Hidup Bukan Ajang Kompetisi

Rabu, 21 Desember 2022 13:26 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Artikel ini menjelaskan tetntang seseorang yang seseorang yang hampir putus asa karena ia menganggap dirinya tidak bisa sukses

“Something beautiful is nothing instant everything needs a process”- TheJansen

Pernahkah kamu berpikir atau merasa sangat tidak puas dengan apa yang sedang kamu jalani sekarang dalam hidupmu? Kamu merasa tidak puas dengan apa yang kamu lihat. Usahamu belum berhasil seperti yang di impikan, kuliahmu tidak lancar seperti yang di inginkan. Kemudian kamu membuat kesimpulan, semua yang aku lakukan sia-sia. Lantas kamu melamun sambil memikirkan sederet rencana untuk meningkatkan kualitas dirimu agar bisa sukses.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saya pernah berpikir seperti itu saat saya masih remaja. Pikiran seperti  itu bermula dari pikiran saya yang selalu melihat suksesnya saja tanpa meliat prosesnya. Sejak itu, saya menjalani hari dengan cemas , saya selalu berfikir seolah-olah  tidak bisa apa-apa,saya jadi sering bermalas-malasan dan sering menyendiri. Akhirnya saya menyadari satu hal. Bukannya saya tidak berhasil tetapi belum berhasil. Apa yang saya alami ternyata banyak di alami oleh orang yang sudah sukses.

Semua berawal dari kecemasan mu yang tidak merasa bahwa dirimu baru memulai usaha dan kamu  masih sering bermalas malasan. Lalu kamu iri dengan orang-orang yang sudah berhasil mewujudkan mimpinya dan sudah berhasil mendapatkan apa yang dia mau. Tentu saja hal ini membuatmu terpicu sehinga diri mu ingin sekali sukses seperti orang-orang itu.

 

Ahli psikolog yang melakukan penelitian mengenai kesuksesan di Indonesia, menjelaskan bahwa masyarakat di indonesia seringkali putus asa karena belum sukses. Bahkan menurut studi yang di lakukan Strangers dan Nandez sekitar 79% masyarakat di Indonesia  ingin sukses tanpa melalui proses. Fakta tersebut tidak mengherankan karena kita di bombardir oleh cuplikan vidio-vidio dari media masa yang sering memperlihatkan kesuksesannya , sehingga kita ingin mendapatkan kesuksesan itu.

Apakah kesuksesan itu hanya untuk keturunan konglomerat yang bergelimang harta? Lalu bagaimana dengan orang yang terlahir dengan keluarga yang kurang mampu? Jangan khawatir! Sekarang kesuksesan itu milik orang yang bekerja keras dan orang yang tidak bermalasan dalam melakukan hal apapun. Lihat saja kesuksesan Raffi Ahmad, Ahmad Dani dan Baim Wong. Mereka menjadikan komentar negatif orang-orang menjadi motivasi agar lebih semangat lagi. Bahkan raffi ahmad pernah berkata,” keep the spirit, don't give up, because effort never disappoints results”.

Sebenarnya bukan tidak bisa sukses tetapi belum sukses, karena ini masih tahap proses. Tidak perlu terburu-buru untuk mencapai sesuatu , karena setiap perjalanan pasti ada arti untuk kedepanya. Jika masih kesulitan untuk mencapai  keinginan kalian maka ubahlah gaya hidup kalian. Pertama, jangan bermalas-malasan untuk mencapai sebuah tujuan, karena kesuksesan itu akan datang jika kita rajin mengasah kemampuan kita dan tetap bekerja keras.” if you want to be successful then work hard. change the words before I can't to no, I can”. Karena hanya kita yang bisa merubah hidup kita sendiri.

Kedua, ingatlah tujuan mu agar dapat membangkitkan semangat mu  dan jangan patah semangat karena “hidup bukan ajang kopetisi”.  Hidup jangan dibawa stres karena jika hidupmu selalu di bawa stress maka kamu selalu merasa putus asa. Memang hidup selalu di ambang-ambang dengan gengsi dengan orang lain sehingga hidup selalu terbawa susah.   "Sukses itu berawal dari setiap tantangan, bukan dari zona nyaman”.

Ketiga, kamu harus befikir positif karena berfikir positif dapat membantu mu untuk melangkah lebh maju dan dapat memunculkan ide-ide baru untuk menuju kesuksesan.seperti yang di katakan Ahmad Dani ” "Segera setelah kamu menggantikan pikiran-pikiran negatif dengan yang positif, kamu akan mulai mendapatkan hasil yang positif." Mulai sekarang ubah lah cara berfikir mu.

Meraih kesuksesan bukan lah hal yang mudah, maka dari itu kita tidak boleh menyerah dan tetap bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Dan kamu tidak perlu iri dengan teman mu yang sudah sukses, karena semua orang punya cara suksesnya masing-masing. sebab “hidup bukan lah ajang kompetisi untuk menuju kesuksesan”.

Tidak mungkin kesuksesan di berikan untuk orang pemalas, oleh karena itu kita harus rajin untuk meraih tujuan kita, yang terpenting kita harus percaya dengan diri sendiri agar tidak mudah putus asa dalam menjalankan proses untuk meraih kesuksesan, sebab dengan menjalankan proses kita jadi lebih tahu untuk menyelesaikan masalah kedepannya.  "Berlian berharga sangat mahal karena proses, maka teruslah berproses agar Anda bernilai tinggi."

Keluarlah dari zona nyaman mu , tinggalkan kegiatanmu yang tidak berguna untuk dirimu sendiri karena zona nyaman mu hanya memperlambat kesuksesan mu . "Kamu tidak harus tetap berada di zona nyamanmu; jika kamu ingin menjadi besar, kamu harus menantang diri sendiri, keluar dari zona nyamanmu, dan berhasil melakukannya dengan baik di luar area nyamanmu."

 

Daftar pustaka:

https://www.merdeka.com/sumut/50-kata-kata-semangat-berproses-yang-membuat-hati-lapang-dan-bangkitkan-semangat-kln.html. https://www.merdeka.com/trending/kumpulan-kata-kata-motivasi-untuk-diri-sendiri-bangkitkan-semangat-dan-tekadmu.html#:~:text=Kata%2DKata%20Motivasi%20untuk%20Diri%20Sendiri%20Bangkitan%20Semangat,besar%20dan%20jadilah%20yang%20terbaik.%22. https://www.brilio.net/wow/40-kata-kata-bijak-berpikir-positif-bikin-hidup-tambah-semangat-2008125.html#:~:text=24.-,%22Berpikir%20positif%20akan%20membiarkan%20Anda%20melakukan%20segala%20sesuatu%20lebih%20baik,adalah%20cara%20dalam%20menjemput%20kebahagiaan.%22. https://www.gramedia.com/best-seller/kata-kata-bijak-untuk-diri-sendiri/. https://plus.kapanlagi.com/60-kata-kata-untuk-diri-sendiri-penuh-makna-dan-inspirasi-bisa-bangkitkan-motivasi-hidup-87f8f0.html.  https://www.bola.com/ragam/read/4533512/40-kata-kata-motivasi-keluar-dari-zona-nyaman-temukan-versi-terbaik-dirimu.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Kiki 29

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Hidup Bukan Ajang Kompetisi

Rabu, 21 Desember 2022 13:26 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua