x

Iklan

Muhammad Alfath

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Desember 2022

Kamis, 15 Desember 2022 20:43 WIB

UPN Veteran Jawa Timur Bantu Bumdes Sarining Winangun Kukuh Lewat Program MBKM Proyek Independen Matching Fund

UPN Veteran Jawa Timur melakukan kegiatan program MBKM Proyek Independen Matching Fund di Bumdes Sarining Winangun Kukuh untuk membantu mengembangkan bisnis Bumdes menjadi sebuah sistem informasi berbasis web. Kegiatan ini dilakukan dari Agustus hingga Desember 2022. UPN Veteran Jawa Timur berharap program ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Bumdes dan masyarakat Desa Kukuh.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada bulan Agustus 2022, UPN Veteran Jawa Timur melalui LPPM memulai program Merdeka Belajar Kampus Merdek (MBKM) Proyek Independen Matching Fund di Bumdes Sarining Winangun Kukuh di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Bali. Kegiatan ini akan berlangsung hingga Desember 2022.

Kegiatan utama dari program ini adalah membantu Bumdes Sarining Winangun Kukuh dalam mengembangkan proses bisnisnya menjadi sebuah sistem informasi berbasis web yang modern dan terintegrasi. Selain itu, tim UPN Veteran Jawa Timur yang terdiri dari 2 Dosen dan 10 Mahasiswa program studi Informatika juga akan mengumpulkan kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh sistem yang akan dikembangkan, melakukan perancangan desain, dan melakukan implementasi sistem ke dalam bentuk web.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Hanif Al Fathoni, sebagai salah satu mahasiswa yang turut serta dalam program ini mengatakan bahwa dirinya sangat antusias dan bersyukur telah dapat turut serta dalam program ini, karena baginya program ini merupakan salah satu contoh bentuk upaya langsung nya sebagai mahasiswa untuk dapat berkontribusi kepada masyarakat.

Pada tahap selanjutnya, tim UPN Veteran Jawa Timur akan membuat modul panduan pengguna agar para pengguna dapat dengan mudah menggunakan sistem web yang telah dibuat. Selain itu, tim UPN juga akan melakukan penyuluhan langsung terhadap para pengguna sistem agar mereka dapat menggunakan sistem dengan baik dan efektif.

Program MBKM Proyek Independen Matching Fund ini merupakan salah satu bentuk dukungan UPN Veteran Jawa Timur terhadap Bumdes Sarining Winangun Kukuh dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan adanya sistem informasi berbasis web yang modern, diharapkan Bumdes dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola proses bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Kukuh.

Program ini juga merupakan salah satu upaya UPN Veteran Jawa Timur dalam membantu pemerintah dalam mewujudkan pembangunan Desa dan mensejahterakan masyarakat Desa.

UPN Veteran Jawa Timur menyambut baik kegiatan program MBKM Proyek Independen Matching Fund ini dan berharap dapat terus memberikan dukungan kepada Bumdes Sarining Winangun Kukuh dalam mengembangkan bisnisnya. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial UPN Veteran Jawa Timur sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap pemberdayaan masyarakat dan pengembangan wilayah pedesaan.

Selama pelaksanaan program ini, UPN Veteran Jawa Timur akan terus bekerja sama dengan Bumdes Sarining Winangun Kukuh untuk memastikan bahwa sistem informasi yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Bumdes. Tim UPN juga akan terus memberikan dukungan dan bimbingan kepada Bumdes agar dapat menggunakan sistem dengan baik dan efektif.

UPN Veteran Jawa Timur berharap bahwa program MBKM Proyek Independen Matching Fund ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Bumdes Sarining Winangun Kukuh dan masyarakat Desa Kukuh. Dengan adanya sistem informasi berbasis web yang modern, diharapkan Bumdes dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam mengelola proses bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Kukuh.

Ikuti tulisan menarik Muhammad Alfath lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu