasi kan oleh banyak orang, salah satunya oleh Citydance Company di Washington, D.C., serta tayang di Smithsonian dan Berlinale ( The Berlin International Film Festival). Novel ini tidak hanya melegenda di Indonesia, tetapi banyak menaruh kesan di negeri orang.

Novel ini juga mengangkat isu masyarakat yang ada, bahkan isu-isu tersebut juga dirasakan di negara lain.

Kelemahan Novel Laskar Pelangi

Novel ini banyak menggunakan kosa kata yang sukar untuk dipahami, hal tersebut membuat minat pembaca jadi berkurang.

POV ending dalam novel ini secara tiba-tiba berpindah semulanya dari “Ikal” menjadi orang lain, membuat pembaca sedikit kebingungan.

Ikuti tulisan menarik Zahwa Nur Fitriah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler